7 Tips Bertahan Hidup untuk Para Mantan Mahasiswa Selepas Wisuda

Sudah wisuda, lalu kemudian apa?

Setiap tahunnya, ada ratusan ribu mahasiswa yang diwisuda di seluruh Indonesia. Ratusan ribu mahasiswa yang diwisuda ini beragam keadannya. Ada yang diwisuda lantas sudah mengerti ingin kemana, tetapi ada pula yang diwisuda kemudian tidak tahu musti berbuat apa.

Di bawah ini adalah 7 tips untuk anda bisa bertahan hidup selepas anda menanggalkan gelar sebagai mahaiswa.

1. Cari kerja

Untuk menyemangati diri, anggap saja kuliah adalah tanggung jawab kita terhadap orang tua, karenanya harus diselesaikan. Nah, ketika selesai kuliah, satu tanggung jawab telah terpenuhi, tinggal tanggung jawab lainnya.

Mencari kerja adalah tanggung jawab setelahnya. Ingat anda kuliah untuk memperbaiki kehidupan anda pribadi supaya menjadi lebih baik. Kuliah seharusnya bisa menjadi batu loncatan anda agar mampu berdiri di kaki sendiri tanpa mengandalkan uang dari orang tua.

Caranya? bekerjalah, carilah kerja untuk menghidupi diri anda sendiri. Anda yang bertanggung jawab terhadap diri anda sendiri. Katakan pada diri sendiri, ’Jika tidak bekerja mencari uang, saya tidak akan bisa hidup.’

Baca juga: Opsi Biner, Tren Investasi Masa Kini Favorit Kaum Muda

2. Ciptakan usaha bersama teman-teman

Beberapa dari mereka yang diwisuda tak semuanya ingin mencari kerja dan menjadi bawahan di sebuah perusahaan. Karenanya, mereka memutuskan untuk membuat suatu usaha bersama.

Ini tidak salah, dan bagus juga. Selain bisa menjadi ajang pembelajaran bisnis bagi diri sendiri, tentunya membangun usaha sendiri itu penuh dengan tantangan. Akan tetapi, pastikan anda memiliki modal, dan dapat memperhitungkan kapan anda akan mulai bisa mengantongi keuntungan dari usaha anda, dan perhitungkan pula biaya hidup anda sehari-hari, dimana anda bisa mendapatkan modal usaha, dsb.

Baca juga: Wirausaha Tanpa Batas, 7 Bisnis ini Bisa Anda Mulai dengan Kartu Kredit

3. Bukan lagi mahasiswa

Memang bukan berarti mahasiswa berperilaku seenaknya, tidak demikian! Ini artinya adalah, ketika lulus kuliah, anda tidak terikat pada jadwal kampus atau organisasi atau apapun. Ini membuat anda semakin sulit untuk mendisiplinkan diri.

Anda perlu untuk konsisten dan mempertahankan kedisiplinan. Bangun rutinitas yang baik dan positif. Meski belum mendapat kerja dan belum terikat dengan jadwal rutin harian, bukan berarti anda bisa seenaknya bangun siang dan berleha-leha. Ingat, anda bukan lagi mahasiswa apalagi SMA, bedakan sikap anda ketika masih menjadi mahasiswa dan ketika tidak lagi menyandang gelar tersebut.

4. Lebih bijak menggunakan uang

Selepas kuliah, tidak semua langsung mendapat pekerjaan. Ada jeda dimana status tak lagi mahasiswa, pegawai juga belum, maka status berganti menjadi pengangguran. Penghasilan belum ada sehingga kiriman dari orang tua masih menjadi tumpuan.

Anda harus bisa menghemat kiriman dari orangtua anda, meskipun biaya untuk pendidikan jadi berkurang, tapi anda juga memerlukan biaya untuk kesana kemari melamar pekerjaan. Karenanya, tetaplah bijak dalam mengelola ya.

Baca juga: Belanja Bulanan Lebih Hemat ala Pilihkartu

5. Hidup sehat, pola makan tepat

Ubah kebiasaan pola makan seadanya. Sadarilah hidup sehat dengan pola makan tepat lebih bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

Konsumsi makanan dengan komposisi seimbang antara karbohidrat, protein hewani maupun nabati akan membuat tubuh anda sehat lebih lama. Kurangi makanan berlemak dan mulai berolahraga secara rutin.

6. Serius dalam menjalani setiap kegiatan

Sadari anda tak lagi dalam fase coba-coba semata. Lakukan hal-hal yang memang ingin anda lakukan dengan serius dan bersungguh-sungguh. Meski di awal terasa tidak menyenangkan, tapi lama kelamaan anda sendiri lah yang akan menuai hasilnya.

7. Mulai membangun jaringan

Meski terlihat agak terlambat, tapi tidak apa. Membangun jaringan dan relasi, seharusnya dilakukan sejak duduk di bangku kuliah, sehingga ketika lulus kuliah dapat langsung memanfaatkan jaringan untuk mencari kerja.

Meski demikian, membangun relasi dan jaringan adalah hal mutlak yang harus anda lakukan. Tidak berhenti ketika anda telah mendapatkan pekerjaan begitu saja.

Baca juga: Cuma Modal Kartu Kredit, Bisa Investasi?

Nah, anda mahasiswa yang baru saja lulus kuliah, fakta-fakta di atas semoga dapat membantu anda ya. Yuk mulai persiapkan diri dengan baik agar masa depan cerah menghampiri.


Komentar untuk 7 Tips Bertahan Hidup untuk Para Mantan Mahasiswa Selepas Wisuda

Related Article
Istilah-istilah dalam kartu kredit, ada banyak sek...
Sebelum memiliki kartu kredit, calon pemegang kart...