Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online


Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online Rating : 5/5 (0)

Pajak Kendaraan Bermotor merupakan jenis pajak yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Kalau sampai lupa, bisa-bisa kena denda yang lumayan besar meski telat sehari saja. Pajak kendaraan bermotor yang dibayarkan setahun sekali tersebut, kadang memang terlewatkan, bisa jadi karena si pemilik kendaraan lupa tanggal jatuh tempo, dan lupa juga berapa nominal pajak yang harus dibayar.

Tapi sekarang ini, pemilik kendaraan bermotor tak perlu lagi khawatir bila lupa nominal pajak kendaraan yang harus dibayarkannya. Pasalnya, sekarang ini samsat di beberapa daerah di Indonesia telah menyediakan layanan untuk mengecek pajak kendaraan bermotor secara online, berikut adalah daftarnya:

1. Jakarta

Anda yang kendaraan bermotornya terdaftar di samsat wilayah DKI Jakarta, bisa memeriksa besar pajak kendaraan anda melalui halaman http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB . Untuk menggunakannya, anda harus mengisi formulir kemudian, masukkan kode, klik ‘Proses’ maka halaman akan menampilkan informasi pajak kendaraan bermotor anda.

Perlu dicatat bahwa nominal pajak yang ditampilkan belum termasuk pajak progresif dan denda bila lewat jatuh tempo.

2. Jawa Barat

Anda yang berada di wilayah Jawa Barat bisa memeriksa pajak kendaraan bermotor secara online di situs http://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ , situs tersebut memberikan informasi lengkap mengenai pajak kendaraan bermotor. Akan tetapi untuk bisa memeriksa pajak kendaraan bermotor masih harus menggunakan layanan SMS.

3. Jawa Tengah

Jawa Tengah juga memiliki situs untuk memeriksa pajak kendaraan bermotor secara online, yaitu di alamat http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ . Untuk menampilkan informasi pajak kendaraan bermotor, pemilik kendaraan hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang dimiliki kemudian klik ‘Submit’.

Laman akan menampilkan pajak normal kendaraaan bermotor, belum termasuk pajak progresif dan denda bila lewat jatuh tempo.

4. Yogyakarta

Hampir sama seperti daerah lainnya di pulau Jawa, anda yang memiliki kendaraan bermotor dengan plat AB bisa memeriksa pajak kendaraan bermotor secara online, melalui situs yang disediakan oleh samsat Yogyakarta.

Caranya adalah dengan masuk ke laman http://infonjkbdiy.com/ kemudian masukkan nomor polisi kendaraan anda, kemudian klik submit dan laman akan menampilkan informasi pajak utama, belum termasuk pajak progresif dan besar denda bila melewati tanggal jatuh tempo.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online

Artikel Terkait