Bagaimana Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA?


Bagaimana Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA? Rating : 0/ 5 ( 0 )
Nasabah kartu kredit BCA mungkin belum ada yang paham betul mengenai kartu kreditnya. Terutama nasabah baru, mungkin banyak yang belum tahu seluk beluk kartu kredit BCA, terutama hal yang paling mendasar, yakni bagaimana cara cek tagihan kartu kredit BCA?

Apa Itu Tagihan Kartu Kredit?

Tagihan kartu kredit merupakan daftar transaksi dalam satu bulan berjalan yang dirangkum menjadi satu dan dimasukkan ke dalam sebuah tagihan kartu kredit. Tagihan kartu kredit memuat daftar transaksi dan nominal akhir yang harus dibayarkan oleh tertagih (nasabah kartu kredit).

Bagaimana Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA?


Ada beberapa cara untuk memeriksa tagihan kartu kredit BCA anda. BCA kebetulan menyediakan pilihan metode yang beragam untuk kenyamanan nasabah. Anda bisa memilih beberapa cara di bawah ini:

1. Billing statement dan e-billing statement

Billing statement adalah istilah lain untuk lembar tagihan kartu kredit, sedangkan e-billing statement sama saja, hanya bentuknya bukan lembaran kertas tapi bentuknya soft digital dalam format pdf dan dikirimkan ke email anda.

Jaman dahulu ketika pengguna email masih belum banyak, biasanya lembar tagihan dikirimkan per bulan ke alamat kantor atau alamat rumah si pemegang kartu kredit. Akan tetapi, sekarang ini ketika Gerakan go green makin marak, perbankan lantas mulai mengirimkan lembar tagihan ke email masing-masing. Selain lebih cepat dan lebih aman, e-billing juga lebih hemat dan lebih ramah lingkungan.

Untuk menikmati layanan e-billing statement, anda akan diminta untuk mendaftarkan email terlebih dahulu ke perbankan. Setelahnya, perbankan akan mulai mengirimkan e-billing statement ke email anda. 


2. SMS

Selain lewat e-billing, anda bisa juga cek tagihan kartu kredit BCA lewat SMS. Sekali lagi untuk menikmati layanan ini, anda harus mengirimkan kode sms tertentu ke nomor BCA. Nomor handphone untuk mengirimkan SMS juga harus yang sudah terdaftar di database BCA.

Untuk mendaftarkan nomor handphone mu ke database BCA, hubungi Halo BCA untuk panduan cara mendaftar. Adapun kode syntax yang harus kamu kirimkan untuk cek tagihan BCA adalah:

    1. Ketik SMS dengan format: Tagihan<spasi>16-digit kartu kredit
      Contoh: Tagihan 1234567891234567
    2. Kirim SMS tersebut ke 69888
3. Cek Tagihan Kartu Kredit via USSD *141#

Kamu pasti biasa memeriksa saldo pulsa lewat USSD kan, missal indosat *121# lalu Telkomsel *888#, dsb. Nah, kartu kredit pun tagihannya bisa dilihat lewat USSD juga, yakni dengan dial ke *141#

    1. Ketik *141#
    2. Ketik 1 untuk memilih Bank BCA
    3. Pilih Kartu Kredit
    4. Pilih Tagihan
    5. Pilih tagihan yang ingin diketahui, yaitu tagihan per kartu atau tagihan gabungan dari seluruh kartu kredit BCA yang kamu punya
    6. Masukkan 16-digit nomor kartu kredit
    7. Selanjutnya, kamu akan menerima informasi tagihan kartu kredit BCA
4. KlikBCA

Untuk bisa memeriksa tagihan kartu kredit BCA via KlikBCA, pertama-tama kamu harus registrasi terlebih dahulu. Caranya adalah:

    1. Pergi ke ATM BCA terdekat
    2. Masukkan kartu ATM BCA, masukkan PIN ATM
    3. Pilih “Daftar e-banking/autodebet”
    4. Pilih “Internet Banking”
    5. Masukkan PIN yang dikehendaki (6-digit)
    6. Masukkan PIN kembali untuk konfirmasi
    7. Selesai, ambil struk
Ketika selesai mendaftar akun KlikBCA, kini cara cek tagihan kartu kredit BCA lewat KlikBCA adalah:

    1. Buka situs KlikBCA (https://www.klikbca.com/)
    2. Login ke Internet Banking Individual
    3. Masukkan User ID dan PIN
    4. Pilih menu “Informasi Kartu Kredit”
    5. Pilih menu “Tagihan”
5. Cek Tagihan Kartu Kredit BCA Lewat Mobile Banking

Tentunya, lewat Mobile Banking BCA, bukan Mobile Banking BNI, Permata, BRI, dsb. Pertama-tama, install aplikasi Mobile Banking BCA di handphone-mu. Kemudian, kalau sudah terinstall, lakukan pendaftaran akun dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

    1. Masukkan kartu ATM BCA
    2. Masukkan PIN
    3. Pilih menu “Transaksi lainnya”
    4. Pilih jenis transaksi “Mobile Banking”
    5. Selanjutnya, masukkan nomor handphone yang ingin didaftarkan
    6. Masukkan PIN mobile banking yang ingin digunakan untuk mengakses aplikasi m-BCA
    7. Konfirmasi kembali PIN mobile banking.
Kalau sudah terdaftar akunnya, sekarang kamu bisa cek tagihan kartu kredit BCA lewat m-BCA, caranya seperti di bawah ini:

    1. Masukkan User ID untuk login
    2. Pilih “Transaksi”
    3. Pilih nomor kartu kredit yang ingin dicek
    4. Masukkan PIN Mobile BCA
6. Cek Tagihan Kartu Kredit BCA lewat HaloBCA 1500888

Cara cek tagihan kartu kredit BCA paling mudah adalah dengan menghubungi call center BCA di Halo BCA 1500888. Ikuti panduan yang diberikan via Voice Response hingga sampai di berbicara dengan operator. Bila sudah terhubung dengan operator BCA, anda bisa tanyakan langsung perihal tagihan kartu kredit BCA anda.

7. Cek Tagihan Kartu Kredit BCA lewat VIRA

VIRA merupakan layanan virtual assistance yang dikenalkan BCA sejak tahun 2017 lalu. VIRA mengadopsi teknologi NLP (Natural Language Processing) untuk memahami Bahasa sehari-hari nasabah. Nasabah BCA bisa mengakses VIRA melalui beberapa platform chat, seperti Kaskus Chat, Facebook Messenger, dan LINE.

Melalui chat dengan VIRA, nasabah Bank BCA bisa melakukan berbagai macam transaksi perbankan, seperti cek saldo rekening, cek mutasi rekening, cek promo terbaru, cek kurs, informasi lokasi ATM, info kartu kredit, hingga apply kartu kredit atau KPR.

Cara menggunakan VIRA bisa dilihat di tautan berikut ini https://pilihkartu.com/blog/berita/vira-bca-artificial-intelligence-bank-bca.htm

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cek tagihan kartu kredit BCA. Sekarang karena sudah tahu caranya, maka tidak ada alasan bagi kamu untuk telat bayar tagihan kartu kredit kan? Inget loh, telat bayar tagihan kartu kredit bakal kena denda yang tidak sedikit. Yuk lebih rajin dalam urusan keuangan!

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Bagaimana Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA?

Artikel Terkait