Cara Cerdas Memanfaatkan Cicilan 0% Kartu Kredit


Cara Cerdas Memanfaatkan Cicilan 0% Kartu Kredit Rating : 5/5 (2)
Selama ini, dari hasil survey yang dilakukan oleh pilihkartu hampir 90% user memilih cicilan 0% sebagai kategori promo yang paling mereka cari. Lalu, sudahkah anda mengetahui cara cerdas memanfaatkan cicilan 0% pada kartu kredit?

Yang dimaksud dengan cicilan 0%

Cicilan 0% merupakan skema pembayaran transaksi melalui sistem kredit, tanpa adanya bunga sama sekali. Karena tidak ada bunga sama sekali, cicilan 0% menjadi pilihan favorit para pemegang kartu kredit.

Hati - hati Program Cicilan 0%

Apa sajakah yang termasuk ke dalam cicilan 0% kartu kredit?

1. Barang elektronik dan gadget


Cicilan 0% kartu kredit meliputi banyak hal, tidak terbatas pada benda-benda mahal saja. Pemegang kartu kredit yang terutama menyukai gadget dan elektronik, umumnya akan sangat terbantu dengan adanya program cicilan 0% dari kartu kredit. Harga barang elektronik yang relatif mahal akan menjadi ringan dengan adanya sistem pembelian metode kredit tanpa bunga.

2. Tiket pesawat

Ini untuk mereka yang gemar bepergian, atau memang pekerjaannya berhubungan dengan mobilitas yang tinggi, sehingga kebutuhan akan tiket pesawat sangat tinggi. Tiket pesawat yang mahal dapat dibeli dengan metode cicilan 0% kartu kredit, tentunya dengan merchant yang bekerjasama.

3. Hotel

Sama halnya dengan tiket pesawat, seorang pelancong tentu membutuhkan hotel maupun penginapan. Di luar negeri, kartu kredit lebih mudah diterima sebagai alat pembayaran transaksi. Apalagi dengan adanya cicilan 0% kartu kredit, tentu biaya hotel yang mahal dibayar dengan mencicil selama waktu tertentu akan meringankan beban pembayaran.

4. Rumah sakit

Biaya rumah sakit yang mahal terkadang membuat seseorang kesulitan untuk membayarnya secara cash. Semisal memang belum ada uang tunai sejumlah biaya rumah sakit yang ditagihkan, kartu kredit dapat menjadi alternatif jalan keluar. Apalagi sekarang pihak bank penerbit kartu kredit juga bekerjasama dengan bank untuk memberikan fasilitas cicilan 0%.

5. Klinik perawatan kecantikan

Klinik perawatan kecantikan juga sering mengadakan kerjasama dengan pihak bank penerbit kartu kredit untuk memberikan fasilitas cicilan 0%. Selain menguntungkan kepada pelanggan setianya, fasilitas promo cicilan 0% semacam ini akan menjadi daya tarik bagi calon-calon pelanggan baru kartu kredit, maupun klinik kecantikan yang bekerjasama tersebut.

Promo Cicilan 0% Hingga 6 Bulan di Fashion Outlet Terkemuka

Bagaimana bersikap cerdas dalam memanfaatkan cicilan 0% kartu kredit?

Karena banyaknya program cicilan 0% yang ditawarkan pihak bank dan merchant, sedikit banyak ini memicu pola konsumtif dalam diri seseorang, yang jika tidak dikendalikan akan merugikan si pemegang kartu.

Di bawah ini adalah sikap yang sebaiknya dilakukan agar tidak terjebak pola konsumtif dari adanya cicilan 0%:

1. Sesuaikan kebutuhan

Apa yang anda butuhkan, maka itulah yang anda beli. Langkah selanjutnya baru mencari apakah ada promo cicilan 0% untuk barang yang anda butuhkan tersebut.

Jangan sampai terbalik, anda membeli barang hanya karena ‘mumpung’ ada program cicilan 0% nya. Setelah barang terbeli, anda tidak tahu kegunaan barang tersebut untuk anda.

2. Tanya dengan detil mengenai program cicilan 0% yang ditawarkan

Ketika berbelanja secara online, calon pembeli tinggal melihat deskripsi yang telah disertakan dalam halaman detil barang yang akan ia beli.

Jika menghadapi hal tersebut, tanyakanlah secara detil mengenai program cicilan 0% yang sedang dilaksanakan. Biasanya ada nomor telepon yang bisa dihubungi ataupun fitur live chat pada halaman tersebut.

Tanyakan apakah benar-benar cicilan 0%, apakah akan ada biaya-biaya tambahan lainnya, semua harus dipastikan dengan jelas supaya anda tidak merasa ditipu.

Cicilan 0% di Informa Store dengan Kartu Kredit CIMB Niaga

3. Membayar tagihan tepat waktu

Selanjutnya, jika proses transaksi pembelian barang dengan program cicilan 0% kartu kredit telah berhasil, pastikan anda ingat kewajiban selanjutnya, yaitu membayar tagihan.

Percuma jika berhasil membeli dengan cicilan 0%, tetapi tagihan tidak tepat waktu atau bahkan tidak anda bayarkan sama sekali. Tentu saja beban anda akan bertambah.

Oke sobat, itu dia cara cerdas memanfaatkan cicilan 0% kartu kredit. Semoga informasi ini membantu. Selamat berburu cicilan 0% ya!

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Cara Cerdas Memanfaatkan Cicilan 0% Kartu Kredit

Bayu 02 October 2018

(5)
Halo tim pilihkartu.com, Saya ingin bertanya mengenai cicilan 0%, karena saya masih sangat awam dalam hal ini. saya belanja gadget dengan menggunakan cicilan 0% kartu kredit per tanggal 30 September kemarin, kapan saya mulai cicil angsuran saya yg pertama? Apakah pd saat tgl cetak? atau bisa lebih awal? atau sesuai tgl pembelian? Mohon infonya

admin 02 October 2018

Mulai cicil ya ketika tagihannya datang, diperiksa saja kapan tanggal cetak tagihannya.

Andre 27 July 2018

(5)
Siang tim pilihkartu.com, Mau tanya, kalau misalkan saya punya limit kartu kredit 10jt/bln, dan tanggal cetak tanggal 10 setiap bulannya. Kemudian saya mau belanja gadget dan jadikan cicilan 0%. Anggap harga gadget tersebut Rp 6jt dan cicilan 0% untuk 6 bulan, jadinya angsuran per bulan adalah 1jt/bln. Asumsi tanggal transaksi gadget tersebut adalah tanggal 30 Juli ini, yang dmn masih ada 10 hari sebelum tanggal cetak. Kalau misalkan pihak Kartu Kredit langsung konversi tagihan tersebut menjadi cicilan Rp 1jt di tanggal 2 Agustus, dan saya langsung bayar 1jt di tanggal 3 Agustus (yang kemudian berarti limit saya jadi 11 juta, betul?), apa berarti pada saat tanggal cetak tagihan di tanggal 10 Agustus tagihan saya harusnya Rp 0 (asumsi tidak ada biaya cetak dan materai)? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

admin 27 July 2018

1. Tanggal transaksi 30 Juli, tanggal konversi 2 Agt? Apakah ini belinya secara gesek di toko atau online di e-commerce?
2. Kalau online, maka lama konversi ke cicilan tergantung e-commercenya tapi tetap saja saat beli limit cc terdebet seharga gadgetnya, kalau gesek langsung maka biasanya 1x24 jam harus telepon ke bank untuk konversi ke cicilan.
3. Kalau tanggal transaksi 30 Juli, artinya tanggal tersebut limit kartu kredit anda sudah terdebet 6 juta, jadi limit anda sisa 4 juta dan ini dilock biasanya kalau transaksinya cicilan
4. Dilock artinya, ketika limit anda sisa 4 juta, maka sebelum tagihan dicetak (yang mana tgl 10 tiap bulan) anda setor 1 juta, maka itu akan disimpan dan ketika waktu bayar tagihan, baru akan dipotong untuk bayar cicilan 1jt/bulan
5. Intinya, ketika tgl 30 Juli anda transaksi beli gadget, maka tanggal itulah limit cc anda terdebet, jadi tidak mungkin di tanggal cetak 10 Agt tagihannya Rp 0

Artikel Terkait