Bayar Tagihan Kartu Kredit Sebelum Tanggal Cetak Rating : 5/5 (2)

Pernahkah anda berpikir bahwa anda bisa membayar tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak? Mungkin ini terdengar membingungkan, terutama bagi mereka yang baru memiliki kartu kredit pemula. Tapi, bayar tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak itu bisa saja.

Supaya lebih jelas, mari kita perhatikan simulasi berikut ini:

Dono adalah sebuah karyawan perusahaan swasta di Jakarta. Kebetulan ia memiliki kartu kredit BNI Visa Silver. Hingga tanggal 14 Maret 2017 ini, jumlah pemakaian kartu kredit miliknya telah mencapai 1.497.931 rupiah. Pemakaian tersebut tidak semua merupakan pembelanjaan di bulan Maret ini, didalamnya ada tagihan cicilan atas transaksi yang ia lakukan di bulan Desember 2015.

Tagihan cicilan miliknya adalah sebesar 563.029 rupiah. Kebetulan bulan Maret ini Dono ingin sekali membeli laptop seharga 3,5juta rupiah. Oleh karena keterbatasan dana, ia ingin menggunakan kartu kredit miliknya untuk membeli laptop seharga 3,5 juta rupiah. Hanya saja kini, saldo limit kartu kreditnya adalah sebesar 2.622.069 rupiah. Bagaimanakah solusinya?

Bayar tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak

Tanggal cetak tagihan kartu kredit Dono adalah setiap tanggal 24 di tiap bulannya. Artinya, untuk transaksi di bulan Maret ini, keseluruhan transaksi yang ia lakukan akan dibukukan di tanggal 24 Maret 2017 nanti. Padahal kebutuhannya akan laptop baru sudah tidak bisa ditunda lagi. Apalagi sekarang sedang ada promo kartu kredit yang pas untuk kebutuhannya akan laptop.

Di sini, Dono bisa saja membayar tagihannya sebelum tanggal cetak untuk mengembalikan limit yang ada agar mencukupi. Saldo limit kartu kreditnya sekarang adalah 2.622.069 rupiah, dan harga laptopnya adalah 3,5 juta, artinya ia membutuhkan dana kurang lebih 900ribu rupiah agar limit kartu kreditnya mencukupi.

Untuk itu, atas pemakaiannya yang sebesar 1.497.931 rupiah, Dono bisa membayar sebesar 900ribu rupiah untuk mengembalikan limit kartu kreditnya ke 3,5 juta, sehingga ia bisa membeli laptop yang ia inginkan tersebut. Kebetulan, laptop yang ingin ia beli sedang ada promo cicilan 0% selama 6 bulan, dan ia memutuskan untuk mengambilnya.

Lalu berapakah tagihan Dono nantinya?

  • Tagihan awal: 1.497.931 rupiah
  • Sudah dibayar: 900.000 rupiah
  • Sisa tagihan: 931 rupiah
  • Limit sesudah pembayaran 900ribu = 2.622.069 + 900.000

                                                           = 3.522.069

Untuk beli laptop seharga 3.500.000, cicilan 0% selama 6 bulan

Cicilan per bulannya: 3.500.000/6 = 583.333.3/bulan

Berapakah tagihan Dono setelah transaksi dibukukan pada tanggal 24 Maret 2017 nanti?

Maka kurang lebih tagihan kartu kredit Dono di tanggal 24 Maret 2017 nanti adalah:

  • Sisa tagihan bulan sebelumnya : 597.931 + 583.333.3

                                                                                : 1.181.264 rupiah

Maka kurang lebih tagihan kartu kredit Dono untuk bulan Maret adalah sebesar 1.181.264 rupiah. Ingat ya untuk selalu memeriksa billing tagihan karena terkadang ada biaya lain yang dikenakan, misalnya biaya materai untuk pelunasan, charge (jika ada), dsb.

Nilai positif dari pembayaran kartu kredit sebelum tanggal cetak

  1. Limit kartu kredit menjadi lebih besar

Tentu saja jika anda membayarkan sejumlah uang untuk mengganti transaksi kartu kredit yang anda lakukan, maka limit kartu kredit anda akan bertambah sesuai dengan jumlah uang yang anda bayarkan.
Dengan cara demikian anda bisa berbelanja atau membeli barang yang anda inginkan, yang kemungkinan harganya lebih tinggi dari saldo limit sebelumnya.

Yang perlu diingat, bila anda membayar tagihan sebelum dicetak billingnya, dengan tujuan untuk membeli barang lain yang harganya lebih tinggi dari saldo sebelumnya, sebaiknya tunggu jeda 1 hari supaya menghindari overlimit kartu kredit. Dikhawatirkan bila anda langsung menggunakan untuk bertransaksi sementara ternyata belum dibukukan oleh bank, anda terkena overlimit.

  1. Nominal tagihan berkurang

    Jika anda bayar tagihan sebelum e-billing dicetak, di lembar tagihan berikutnya akan tertera pembayaran anda dan otomatis tagihan anda akan berkurang (dengan catatan setelah pembayaran anda tidak menggunakannya untuk transaksi apapun).

Sementara itu, ada pula kekurangan dari pembayaran tagihan kartu kredit sebelum e-billing dicetak yakni:

  1. Mengira tagihan sudah lunas

Misal, atas tagihannya yang semula 1.497.931 rupiah ia bayarkan penuh. Ia mengira sudah melunasinya, sehingga tidak memeriksa e-billing yang datang kemudian. Padahal, untuk tagihan yang dibayar lunas ada biaya meterai sebesar 3000 hingga 6000 rupiah. Jika ini tidak dibayarkan, akan terkena bunga kartu kredit, yang dihitung dari total tagihan (padahal sudah ia bayar).
Maka dari itu, memeriksa e-billing setiap ia datang adalah keharusan.

Jadi, pakai kartu kredit tidak terlalu sulit bukan? Asal kita bijaksana dalam pemakaian maka kita bisa menghindari kerugian yang mungkin ditimbulkan.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Bayar Tagihan Kartu Kredit Sebelum Tanggal Cetak

Nisa 28 October 2017

(5)
Permisi tanya. Bila kita punya tunggakan bulan lalu sebesar 1.900.000 dan bulan ini 600.000 lalu kita bayar 1 juta dan berarti sisa tagihan tinggal 1.500.000 apakah bisa di bayar bulan depan.nya lagi . Mohon dijawab karna saya baru pemula

admin 28 October 2017

(0)

Bisa, tapi akan kena bunga 2,25% dari total tagihan yang ada ya :).

Rodli Jauhari Fauzi 17 August 2017

(5)
Mau tanya pak, Melunasi sebelum tgl cetak apakah hanya kena biaya materai saja ? Tidak ada biaya lain lagi ? Misalkan pinalti pelunasan ? Trism.. Info ini akan sangat membantu saya sebagai pemula. Terima kasih

admin 17 August 2017

(0)

Selamat Pagi Pak Rodli,

Bila transaksi anda cicilan, dan dilunasi sebelum waktunya, maka akan kena biaya penalty. Untuk transaksi ritel biasa yang bukan cicilan, bisa dilunasi kapanpun sebelum dicetak billingnya, akan tetapi harus ingat, setiap ada transaksi hutang, akan ada biaya materai. Jadi, kalau misal tagihan belum keluar dan sudah dibayar, tetap periksa billing tagihan ketika dicetak, siapa tau ada biaya materai (atau biaya lain) yang belum terbayarkan. Semoga info ini membantu ya :).

Artikel Terkait