Asuransi, Penting Tapi Sayang Tak Banyak Masyarakat yang Menyadarinya


Asuransi, Penting Tapi Sayang Tak Banyak Masyarakat yang Menyadarinya Rating : 0/ 5 ( 0 )
Tak banyak yang mengetahui pentingnya asuransi dalam kehidupan. Pemahaman literasi masyarakat mengenai asuransi padahal ditargetkan oleh pemerintah kita agar setidaknya dapat mencapai angka 75% di tahun 2019 mendatang. Padahal, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mencatat indeks literasi asuransi di Indonesia baru sampai di angka 15,76% di tahun 2017 ini.

Indeks Literasi Asuransi Indonesia Masih Sangat Rendah

Jumlah di atas malah mengalami penurunan bila dibandingkan hasil survei tahun 2013, dimana indeks literasi asuransi masyarakat Indonesia mencapai 17,84%. Tentu, dengan target 75% indeks literasi asuransi di tahun 2019, maka Indonesia perlu bekerja keras untuk mencapai target tersebut. Dalam dua tahun, setidaknya setiap tahunnya indeks literasi asuransi harus meningkat 30%.


Bila ingin dipermudah, maka dapat dikatakan dari 100 orang Indonesia, hanya 15 sampai 16 orang yang mengerti akan asuransi (dan perusahaan asuransi), dan dari 15-16 orang tersebut, hanya 12 orang yang sudah memanfaatkan asuransi, entah itu dengan membeli produk asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, dsb.

Hari Asuransi 2017: Sarana untuk Meningkatkan Pemahaman akan Asuransi

Pemerintah Indonesia sangat menganjurkan masyarakat untuk menggunakan asuransi, dan karenanya sangat mendorong masyarakat untuk sadar akan pentingnya asuransi. Melalui OJK, pemerintah berusaha menggenjot tingkat pemahaman masyarakat akan pentingnya asuransi. Hari Asuransi 2017 atau Insurance Day menjadi salah satu ajang yang dimanfaatkan untuk memperkenalkan asuransi kepada masyarakat luas.

Untuk merayakan Hari Asuransi, beberapa perhelatan besar dilaksanakan di 10 kota di Indonesia dengan Kota Padang Sumatra Barat sebagai tuan rumah untuk acara puncak Hari Asuransi 2017. Tema besar Indonesia Berasuransi yang diusung perhelatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat mencapai target 75% indeks literasi asuransi oleh masyarakat Indonesia.

Riswinandi selaku Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK, mendukung program-program untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai asuransi. Perhelatan dalam rangka Hari Asuransi 2017 selaras dengan tugas OJK untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya asuransi.


Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI), Hendrisman Rahim berkomitmen bahwa pihaknya akan terus menerus berupaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan asuransi, apalagi dinilainya kebutuhan masyarakat akan asuransi terus bertumbuh.

Pihaknya juga mengakui bahwa jumlah masyarakat yang belum paham maupun memiliki asuransi masih besar, karena itu ini merupakan tugas bersama untuk terus dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya asuransi.

Asuransi Bermanfaat untuk Siapa Saja?

Seluruh lapisan masyarakat baik itu guru, karyawan, petani, pengusaha, nelayan, dsb memerlukan asuransi. Asuransi bisa membantu masyarakat di kala genting. Asuransi kesehatan misalnya, bisa membantu di kala seseorang butuh biaya untuk pengobatan di rumah sakit. Asuransi kecelakaan, untuk seseorang yang mengalami kecelakaan, asuransi jiwa untuk perlindungan jiwa, dsb.

Di kota-kota besar, rata-rata masyarakat sudah tahu apa itu asuransi dan apa kegunaannya. Akan tetapi, memang perlu diakui bahwa keengganan seseorang untuk membeli asuransi bisa dari beberapa faktor. Salah satunya adalah metode penjualan produk asuransi oleh telemarketer yang terkesan memaksa dan menjengkelkan.

Menarik Nasabah Asuransi dengan Promosi

Ini tentu menjadi PR bagi perusahaan-perusahaan asuransi dalam memasarkan produk-produknya ke depannya. Beberapa perusahaan asuransi sudah beradaptasi dengan kemajuan zaman dengan mencari celah strategi pemasaran berupa promosi.

Pembelian produk asuransi dengan promosi nonton film gratis tiap bulan, promosi cashback, hingga promosi liburan ke luar negeri gratis, tentu merupakan terobosan yang menarik dan patut diapresiasi. Ini artinya marketing asuransi mampu beradaptasi dengan membaca apa yang sekarang menjadi minat masyarakat.

Coba Asuransi GRATIS

Nah, bahkan ada juga perusahaan asuransi yang memberikan promosi berupa asuransi GRATIS selama 3 bulan. Setelah masa promosi selesai, penerima manfaat bebas memilih, mau melanjutkan atau berhenti. Hanya dengan lolos verifikasi kepemilikan kartu kredit, asuransi GRATIS bisa anda dapatkan. Dan jangan khawatir karena tidak ada data rahasia kartu kredit anda yang diminta.

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Asuransi, Penting Tapi Sayang Tak Banyak Masyarakat yang Menyadarinya

Artikel Terkait