Bisakah Kita Lapor Masalah Kartu Kredit ke OJK?


Bisakah Kita Lapor Masalah Kartu Kredit ke OJK? Rating : 0/5 (0)

Pernahkah anda melihat logo OJK terpampang di sebuah situs keuangan (bank misalnya)? Jika pernah, tahukah anda apa itu OJK, dan apa fungsinya di dunia perbankan pada khususnya, dan finansial pada umumnya?

Apa itu OJK?

OJK merupakan kependekan dari Otoritas Jasa Keuangan, yakni sebuah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengawasi keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan (perbankan, trading saham, trading valas (forex), dsb).

Apa Fungsi OJK?

OJK berfungsi sebagai lembaga pengawas yang independen. Ia menyelenggarakan sistem pengaturan, serta pengawasan terintegrasi kepada seluruh kegiatan yang termasuk dalam sektor jasa keuangan.

Tujuannya untuk:

  1. Aktivitas keuangan dapat terselenggara dengan teratur, adil, transparan, dan akuntabel.
  2. Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh berkelanjutan dan stabil.
  3. Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Dasar hukum dibentuknya OJK adalah UU Nomor 21 tahun 2011. Oleh karena ia lembaga yang independen, maka OJK sudah sewajibnya bebas dari campur tangan pihak lain dalam melaksanakan fungsi, tugas, serta wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.

Baca juga: HSBC Platinum Cashback, Hadirkan Cashback Terbaik!

Pada praktiknya, OJK didirikan untuk menggantikan peran Bapepam-LK dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, dan juga menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, sekaligus untuk melindungi konsumen-konsumen di industri jasa keuangan.

Kaitan OJK dengan Dunia Perbankan

Konsumen-konsumen di industri jasa keuangan adalah masyarakat umum yang menikmati atau menggunakan jasa keuangan seperti trading saham, valas, maupun perbankan. Maka dari itu, bila konsumen mendapatkan kerugian dari layanan yang ia gunakan, sedang negosiasi dengan pihak penyedia jasa layanan tidak berhasil, maka ia bisa saja melapor ke OJK sebagai lembaga pengawas penyedia jasa layanan.

 

Contoh kasus:

Anda memiliki kartu kredit dari Bank A. Suatu ketika anda mendapati bahwa kartu kredit anda hilang dicuri orang, dan digunakan untuk bertransaksi. Sementara transaksi dengan kartu kredit curian tersebut berhasil dan terverifikasi valid. Bukti anda hanyalah tanda tangan si pencuri yang tidak sama dengan tanda tangan anda.

Anda berusaha melaporkan ini kepada pihak bank, dan ternyata pihak bank tetap tidak menerima laporan maupun klaim anda, dan tetap mewajibkan anda untuk membayar cicilan atas transaksi kartu kredit yang tidak anda lakukan.

Baca juga: Dapatkan Asuransi Gratis dari AXA Life untuk Pemegang Kartu Kredit

Anda merasa putus asa dan tidak puas dengan keputusan bank penerbit kartu kredit anda, maka anda bisa saja melaporkan hal ini kepada pihak yang lebih tinggi wewenangnya, yakni OJK. Bawalah bukti-butki yang kuat dan laporkan dengan detail keluhan anda kepada pihak bank ke pihak OJK. OJK akan membantu permasalahan anda dengan bank.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Bisakah Kita Lapor Masalah Kartu Kredit ke OJK?

Artikel Terkait