Belanja Bulanan Lebih Hemat ala Pilihkartu

Sebagian besar masyarakat Indonesia, memanfaatkan waktu awal bulan untuk belanja rutin bulanan. Ini karena awal bulan adalah masa-masa dimana para pekerja atau karyawan menerima gaji. Dengan cara demikian, mereka dapat berbelanja barang kebutuhan bulanan selagi uang belum banyak berkurang.

Baca juga: 4 Kiat Belanja Aman di Online Marketplace

Lalu, jika anda adalah termasuk ke dalam kelompok mayoritas yang berbelanja barang kebutuhan bulanan di awal bulan, perhatikan tips belanja bulanan lebih hemat ala pilihkartu berikut ini:

1. Pilihan tempat belanja

Pilihan tempat belanja bulanan anda haruslah tepat. Jika anda adalah tipe orang yang menginginkan belanja rutin bulanan dengan harga yang bisa ditawar, maka anda dapat memilih pasar sebagai alternatif utama.

Tetapi, jika anda adalah orang yang tidak terlalu suka dengan kegiatan tawar-menawar, dan menginginkan kenyamanan dalam memilih-milih barang, maka anda dapat menuju supermarket sebagai alternatif utama.

Supermarket yang anda tuju juga perlu anda perhatikan. Usahakan untuk berbelanja di supermarket yang besar dan terkenal memiliki harga barang-barang yang lebih murah dibanding supermarket lainnya.

2. Buat daftar barang belanjaan

Sesampai di supermarket, ini yang tidak boleh anda lupakan, yaitu daftar barang belanjaan! Bayangkan saja jika anda datang ke supermarket tanpa membawa catatan kebutuhan anda selama sebulan, pasti bisa kacau.

Tidak masalah jika anda memiliki ingatan yang bagus, hanya saja, kebutuhan rutin bulanan umumnya ada banyak dan bermacam-macam, mulai dari sabun mandi, shampo, odol, sikat gigi, sayuran, susu, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan adanya catatan mengenai barang belanjaan anda, waktu anda untuk berbelanja juga akan terpangkas, sehingga anda tidak akan sempat untuk melirik-lirik barang-barang lain yang tidak anda butuhkan.

3. Jangan malas membandingkan harga

Memang, di supermarket tersedia satu jenis barang dengan merk yang berbeda-beda merek, dan karenanya harga pun berbeda-beda satu sama lainnya. Di sini peran anda adalah untuk membandingkan barang mana yang sesuai dengan kebutuhan anda, dilihat dari segi harga apakah barang tersebut cocok untuk keuangan anda.

Semakin banyak pilihan, semakin terbuka kesempatan anda untuk menemukan barang yang terbaik.

4. Manfaatkan promosi yang sedang diberlakukan

Umumnya, untuk menarik konsumen, produsen bekerjasama dengan pihak supermarket untuk mengadakan promosi atas produk-produk tertentu. Di sini anda dapat memanfaatkan adanya promosi-promosi tersebut untuk memperoleh barang yang anda butuhkan dengan harga lebih murah.

Awal bulan, produsen umumnya memberikan banyak sekali bonus yang bertepatan dengan timing gajian masyarakat.

5. Bayar dengan kartu kredit

Berbagai macam promosi dilaksanakan dengan berbagai cara, ada yang mengadakan bersama dengan promo kartu kredit atau debit, maupun promo cashback atau reward poin. Jika anda memiliki kartu kredit, anda dapat memanfaatkannya untuk membayar belanjaan sekaligus mendapatkan diskon-diskon atau program promo reward poin maupun cashback.

Baca juga: Tips Supaya Gaji Anda Tak Ludes di Awal Bulan

Ada baiknya anda sering-sering memeriksa di internet mengenai promo kartu kredit apa saja yang sedang diberlakukan. Berbagai situs penyedia informasi secara cuma-cuma seperti pilihkartu.com dapat menjadi sumber informasi anda akan promosi-promosi kartu kredit tertentu.

Bagaimana? Sudah siap belanja kebutuhan bulanan ke supermarket? Jangan lupa 5 poin di atas ya. Dan ingat, selalu membeli barang yang anda butuhkan, bukan semata yang anda inginkan. Yuk, bijak mengatur keuangan.


Komentar untuk Belanja Bulanan Lebih Hemat ala Pilihkartu

Related Article
Masih banyak individu yang belum menyadari akan ma...