Bingung Bayar Uang Kuliah? Coba Pakai KTA!

Dari tahun ke tahun, biaya kuliah semakin naik. Padahal, besar gaji tak juga kunjung naik, lalu ketika anak anda ingin kuliah, bagaimana solusinya?

Bila ingin mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan seperti bank atau koperasi, ada banyak produk pinjaman yang ditawarkan, sehingga di sini anda harus selektif dalam memilih jenis pinjaman yang paling pas dan tidak membebani anda dalam pelunasan nantinya.

Bicara soal pinjaman bank, ada satu jenis pinjaman yang bisa dicoba, yakni KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Kredit Tanpa Agunan adalah kredit tanpa adanya jaminan. Jadi, sertifikat tanah, sertifikat rumah, atau BPKB kendaraan anda tidak perlu anda keluarkan dan dijaminkan ke bank untuk mendapatkan uang pinjaman dalam jumlah besar, seperti yang biasa terjadi dalam kredit multiguna.

Baca juga:

Tetapi, biarpun biaya kuliah semakin mahal, masih dirasa berlebihan bila sampai mengajukan kredit sekelas kredit multiguna. Di lain pihak, kartu kredit dengan limit minim juga tidak akan mencukupi. Oleh karena itu, Kredit Tanpa Agunan adalah pilihan paling tepat untuk masalah pembiayaan kuliah anak. Selain menguntungkan karena tidak perlu adanya jaminan, limit juga lumayan besar, serta bunga yang lumayan stabil.

Skema pinjaman KTA

Anda adalah seorang karyawan dengan gaji 4-5 juta. Setiap bulannya, anda harus mengeluarkan sekitar 2-3 juta untuk kebutuhan rumah tangga. Padahal, anda memiliki anak yang akan segera masuk kuliah, dan membutuhkan banyak biaya.

Misalnya saja anda memiliki kartu kredit dengan limit 10 juta, maka limit yang mungkin anda dapat bila mengajukan KTA adalah 4 kali dari limit kartu kredit, itu artinya sekitar 40 juta. Lalu anda mengajukan KTA 40 juta, tapi ternyata yang disetujui bank adalah sebesar 30 juta. Itu lebih dari cukup untuk biaya masuk kuliah anak anda (kecuali jika anak anda kuliah di Fakultas Kedokteran, kemungkinan bisa lebih).

Untuk pelunasan cicilan KTA, simak perhitungan di bawah ini:

Total pinjaman = 30 juta
Biaya administrasi = 500 ribu
Uang yang diterima = Total pinjaman - biaya administrasi : 
  = 29,5 juta
Perhitungan bunga dan cicilan setiap bulannya  
Bunga =  1% per bulan
Masa cicilan/tenor =  24 bulan
Cicilan per bulan = 30.000.000:24
  = 1.250.000
Bunga cicilan = (24%x30.000x2):24
  = 600.000
Total cicilan per bulan = 1.250.000+600.000
  = 1.850.000/bulan
Bagaimana? Tertarik untuk mengajukan pinjaman KTA? Kalau begitu pastikan anda memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Ajukan kartu kredit--> klik di sini untuk caranya.


Komentar untuk Bingung Bayar Uang Kuliah? Coba Pakai KTA!

Related Article
Internet kini bukan hanya digunakan untuk mencari ...
Pengajuan kartu kredit sering dinilai gampang-gamp...