Bank Melihat Gaji Anda untuk Menentukan Limit Kartu Kredit

Ada banyak faktor bagi bank untuk menentukan limit kartu kredit. Tapi satu hal yang pasti, bank melihat gaji seseorang untuk menentukan limit kartu kredit. Memang tidak selalu seperti itu, tapi gaji tetap memiliki porsi di dalam proses penentuan limit kartu kredit.

1. Untuk kartu kredit pemula

Bila seseorang menerima kartu kredit untuk pertama kalinya, hampir dapat dipastikan limit yang diberikan oleh bank adalah limit paling dasar. Ini berlaku untuk gaji dengan rentang minimum 3 juta hingga 5 juta. Kemungkinan limit yang diterima adalah sekitar 4 juta. Bila gaji seseorang 7 juta ke atas, maka limit yang diberikan bisa mencapai 10 juta.

Limit dasar ini sebagai latihan bagi si pemegang kartu kredit pemula dalam mengelola hutang. Bila limit yang diberikan langsung besar, dikhawatirkan malah akan membuat si pemegang kartu kredit terjebak dalam hutang kartu kredit yang bertumpuk-tumpuk, dan berpotensi mengakibatkan NPL (Non Performing Loan) alias kredit macet.

2. Untuk pemegang kartu kredit kedua

Maksudnya adalah bila seseorang telah memiliki kartu kredit sebelumnya, kemudian dia mengajukan permohonan kartu kredit lainnya, maka bank juga akan mempertimbangkan ini (selain melihat besar gaji). Bila gaji 3-5 juta, serta telah memiliki kartu kredit lainnya, kemungkinan besar limit kartu kredit yang diberikan memiliki rentang 4-7 juta.

Dua hal di atas adalah pertimbangan berdasarkan penghasilan seseorang. Bagaimana bank melihat pendapatan tersebut? Itulah mengapa bank meminta slip gaji anda saat pengajuan kartu kredit. Untuk wirausahawan, bank biasanya meminta bukti rekening koran 3 bulan terakhir. Ada juga bank yang memeriksa payroll seseorang bila ternyata sama dengan kartu kredit yang diajukan (misal: mengajukan kartu kredit BCA dan punya payroll BCA).

Selain melihat slip gaji dan atau rekening anda, bank juga mempertimbangkan hal lainnya, yakni seperti berapa jumlah kartu kredit yang dimiliki dan berapa beban hutang seseorang. Penilaian bank terhadap hal tersebut bergantung pada beberapa hal, yakni:

1. Jumlah kartu kredit lain yang dimiliki

Semakin banyak kartu kredit yang dipunyai, maka limit semakin kecil. Ini karena bank mempertimbangkan beban hutang seseorang yang mungkin terjadi dengan gaji tertentu. Misal: gaji 3 juta memiliki 3 kartu kredit, tentu beban hutang yang mungkin terjadi akan besar dan berisiko terjadi kredit macet. Oleh karena itu kemungkinan bank memiliki kebijakan lain, seperti menolak permintaan kartu kredit anda, dsb.

Mulai tahun 2015 maksimal kepemilikan kartu kredit untuk gaji minimum 3 juta hanyalah 2 kartu kredit saja.

2. Tanggungan hutang

Selain hutang kartu kredit, ada pula hutang lain seperti KPR (Kredit Perumahan Rakyat), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), dsb. Bank memiliki data-data ini karena segala macam kredit akan ada riwayatnya di Bank Sentral (Bank Indonesia). Oleh karena itu, bila seseorang sedang memiliki hutang di berupa KPR, KKB, atau kredit lainnya, maka bank juga akan mempertimbangkan limit yang akan diberikan.

Baca juga:

Sekarang, sudah pahamkah anda mengenai pengaruh gaji terhadap penentuan limit kartu kredit? Cukup bisa diterima bukan? Sekarang anda tidak perlu kecewa bila limit yang diberikan bank ternyata tidak sesuai harapan anda. Bila anda memperoleh limit yang kecil bersabarlah, lambat laun bank akan menaikkan limit anda bila ternyata rekam jejak pemakaian kartu kredit bagus.


Komentar untuk Bank Melihat Gaji Anda untuk Menentukan Limit Kartu Kredit

Related Article
Kita tentu mengenal berbagai macam jenis kartu kre...
Kredit Tanpa Agunan dan Dana Tunai Kartu Kredit, m...