Belanja Dengan Kartu Kredit Lebih Aman di Lazada dengan Two Step Verification Proses

Zaman serba digital sekarang ini, orang semakin sedikit yang keluar ruangan untuk mencari barang yang mereka inginkan. Pasalnya, semua hal dalam kehidupan sehari-hari mulai dari berbelanja, beli pulsa, beli makan, hingga beli tiket bisa dilakukan dari tempat kita duduk. Bahkan, belanja dengan kartu kredit terasa lebih mudah dan ringan untuk transaksi online sekalipun.

Teknologi dan internet mempermudah semua transaksi tersebut. Termasuk dalam hal ini teknologi pembayaran yang juga mengadopsi sistem digital. Akan tetapi, meski sudah semakin canggih, tetap saja selalu ada celah untuk pelaku kriminal melakukan kejahatan mereka.

Banyaknya kasus kejahatan saat berbelanja online

Online marketplace terbesar di indonesia saat ini, yakni lazada tentu memiliki jutaan pelanggan di seluruh Indonesia. Semakin tenarnya nama besar lazada tentu menjadikan situs online marketplace lazada sebagai target incaran para pelaku kriminal.

Pelaku kriminal ini pun bukan maling kelas teri, mereka adalah oknum kriminal kelas kakap yang memiliki pengetahuan dalam tentang teknologi dan informasi, sehingga dengan mudahnya dapat meng-hack akun milik pelanggan lazada, dan menggunakan akun tersebut untuk transaksi hingga jutaan rupiah.

Transaksi yang dilakukan oleh pelaku kriminal ini dengan menggunakan sistem pembayaran kartu kredit. Oleh karena itu, pihak lazada kini memastikan keamanan transaksi kartu kredit di lazada, dengan menggunakan two verification process.

Two verification proses untuk transaksi yang lebih aman

Karena banyaknya pengaduan dari pelanggan yang merasa akunnya di-hack dan digunakan untuk transaksi puluhan juta, pihak lazada segera mengambil langkah tegas, yakni dengan memberlakukan metode two verification process atau proses verifikasi dengan dua metode untuk keamanan lebih.

Two verification process atau verifikasi ganda untuk keamanan ini dilakukan dengan dua cara, yakni melalui email dan melalui sms.

Verifikasi melalui email

Ketika melakukan check-out atau pemesanan di situs lazada, sistem dari lazada akan mengirimkan email verifikasi ke email pribadi pelanggan. Selanjutnya, pelanggan akan diminta untuk memeriksa email tersebut.

Sayangnya, email pelanggan bisa saja diretas oleh peretas jahat dan digunakan untuk proses verifikasi ini, sehingga masih diperlukan satu macam verifikasi lagi agar transaksi dinyatakan berhasil.

Verifikasi melalui sms

Verifikasi selanjutnya adalah verifikasi melalui sms. Setelah melakukan checkout, pelanggan tidak hanya akan dikirimi email verifikasi, tapi mereka juga akan dikirim sms verifikasi. Sms dinilai lebih aman dan sulit ditembus apalagi diretas.

Nomor telepon nasabah yang dikirimi sms akan sulit dibobol karena hanya dimiliki oleh pihak bank.

Tips untuk aman bertransaksi di online marketplace

Lebih lanjut lagi, bertransaksi secara online kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini. Oleh karena dinilai hemat waktu dan tenaga, maka tak dapat dihindarkan lagi, berbelanja di online marketplace sudah merupakan kebutuhan.

Untuk itu, ada beberapa tips supaya aman berbelanja secara online, dimanapun situs online tersebut:

1. Usahakan untuk tidak menggunakan komputer publik ketika bertransaksi

Berbelanja secara online akan membutuhkan anda untuk membuat akun dan login ke dalam akun tersebut.

Di akun anda tersebut, terdapat informasi data-data pribadi seperti: nama lengkap, tempat/tanggal lahir, nomor telepon, alamat email dan alamat rumah. Menggunakan komputer publik akan meningkatkan risiko data-data pribadi kita tercuri tanpa kita ketahui.

2. Selalu me-log out akun ketika selesai transaksi

Seolah telah menjadi kebiasaan, aktifitas log out sepertinya dilupakan begitu saja bagi sebagian besar orang, padahal logout adalah hal yang penting.

Seseorang bisa saja masuk ke akun anda tanpa sengaja dan menggunakannya untuk hal-hal buruk.

3. Memasang antivirus

Menjelajah dunia maya belumlah aman tanpa adanya antivirus. Ya, virus bisa menyerang komputer anda melalui internet. Virus ini bermacam-macam, ada yang sifatnya merusak saja dan ada juga yang bisa mencuri data-data pribadi anda, jadi berhati-hatilah.

Nah, itu dia seluk belum two verification process lazada untuk keamanan data pelanggan. Yuk, jadi pelanggan yang lebih cerdas.


Komentar untuk Belanja Dengan Kartu Kredit Lebih Aman di Lazada dengan Two Step Verification Proses

Related Article
Kartu kredit Mandiri termasuk salah satu kartu kre...
Paypal merupakan akun virtual yang digunakan untuk...