Bikin Kartu Kredit untuk Para Freelancer


Bikin Kartu Kredit untuk Para Freelancer Rating : 0/5 (1)

Freelancer, apa sih itu?

Jenis pekerjaan di dunia ini ada banyak sekali. Mereka yang bekerja tidak terikat waktu/jam kantor perusahaan seringkali disebut sebagai freelancer. Dalam Bahasa Indonesia, freelancer adalah pekerja lepas waktu.

Freelancer juga butuh kartu kredit

Seringkali, freelancer ini jangkauan kerjanya tidak hanya di dalam negeri, justru mereka terkadang mengerjakan job-job dari luar negeri yang bayarannya dollar. Bagaimana dengan sistem pembayaran? Mereka pakai Paypal, akun elektronik khusus untuk pembayaran dan penarikan uang di dunia internasional.

Verifikasi Paypal butuh kartu kredit

Nah, ternyata untuk punya akun paypal yang aktif pun harus diverifikasi dan itu menggunakan kartu kredit lho. Nah, baru kerasa butuh kartu kredit deh sekarang.

Sebetulnya, transaksi di dunia internasional sendiri yang lebih sering digunakan adalah kartu kredit. Kartu kredit apapun itu, asal jaringannya diterima (VISA, MasterCard, JCB, UnionPay, Diners, Amex) pasti transaksi sukses.

Orang luar negeri lebih lazim menggunakan kartu kredit untuk setiap transaksi mereka, jadi mau tidak mau kalua seorang freelancer ingin berinteraksi finansial di dunia internasional, ya paling tidak menyiapkan satu atau dua kartu kredit untuk keperluan transaksi pembayaran dan penerimaan uang.

Freelancer Tidak Punya Slip Gaji=Susah Bikin kartu kredit?

Namanya juga pekerja lepas waktu, mereka tidak terikat waktu apalagi aturan perusahaan. Ya jelas, karena umumnya mereka bekerja sendiri, jadi otomatis mereka ini tidak punya slip gaji.

Tapi, meski tidak punya slip gaji, kadang penghasilan freelancer malah lebih besar dari mereka yang bergaji rutin dari perusahaan loh, jadi jangan salah kira mereka tidak punya uang ya.

Jadi, apa betul freelancer tidak bisa punya kartu kredit?

Tidak juga, freelancer masih bisa punya kartu kredit. Pada dasarnya bank memutuskan untuk memberikan kartu kredit kepada seseorang, asal seseorang tersebut memang layak diberikan fasilitas kartu kredit.

Lalu apa sebetulnya kriteria ‘layak diberikan kartu kredit’ bagi bank?

Kriteria dasarnya, orang tersebut dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan untuk meminimalisir kemungkinan tidak bisa bayar tagihan, maka orang yang punya uang/tabungan atau penghasilan tetap kesempatannya lebih besar.

Kalau tidak punya penghasilan tetap seperti freelancer?

Ya, yang penting punya rekening tabungan yang aktif ada transaksi keluar-masuk. Freelancer dalam bekerja freelance pun pasti punya rekening yang aktif dimana rekening itu dipakai untuk transaksi pemasukan dan pembayaran apapun. Supaya lebih meyakinkan, dalam 5 bulan terakhir minimal ada saldo mengendap senilai beberapa juta di rekening. Dengan demikian, bank akan semakin yakin dengan anda dan mengabulkan permohonan kartu kredit yang anda ajukan.

Kalau sudah yakin, sekarang kumpulkan keberanian dan mulailah siapkan data dan dokumen yang diperlukan, seperti:

  1. KTP
  2. NPWP
  3. Rekening tabungan atau rekening koran

Kalau sudah siap semua, sekarang saatnya mencari bank mana yang kira-kira akan ramah terhadap orang-orang macam anda, mari kita urutkan satu per satu:

  1. Bank tempat anda punya rekening

Misal anda punya rekening bank BCA yang aktif dipakai transaksi, coba untuk ajukan kartu kredit di sana. Bank akan dengan mudah memeriksa rekening dan proses pengajuan jadi lebih cepat.

  1. Ajukan di bank cabang tempat domisili anda

Bila KTP anda di Serang, usahakan untuk mengajukan juga di cabang Serang. Supaya kans untuk diterima lebih besar.

Sudah cukup jelaskah sekarang? Freelancer tidak usah patah arang dulu sebelum mencoba. Kalau anda memang butuh sekali kartu kredit, tidak ada salahnya mencoba mengajukan. Sekarang, bank semakin terbuka untuk siapapun bisa mengajukan kartu kredit, jadi tunggu apalagi? Ditambah kalau mendaftar kartu kredit, ada banyak promo seru yang ditawarkan oleh bank lho, seperti HSBC yang menawarkan promo cashback di gerai MAP berikut ini:

 

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Bikin Kartu Kredit untuk Para Freelancer

Kris 13 February 2017

Min, kalo freelancer pendapatan per bulan 10-20jt, pengen ajuin CC ke BCA karena saya nasabah disana selama 15th, kira2 tembus ngga ya? Teman saya freelancer juga penghasilan per bulan 40-50jt ditolak soalnya, entah mengapa, tapi dia di Mandiri diterima. Pengen ngajuin tapi masih ngga PD. hahaha

admin 13 February 2017

Hai Kris,

Kamu percaya diri aja coba ajukan ke BCA, nilai plus kamu kan nasabah aktif BCA sudah 15 tahun, harusnya BCA bisa melihat riwayat rekening BCA kamu yang sudah 15 tahun tersebut. Kalau kelihatan aktif rekeningnya (ada aliran dana keluar-masuk) mestinya jadi pertimbangan bagus. Kalau udah seperti itu dan gak diterima, kamu bisa coba bank lain yang tidak terlalu ketat peraturannya :).

Artikel Terkait