Bahayanya Kartu Kredit digesek di Komputer Kasir


Bahayanya Kartu Kredit digesek di Komputer Kasir Rating : 0/5 (0)

Anda yang sering belanja pakai kartu, harus tahu bahayanya kartu kredit yang digesek di komputer kasir. Kartu kredit yang digesek di komputer kasir rawan untuk dicuri data-datanya melalui pita magnetik yang digesek di komputer kasir.

Apalagi dengan maraknya kasus pencurian data kartu kredit, maka pemegang kartu kredit wajib berhati-hati mulai dari sekarang. Pasalnya, pihak perbankan sendiri mengakui bahwa penggesekan kartu kredit di luar mesin EDC bank, tidak dijamin oleh perbankan. Penggesekan kartu kredit di komputer kasir tidak diketahui oleh bank data-data yang diambil akan diapakan atau malah bisa jadi dijual ke orang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Transaksi Mata Uang Asing dengan Kartu Kredit? Perhatikan Ini Dulu

Harga untuk data kartu kredit yang dijual ke penadah bervariasi, mulai dari 350 ribu hingga 1 juta rupiah. Setiap 1000 nasabah, ada yang menjual dengan harga 350 ribu rupiah, sementara 100.000 nasabah dijual dengan harga 1,1 juta rupiah.

Sementara itu, penggesekan sekali saja di mesin EDC bank sebetulnya telah cukup, karena datanya langsung terhubung ke perbankan, serta terproteksi oleh sistem secara langsung. Switching Company seperti VISA menyarankan agar kartu kredit hanya digesek di EDC, karena sudah terjamin keamanannya.

Akan tetapi hal ini sepertinya masih sulit dilakukan karena sebagian besar masyarakat tidak berdaya ketika melihat kartu kreditnya digesek di komputer kasir, meski tahu akibatnya. Sebagian yang lain mungkin tidak tahu sama sekali akan bahayanya kartu kredit yang digesek di komputer kasir karena keterbatasan informasi.

Kebanyakan kasir malah langsung menggesek kartu di komputer kasir begitu saja tanpa mengonfirmasi ke pemilik kartu, bahkan tanpa pemilik kartu sempat melakukan penolakan. Terkadang sistem di komputer kasir memang demikian, ada yang mengatakan bahwa struk tidak akan keluar bila tidak digesek di komputer kasir, atau pembayaran tidak bisa dilakukan bila tidak digesek terlebih dahulu di komputer kasir.

Pihak perbankan sendiri telah menghimbau kepada merchant agar tidak menggesek kartu kredit/debit pelanggan di komputer kasir. Namun, upaya ini masih belum berhasil 100% karena masih ada saja merchant yang melakukannya. Bank BCA malah telah melarang dengan tegas dan mengaku telah menginformasikan hal ini kepada merchant yang bekerjasama dengannya.

Baca juga: SMS Banking Kartu Kredit, Informasi Kartu Kredit dalam Genggaman

Adapun merchant melakukan double swipe untuk memudahkan rekonsiliasi transaksi pembayaran nasabah dengan bank, tapi sebetulnya ada acara lain untuk masalah rekonsiliasi misalnya memasukkan kode otorisasi dsb.

Bank BCA bahkan telah menawarkan solusi lain yakni agar komputer kasir terhubung dengan mesin EDC bank, tapi tentu saja upaya ini masih belum 100%. Butuh waktu untuk membuat seluruh merchant yang bekerjasama menerapkan kebijakan komputer kasir yang terhubung ke mesin EDC bank. Ini lain dengan yang terjadi di luar negeri dimana komputer kasir sudah terhubung dengan bank.

 

 

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Bahayanya Kartu Kredit digesek di Komputer Kasir

Artikel Terkait