BNI Alami Gangguan Transfer, Nasabah Beramai-ramai Lapor


BNI Alami Gangguan Transfer, Nasabah Beramai-ramai Lapor Rating : 0/5 (0)
BNI alami gangguan transfer sedari kemarin. Akibatnya, ratusan nasabah melaporkan kejadian tersebut dan menjadi viral di dunia maya. Nasabah Bank BNI mengaku transfer dana dari rekening BNI ke rekening BCA lah yang mengalami kendala.

Seorang nasabah BNI yang menjadi narasumber Pilihkartu, bercerita bahwa ia melakukan transfer melalui ATM Link ke rekening BCA. Ketika selesai transfer, kartu ATM langsung keluar dari mesin dan mesin tidak mengeluarkan struk. Ketika memeriksa ke rekening BCA tujuan transfer, ternyata tidak ada dana yang masuk.

Nasabah Bank Lain Juga Tidak Bisa Transfer ke Rekening BNI


Hal sebaliknya pun berlaku, ketika nasabah bank lain ingin melakukan transfer ke rekening BNI, transaksi selalu dinyatakan gagal. Kejadian ini sontak membuat laman akun media sosial bank plat merah tersebut ramai diwarnai keluhan.

BNI Membantah Adanya Gangguan

Dikutip dari Tempo, Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Dadang Setiabudi justru membantah dan mengatakan sistem operasional bank sedang baik-baik saja. "Tidak ada, saat ini sistem BNI baik-baik saja," ujarnya, kepada Tempo, Kamis, 6 Desember 2018.

Lebih lanjut, Dadang menyatakan bahwa kendala transaksi antarbank yang terjadi tersebut disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem switching, yang merupakan perusahaan perantara transaksi antarbank.

"Hanya terjadi pada salah satu bank nasional saja yang tidak dapat dilakukan, ini karena terdapat gangguan pada sistem switching."

Alhasil sejumlah pihak merasa dirugikan akan kejadian tersebut. Beberapa nasabah memutuskan untuk menghubungi customer service BNI 1-5000-46 tapi terdengar nada sibuk. Akhirnya beberapa nasabah tersebut mendatangi kantor cabang BNI dan diminta menunggu 7 hingga 14 hari kerja.

Bukan yang Pertama Kalinya

Usut punya usut, kejadian di atas bukanlah yang pertama kali terjadi. Pasalnya, pada pertengahan tahun, yakni bulan Juni 2018 BNI sempat mengalami masalah serupa.

Sejumlah nasabah mengalami gangguan transfer dimana dana yang mereka transfer tidak masuk ke bank tujuan, sementara dana di rekening sudah terdebet. Permasalahan masih sama, ganguan transfer antar bank.

Permasalahan tersebut diatasi dengan melakukan percepatan proses rekonsiliasi data transaksi antar bank. Hal tersebut dengan tujuan agar dana nasabah segera dapat dibukukan dan diselesaikan dengan baik.

Selain itu, BNI juga mengumumkan beberapa langkah agar kejadian di bulan Juni 2018 tidak terulang, yakni:
1. Melakukan health check rutin terhadap seluruh system (termasuk di dalamnya e-channel).
2. Secara terus-menerus melakukan pemantauan dan penyesuaian kapasitas system.
3. Melakukan monitoring selama 24×7 terhadap semua system terkait.
Demikan bunyi penjelasan lengkap yang disampaikan Direktur Teknologi dan Informasi BNI, Dadang Setiabudi.

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk BNI Alami Gangguan Transfer, Nasabah Beramai-ramai Lapor

Artikel Terkait