Cara Cek Limit Kartu Kredit BNI via ATM


Cara Cek Limit Kartu Kredit BNI via ATM Rating : 0/5 (0)

Khusus pengguna kartu kredit baru yang sering kebingungan cara cek limit kartu kredit, maka kali ini pilihkartu akan memberikan informasi cara cek limit kartu kredit BNI via ATM. Meski khusus untuk kartu kredit BNI, tapi bukan tidak mungkin ini bisa diterapkan untuk kartu kredit lain karena biasanya hampir sama.

Untuk lebih jelasnya, langkah-langkah untuk cek limit kartu kredit BNI via ATM adalah:

1.Cari ATM BNI

Mengapa sebaiknya ATM BNI? Jika kartu kredit BNI maka memang sebaiknya anda datang ke ATM BNI, karena umumnya tidak akan ada biaya yang dikenakan untuk penggunaan layanan ATMnya.

Sementara jika kartu kredit anda BNI, tapi anda masukkan ke ATM BCA, bisa juga, hanya saja aka nada biaya yang dikenakan. Hal yang sama berlaku untuk kartu kredit lainnya, gunakan ATM BRI jika kartu kredit anda adalah BRI, untuk menghemat biaya pemakaian ATM.

2. Masukkan Kartu Kredit BNI ke slot kartu

Siapkan kartu kredit BNI ada, lalu masukkan ke slot kartu yang tersedia di ATM. Ingat jangan sampai terbalik dalam memasukkan kartu kredit. Posisi yang benar adalah magnetic stripe berwarna hitam ada di bawah.

3. Masukkan PIN kartu kredit

Pastikan kartu kredit BNI anda telah aktif dan memiliki PIN. Masukkan PIN kartu kredit anda.

Untuk anda yang belum memiliki PIN kartu kredit BNI, anda bisa meminta PIN sementara dengan cara SMS ke 3346, format SMS RPIN (16 digit kartu kredit, tanpa spasi) (tanggal lahir, format: ddmmyyyy). Sistem akan mengirimkan PIN sementara, segera gunakan PIN sementara untuk masuk ke ATM dan segera ganti dengan PIN kartu kredit baru.

4. Pilih menu ‘Informasi Saldo’

Setelah anda berhasil masuk, layar akan menampilkan beberapa menu utama, di situ pilihlah menu ‘Informasi Saldo’.

5. Pilih menu ‘Informasi Saldo kartu kredit/Debitplus/debit BNI’

Setelah itu, pilih menu ‘informasi saldo kartu kredit/Debitplus/Debit BNI’ untuk menampilkan saldo kartu kredit BNI anda.

6. Layar akan menampilkan saldo kartu kredit anda

Layar monitor di ATM akan langsung menampikan informasi kartu kredit BNI anda berupa: Tanggal cetak tagihan, total tagihan, pembayaran minimum (bila anda ingin membayar minimum), tanggal jatuh tempo, jumlah pemakaian kartu kredit, dan dana tersedia di kartu kredit (saldo kartu kredit).

Baca juga: 5 Cara Pembayaran Tagihan Kartu Kredit

Selain ditampilkan, ATM juga akan langsung mencetak informasi tersebut ke dalam struk ATM seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 1.  Struk ATM BNI - Informasi Saldo Kartu Kredit BNI

Cara cek limit kartu kredit via ATM ini hanya sebatas menampilkan informasi secara total transaksi kartu kredit anda, dan ia tidak bisa menampilkan riwayat transaksi kartu kredit. Untuk mengetahui riwayat transaksi kartu kredit, biasanya ada aplikasi yang disertakan oleh penerbit kartu, hanya saja tidak semua bank menyediakan. Misalnya, aplikasi DCard Mobile dari Bank Danamon yang bisa melihat riwayat transaksi kartu kredit.

Ada juga SMS banking kartu kredit, dan ini harus diaktifkan. Prosesnya, setiap ada transaksi dilakukan dengan kartu kredit anda, maka anda bisa melacaknya dengan sms notifikasi yang dikirimkan ke handphone anda.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Cara Cek Limit Kartu Kredit BNI via ATM

Artikel Terkait