Berapa Bunga Kredit Online? Rating : 0/5 (0)
Kredit online yang disediakan oleh perusahaan fintech, sering juga disebut sebagai kredit instan karena prosesnya yang cepat. Kecepatan pemrosesan supaya dana lekas cair tentu ada konsekuensinya. Belum lagi, pinjaman yang diajukan tanpa jaminan semakin menarik hati masyarakat awam.

Kalau sudah begini, masyarakat yang tergiur dengan kredit online aplikasi seringkali lupa ada komponen-komponen biaya yang harus dibayarkan. Ibarat berdagang, maka perusahaan menjual produk mereka berupa pinjaman. Untungnya darimana? Tentu saja dari biaya-biaya dan bunga yang dikenakan..


Berapakah bunga kredit online?

Saat ini, rata-rata bunga yang dikenakan oleh kredit online bisa dikatakan tinggi. Tenor yang diberikan pun bervariasi, ada yang dalam hitungan hari hingga bulanan. Bila kartu kredit memberlaku kan bunga maksimal 2.25%, maka kredit online ini mengenakan bunga lebih dari itu. Maka dari itu, ini yang harus digarisbawahi oleh masyarakat, yakni untuk mencari tahu berapa besar bunga yang diberlakukan, serta kapan bunga tersebut diberlakukan.

Apakah kredit online dilindungi OJK?

Beberapa kredit online sudah mendapatkan izin operasi dari OJK, tapi dari ratusan produk kredit online yang ada, baru beberapa saja yang sudah mendapatkan izin dari OJK. Untuk itu, masyarakat perlu berhati-hati dan cermat dalam memilih produk kredit online. Pastikan kredit online yang dipilih telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menjamin perlindungan hukum bila terjadi masalah.

Bagaimana data-data pribadi yang didaftarkan ke kredit online?

Data-data pribadi merupakan hal yang tidak boleh disepelekan. Masyarakat harus tahu bahwa data-data pribadi mereka bisa disalahgunakan bila tersebar dimana-mana. Termasuk ketika mendaftar kredit online via aplikasi, dimana kita tinggal mengisi data-data pribadi di kolom yang disediakan, lalu mengunggah file-file data pribadi.

Bagaimana kredibiilitas pemberi kredit

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah kredibilitas pemberi kredit. Sebelum memutuskan untuk mendapatkan pinjaman, seseorang harus mencari tahu tentang Lembaga pemberi kredit tersebut, misalnya alamat kantornya dimana, hak-hak dan kewajiban peminjama seperti apa, serta bagaimana review pengguna.

Masyarakat yang sedang dalam kesulitan dan membutuhkan dana segar memang sebaiknya tidak lantas berpikiran pendek. Bila memang masih bisa diusahakan untuk bekerja, maka lebih baik mencari pekerjaan tambahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bila terpaksa harus meminjam uang, maka sebaiknya mengikuit poin-poin di atas dalam mencari sumber dana pinjaman yang aman dan tidak mencekik leher.

 

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Berapa Bunga Kredit Online?

Artikel Terkait