Beberapa Kesalahan dalam Menggunakan Kartu Kredit


Beberapa Kesalahan dalam Menggunakan Kartu Kredit Rating : 0/5 (0)

Sering kali kita salah paham tentang fungsi sesungguhnya dari kartu kredit. Bahkan, tak jarang kita hanya menganggap kartu kredit adalah alat pembayaran yang sangat membantu serta memudahkan transaksi. Namun, sebagai pengguna kartu kredit ada baiknya mengenali kesalahan-kesalahan dalam menggunakan kartu kredit. Hal ini supaya anda bisa terhindar dari kerugian yang mungkin ditimbulkan dari kesalahan tersebut.

Berikut adalah beberapa kesalahan dalam menggunakan kartu kredit yang seringkali luput dari pengamatan kita:

1. Hanya membayar tagihan minimal

Hal ini umumnya banyak dilakukan oleh pemegang kartu kredit, padahal dengan begitu Anda akan dikenai bunga kartu kredit yang sangat tinggi yaitu sekitar 2,95% dari total tagihan yang tersisa setiap bulannya. Misal tagihan anda bulan ini adalah sebesar 1 juta dan bank menetapkan pembayaran tagihan minimum 10% dari total tagihan, maka boleh saja hanya membayar 100 ribu. Terkesan murah dan mudah bukan? Eits, tapi ingat bunga sebesar 2,95% akan tetap diberlakukan dengan mengalikannya sejumlah total tagihan anda yang 1 juta, bukan 900 ribu (1 juta-100 ribu). Jadi, usahakan membayar  secara full payment saja ya sobat.

2. Terlambat membayar tagihan

Untuk kasus yang ini sebaiknya jangan pernah Anda lakukan, selain limit kartu Anda akan berkurang, juga akan dikenakan denda yang jumlahnya besar bergantung sekitar 5-6%, tergantung dari masing-masing bank. Pokoknya hindari yang namanya telat membayar tagihan kartu kredit. Usahakan mencatat kapan tanggal jatuh tempo pembayaran, jika anda tidak ada waktu untuk datang ke Bank atau ke ATM untuk membayar tagihan, tak ada salahnya mencoba pembayaran tagihan melalui sistem debit langsung.

3. Digunakan sebagai debit card

Maksudnya adalah menggunakan kartu kredit anda selayaknya kartu debit yakni dengan melakukan tarik tunai di ATM. Memang selain sebagai alat pembayaran, kartu kredit juga bisa digunakan untuk tarik tunai. Ini bisa menguntungkan, tapi juga bisa bikin 'buntung' karena tiap kali tarik tunai via kartu kredit, maka akan dikenakan bunga yang tinggi yakni sekitar 2-6%.

4. Tergiur cicilan 0% atau diskon 50%

Cicilan 0% untuk pembelian barang menggunakan kartu kredit memang sangat menggiurkan. Tak jarang kita selalu tertarik dan akhirnya menyetujui pembelian barang melalui sistem kredit. Jika hanya 1 item tak apa, tapi bagaimana jika anda tergiur banyak item? Anda akan terjebak pada banyak cicilan, dan jika diakumulasi, apakah anda mampu membayar semua cicilan tersebut tiap bulannya?

Kartu kredit diciptakan dengan maksud memberikan kemudahan dan kemanfaatan untuk anda, sehingga jangan sampai malah membebani akibat pemakaian yang melenakan. Mulai sekarang pakai kartu kredit anda dengan bijaksana, jangan pakai dengan nafsu membeli sebanyak-banyaknya ya. Baca juga INI DIA 5 TIPS CERDAS DALAM MENGGUNAKAN KARTU KREDIT.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Beberapa Kesalahan dalam Menggunakan Kartu Kredit

Artikel Terkait