Berbisnis Saat Bulan Puasa? 3 Hal Ini Bisa Kamu Coba

Saat bulan puasa, semua orang berlomba-lomba untuk mencari rejeki di bulan ini. Entah mengapa fenomena semacam ini selalu menjadi kekhasan saat bulan puasa tiba. Berbisnis saat bulan puasa? Bukan hal yang baru, karena semenjak dahulu orang telah melakukannya.

Saat bulan puasa tiba, ibu-ibu rumah tangga mendadak menjadi pedagang, bapak-bapak, anak muda dari kalangan mahasiswa, turut meramaikan arena perdagangan saat bulan puasa. Di sepanjang jalan menjelang buka puasa, akan kita lihat banyak sekali penjual yang menjajakan es campur, es kolak, es teh, es jus, snack hingga hidangan buka puasa yang berat-berat seperti makanan.

Tertarik melakukan hal serupa? Kalau begitu 5 ide usaha di bawah ini bisa anda coba:

1. Berjualan macam-macam es

Saat bulan puasa tiba, aktivitas kantor, sekolah, dan pemerintahan berjalan seperti biasa. Setelah bekerja seharian dengan kondisi berpuasa, tak ada hal lain yang nikmat selain mencecap segar dan manisnya es saat berbuka nanti. Untuk itu, bisnis dengan berjualan macam-macam es seperti es buah, es pisang ijo, es campur, kolak, es jus, bahkan es teh saja pasti akan laku.

Tak hanya orang kantoran, orang-orang manapun pasti akan membeli dagangan es anda nantinya. Ini karena setelah selesai kerja, umumnya mereka sudah tidak sempat memasak sendiri untuk buka puasa nanti, sehingga membeli adalah alternatif yang paling baik bagi mereka. Untuk melakukannya, anda hanya perlu menggelar dagangan anda di meja di pinggir jalan, jangan lupa untuk mengemas produk anda dengan bersih, menarik, dan rapi, sehingga pelanggan akan puas.

2. Berjualan aneka makanan ringan

Selain es, ada juga penjual aneka makanan ringan, kadang di hari biasa pun ada, namanya aneka jajanan pasar. Ini karena yang dijual di sini adalah aneka snack ringan khas jajanan yang dijual di pasar-pasar. Contohnya seperti risoles, tahu, bakwan, putu ayu, lumpia, dsb.

Jajanan pasar juga tak kalah diminati karena selain rasanya yang enak, banyak juga macam-macamnya sehingga pelanggan bisa memilih. Harganya pun tidak mahal. Jajanan pasar akan menjadi teman serasi untuk es buah atau es campur saat berbuka puasa nantinya. Apalagi saat berbuka dianjurkan untuk tidak langsung menyantap makanan berat, tetapi berbuka dengan yang manis-manis seperti es teh atau kurma.

Nah, anda juga bisa mencoba untuk membuat aneka jajanan pasar yang bisa anda jual. Atau jika anda tidak ingin repot berjualan, anda bisa menitipkannya ke toko-toko atau warung agar mereka mau menjualkannya, dengan imbalan tertentu. Jika anda tidak mau ribet membuat sendiri jajan pasar, anda bisa berlaku sebagai penjual, anda menjualkan milik orang yang memproduksi jajan pasar.

3. Berjualan menu makanan untuk buka puasa

Menu buka adalah menu yang penting. Meski telah berbuka dengan es dan makanan ringan, tetapi perut yang kosong tetap harus diisi dengan makanan berat seperti nasi, sayur, dan lauk. Oleh karenanya, berbisnis di makanan berat untuk buka puasa juga memiliki prospek yang bagus.

Anda bisa memasak sendiri menu-menu yang biasanya diminati, seperti nasi, sayur, dengan lauk ayam goreng, tempe, tahu, maupun ikan. Sayur yang bisa anda hidangkan juga akan lebih baik bila beragam, seperti sayur lodeh, sayur sop, sayur asem, oseng tempe, orak arik, dsb.

5 Alasan Kantong Bisa Jebol di Bulan Puasa

Berminat mencoba? Lumayan menarik dan menggiurkan bukan? Jika anda tidak mau berjualan, anda bisa saja mencoba ide usaha lain seperti bermain di pasar uang yang tidak membutuhkan banyak perangkat, cukup laptop/smartphone/tablet, internet, dan modal yang tidak besar. Selain itu, waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Tertarik mencoba? Klik di sini.

 


Komentar untuk Berbisnis Saat Bulan Puasa? 3 Hal Ini Bisa Kamu Coba

Related Article
Belakangan ini banyak pelajar terutama dari kalang...
Di zaman yang semakin modern dan teknologi yang be...
Masih banyak individu yang belum menyadari akan ma...