Beda Dana Tunai Kartu Kredit dan Tarik Tunai Kartu Kredit


Beda Dana Tunai Kartu Kredit dan Tarik Tunai Kartu Kredit Rating : 0/5 (0)

Publik pengguna kartu kredit apakah sudah paham mengenai Tarik tunai kartu kredit dan dana tunai kartu kredit? Kalau menggunakan kartu kredit, selain fungsinya untuk belanja, bisa juga lho untuk Tarik tunai di ATM.


Hanya saja, ada beberapa catatan penting sebelum melakukan Tarik tunai di ATM dengan kartu kredit, yaitu biaya Tarik tunai yang tinggi sekali, serta bunga Tarik tunai yang dikenakan manakala kamu tidak membayar tagihannya secara full. Kelemahan lain dari Tarik tunai kartu kredit, adalah ia tidak bisa dijadikan cicilan, dan ada batas maksimal untuk jumlah penarikannya.

Untuk batas maksimal penarikan tunai kartu kredit, masing-masing kartu kredit berbeda-beda, misalnya kartu kredit BNI Silver akan berbeda batas maksimal penarikannya dengan kartu kredit BNI Infinite. Nah, satu penerbit kartu kredit saja bisa berbeda, apalagi beda bank ya, maka untuk mengetahui berapa batas maksimal penarikan tunai kartu kredit-mu, kamu harus memeriksanya di amplop pengiriman kartu kredit, karena di situ tertera limit kartu kredit, batas maksimal penarikan tunai kartu kredit, tanggal cetak tagihan, hingga tanggal jatuh tempo.

Kemudian, batas maksimal penarikan tunai kartu kredit BNI Silver ditetapkan oleh bank adalah sebesar 40% dari limit kartu kredit yang diberikan. Jadi misalkan, kamu punya kartu kredit BNI Silver dengan limit 4.000.000, dan maksimal penarikan tunai adalah 40% dari limit, jadi dari limit 4.000.000 kamu cuma bisa melakukan Tarik tunai dengan maksimal 1.600.000.

Lalu apa bedanya dengan dana tunai kartu kredit?

Nah dana tunai kartu kredit ini unik, ia merupakan fasilitas dari bank untuk nasabahnya yang butuh pinjaman uang tunai, yang mana sumber dananya ya dari kartu kredit yang bersangkutan. Nilai pinjaman yang bisa didapatkan dari fasilitas dana tunai ada di kisaran 40% hingga 50% dari sisa limit kartu kredit anda. Terdengar sama saja ya dengan Tarik tunai kartu kredit?

Tapi tunggu dulu, bedanya dana tunai kartu kredit ini bisa dicicil pembayarannya, sedang Tarik tunai kartu kredit tidak bisa dicicil. Contohnya, anda punya kartu kredit dengan limit 100 juta, dari limit tersebut baru anda pakai 10 juta di bulan ini, maka ada sisa 90 juta. Nah, kalau bank menetapkan maksimum yang bisa dicairkan sebagai dana tunai adalah 50% nya, maka kamu bisa cairkan dana tunai sebesar 45 juta.

Selanjutnya, dana 45 juta tersebut akan ditransfer pada rekening tabungan anda, tapi rekening tersebut haruslah rekening yang sama dengan penerbit kartu kredit kamu. Untuk pembayaran secara cicilan, setiap bulan akan ditagihkan ke billing kartu kredit kamu. Kalau biaya dan bunga Tarik tunai kartu kredit tinggi, maka dana tunai kartu kredit mengenakan bunga yang lebih rendah. Tenor atau masa mengangsur bisa mulai 3 bulan hingga 60 bulan. Semakin lama tenor, semakin besar bunganya.

Jadi, sudah paham kan mengenai Tarik tunai kartu kredit dan dana tunai kartu kredit?

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Beda Dana Tunai Kartu Kredit dan Tarik Tunai Kartu Kredit

Artikel Terkait