Bilamana Kartu Kredit Tertelan di Mesin ATM

Pernah mengalami kartu kredit tertelan di mesin ATM? Sebetulnya tidak hanya kartu kredit, kartu debit maupun kartu ATM bisa juga tertelan di mesin ATM. Ya, masalahnya bukan di jenis kartunya, tapi memang di mesin ATM nya.

Penyebab kartu tertelan

Penyebab kartu tertelan, entah itu kartu kredit, kartu debit maupun kartu ATM, ada beberapa macam, tetapi yang umum ada 3, yaitu:

  1. Karena terlalu lama tidak mencabut kartu

    Ini yang sering disepelekan, sehabis mengambil uang, langsung menghitung uang, tanpa sadar bahwa kartu sudah keluar dan harus segera ditarik. Kalau tidak segera ditarik, kartu akan kembali masuk ke dalam dan tidak keluar lagi alias tertelan!

    Nah bagaimana kalau sudah begitu?!

  2. Karena ATM eror/hang, listrik tiba-tiba mati

    Karena lagi apes, ditengah-tengah transaksi via mesin ATM, ternyata ‘pett!’ listrik mati! Duh, langsung deh itu kartu kredit/debit/ATM bakal tertelan dan tidak keluar-keluar lagi. Siap-siap telpon ke CS Bank ini…

  3. Karena sering salah memasukkan PIN kartu

    Pas mungkin anda sedang banyak pikiran, sehingga tanpa sadar salah memasukkan PIN yang salah hingga 3 kali! Wah, ini juga bisa jadi biang keladi kartu kredit/debit/ATM tertelan di mesin ATM dan tidak akan kita lihat lagi, hiks…

Bagaimana solusinya?

Lalu, kalau sudah telanjur tertelan kartu kreditnya bagaimana?

  1. Jangan Panik!

    Peraturan pertama dalam menghadapi kartu kredit/debit/ATM yang tertelan adalah tenang dan jangan panik!

    Ketika panik, pikiran jadi tidak tenang dan ini mempengaruhi langkah selanjutnya.

  2. Telpon CS Bank penerbit kartu

    Kalau sudah tenang, segera cari contact person/call center bank penerbit kartu kredit/debit/ATM anda. Ingat ya, bank penerbit, bukan ATM bank tempat anda mengambil uang.

  3. Minta pemblokiran kartu kredit/debit/ATM

    Kalau sudah ketemu, segera telpon, usahakan pulsa cukup, sediakan minimal pulsa 20ribu, karena biasanya telpon ke CS bank itu lama.

    Mengapa?
    Karena biasanya CS bank akan menanyakan data diri anda dulu untuk validasi. Baru kemudian menanyakan kartu kredit/debit/ATM anda. Ini akan memakan waktu hingga anda ke inti masalah, meminta pemblokiran kartu kredit/debit/ATM.

    Kenapa diblokir?
    Iya, karena kartu yang sudah tertelan di mesin ATM, bagaimanapun tidak akan kembali lagi ke anda. Jalan satu-satunya supaya aman adalah memblokirnya supaya tidak disalahgunakan, kemudian anda meminta kartu baru.

Nah, untuk penggantian kartu baru juga ada prosedurnya, silakan tanyakan ketika telepon ke CS Bank J.

 


Komentar untuk Bilamana Kartu Kredit Tertelan di Mesin ATM

Related Article
Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah, tak hera...
Paypal merupakan akun virtual yang digunakan untuk...
Masyarakat Indonesia sudah semakin banyak yang ber...