Cara Cek Limit Kartu Kredit setelah Dipakai

Setiap bank memiliki cara untuk cek limit kartu kredit sisa setelah dipakai untuk transaksi. Antara bank yang satu dengan bank yang lainnya bisa berbeda-beda. Apalagi sekarang ada banyak sekali teknologi yang dikembangkan bank untuk memudahkan nasabah menggunakan layanan-layanan yang dipunyai.

Sebagai catatan sebelum memeriksa limit, ada satu cara terbaik yang bisa anda manfaatkan ketika memeriksa sisa limit kartu kredit. Supaya lebih jelas, mari kita perhatikan skenario di bawah ini:

Pak Doni memiliki kartu kredit dengan limit 5 juta. Bulan ini dia telah menggunakan kartu kreditnya untuk membeli handphone senilai 2 juta rupiah. Di sini, setelah menggesek kartu kreditnya untuk pembelian handphone, biasanya bank akan otomatis mengirimkan notifikasi via sms ke handphone, mengenai transaksi yang baru saja dilakukan beserta dengan informasi sisa limit kartu kreditnya.

Dua minggu kemudian, Pak Doni ingin menggunakan kartu kreditnya untuk transaksi lagi, tapi ia lupa berapa sisa limit kartu kreditnya, sementara sms notifikasi telah terhapus dari handphonenya. Pak Doni bisa langsung menghubungi CS kartu kreditnya dan menanyakan berapa sisa limit yang sebenarnya.

Sebetulnya ada beberapa cara untuk memeriksa sisa limit kartu kredit, diantaranya:

  1. SMS

Setelah selesai bertransaksi, bank akan otomatis mengirimkan detil transaksi melalui SMS pemberitahuan. Tapi, pada beberapa kasus terkadang notifikasi ini tak juga kunjung diterima oleh pemegang kartu, sehingga sebaiknya langsung dikonfirmasikan ke pihak bank melalui telepon.

Mengapa?

Terkadang, bank belum mencatat transaksi yang baru saja dilakukan, sehingga pemegang kartu kredit bisa saja mengira limitnya masih utuh, padahal sejatinya sudah terpakai. Jika demikian, pemegang kartu yang tidak mengerti akan hal ini akan menggunakan lagi kartu kreditnya terus menerus, buruknya nanti bisa-bisa kena overlimit deh.

  1. Aplikasi mobile banking

Beberapa bank yang sudah sangat profesional dalam urusan servis terhadap nasabah, biasanya menyediakan aplikasi mobil banking yang bisa diunduh oleh pemegang kartu dan menginstallnya ke smartphone masing-masing.

Dengan mobile aplikasi, pemegang kartu kredit bisa mengelola akunnya sendiri serta melihat bagaimana kondisi pemakaian kartu kreditnya.

Tapi, tidak semua bank menyediakan aplikasi seperti ini, jadi perlu digarisbawahi juga bila ingin menggunakan layanan semacam ini. Periksa dulu apakah bank penerbit kartu kredit anda menyediakan aplikasi semacam ini.

  1. Telepon

Telepon memang terlihat sebagai metode konvensional. Berbicara langsung dengan customer service kartu kredit terasa ribet dan akan memakan banyak biaya (pulsa). Tapi, untuk urusan kartu kredit Pilihkartu justru menyarankan untuk menelpon langsung.

Ini demi memastikan betul-betul mengenai sisa limit kartu kredit anda ada berapa. Anda bisa menelepon CS kartu kredit anda dan menanyakan langsung berapa sisanya bila ternyata tidak juga mendapat sms notifikasi, atau bila kartu kredit anda tidak tersedia layanan mobile banking untuk kartu kredit.

Bagaimana? Masihkah anda bingung bagaimana cara cek sisa limit kartu kredit? Informasi di atas semoga cukup memberikan pencerahan untuk anda gunakan dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit ya.


Komentar untuk Cara Cek Limit Kartu Kredit setelah Dipakai

Related Article
Mudik adalah tradisi wajib setiap lebaran tiba. Ju...
Paypal merupakan akun virtual yang digunakan untuk...
Salah satu yang masuk ke dalam rancangan masa depa...