Bayar Zakat Online Bisa Lho Sekarang!


Bayar Zakat Online Bisa Lho Sekarang! Rating : 0/5 (0)

Saat ini, dunia online payment semakin maju. Masyarakat bisa melakukan pembayaran apapun dengan cara online, entah itu bayar belanja, bayar listrik, internet, telepon, dan sekarang masyarakat bahkan sudah bisa membayar zakat melalui zakat online!

Zakat untuk umat islam ada beberapa macam, yakni:

  1. Zakat fitrah, hukumnya wajib bagi setiap individu. Besarnya yakni 2,5kg dari nilai makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari (karena orang Indonesia makanan pokoknya beras maka, zakat fitrahnya 2,5kg beras).
  2. Zakat maal, atau zakat harta biasanya dibayarkan dalam bentuk uang. Zakat maal wajib untuk mereka yang memiliki harta dan harta tersebut telah mencapai nisab.

Membayar zakat secara online

Zaman sekarang ini beberapa lembaga penyalur zakat telah membuka rekening bank untuk menerima pembayaran zakat dari umat muslim. Dengan demikian, saat ini masyarakat bisa membayar zakat secara online melalui bank, bila tidak sempat mendatangi masjid atau lembaga penyalur zakat secara langsung untuk membayar zakat.

Secara lebih rinci, membayar zakat online dapat dilakukan dengan:

1. Transfer atm antar bank

Anda bisa membayarkan zakat anda dengan cara transfer antar bank. Namun, sebelumnya pastikan anda telah mengetahui nomor rekening lembaga penyalur zakat yang anda tuju. Biasanya lembaga penyalur zakat memiliki rekening khusus untuk menerima zakat saja.

2. Internet banking dan mobile banking

Zaman sekarang orang-orang sudah sangat ‘melek’ teknologi. Tanpa perlu ke ATM untuk transfer antar bank, orang-orang bisa melakukan transfer hanya dari tempat mereka duduk dengan menggunakan perangkat pribadi yang dipunyai.

Teknologi tersebut adalah internet banking dan mobile banking. Internet banking menggunakan browser di komputer untuk bertransaksi perbankan, sementara mobile banking lazimnya menggunakan aplikasi perbankan yang sudah diinstal di smartphone masing-masing.

Baca juga: Ingin Mudik Naik Pesawat? Perhatikan Dulu Hal Ini

Hanya dengan memasukkan pin dan password, nasabah dapat mengakses rekeningnya, dan menggunakannya untuk transaksi seperti transfer, bayar kartu kredit, bayar listrik, beli pulsa, dsb. Apalagi untuk bayar zakat online? Tentu saja itu bisa dilakukan dengan mudah, caranya hampir sama seperti melakukan transfer ATM antar bank.

3. Aplikasi mobile

Beberapa lembaga pengelola dan penyalur zakat ada pula yang membuat aplikasi khusus untuk pembayaran zakat yang lebih mudah. Aplikasi tersebut bisa diunduh dengan bebas di App Store maupun Play Store. Bayar zakat online semaki mudah dan cepat!

Lalu siapa sajakah lembaga yang mengelola pembayaran zakat di Indonesia?

Di Indonesia ada beberapa lembaga resmi yang bertugas untuk menerima zakat, mengelola, dan menyalurkan zakat tersebut ke pihak-pihak yang membutuhkan. Beberapa diantaranya adalah seperti di bawah ini:

  1. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa merupakan organisasi yang resmi berdiri sejak tahun 1993 dan hingga kini aktif dalam urusan pengumpulan zakat, infaq, dan sodaqoh dari masyarakat. Pengguna layanan Dompet Dhuafa semakin meningkat dari tahun ke tahun dan ia semakin dipercaya oleh masyarakat untuk menyalurkan zakat, infaq, dan sodaqoh.

Untuk urusan pembayaran zakat, Dompet Dhuafa memiliki situs zakat.or.id dimana masyarakat umum bisa membayar zakat secara online, dengan metode pembayaran yang tersedia mulai dari transfer rekening bank, mobile banking, kartu kredit, hingga pulsa handphone.

  1. Rumah Zakat

Rumah Zakat berdiri sejak tahun 2010 dan melayani pengelolaan zakat, infaq, dan sodaqoh juga. Rumah Zakat banyak membuka layanan di tempat-tempat ramai seperti mall dsb. Rumah zakat memiliki situs khusus untuk membayar zakat, bahkan mereka memiliki fitur kalkulator zakat untuk menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan.

  1. BAZNAS

BAZNAS adalah singkatan dari Badan Amil Zakat Nasional. BAZNAS merupakan satu-satunya organisasi resmi yang didirikan oleh pemerintah Indonesia, yang tugasnya khusus untuk mengelola zakat, infaq, dan sodaqoh.

BAZNAS memiliki  metode online dan offline dalam pengumpulan zakat, infaq, dan sodaqoh. Seperti rumah zakat, tak jarang BAZNAS membuka stand di tempat-tempat ramai.

Baca juga: Tips Mudik Aman untuk yang Menggunakan Kendaraan Pribadi

Adapun untuk pembayaran zakat online melalui BAZNAS dapat dilakukan dengan mengujungi situsnya atau mengunduh aplikasinya. Metode pembayaran bisa dilakukan dengan payroll sistem, mobile banking, dan transfer rekening.

  1. kitabisa.com

Kitabisa.com merupakan situs crowdfunding, dimana pengunjung bisa membayar zakat online. Kitabisa.com bekerjasama dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

Kitabisa.com menggunakan sistem kode unik yang sering digunakan di situs-situs online marketplace. Kode unik merupakan sistem supaya kita tidak perlu lagi melakukan konfirmasi setelah melakukan pembayaran.

Nah, sobat pilihkartu sudahkah anda membayar zakat?

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Bayar Zakat Online Bisa Lho Sekarang!

Artikel Terkait