Cara Meminta Kenaikan Limit Kartu Kredit ke Bank

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki kartu kredit dengan limit dasar atau limit paling rendah. Ini wajar, karena bank umumnya memberikan limit kepada kartu kredit pertama mulai dari limit paling rendah, selain karena faktor gaji juga.

Limit dasar kartu kredit paling rendah berada di kisaran 4 juta rupiah. Untuk pemula dalam memegang kartu kredit, biasanya limit 4 juta adalah limit ideal. Ini supaya pemegang kartu kredit tidak lantas terlena dengan limit besar, padahal belum terbiasa dengan pola hidup dengan adanya kredit.

Semakin lama, bila pemegang kartu semakin pandai dalam mengelola hutang, serta riwayat kreditnya bagus, maka bank mengijinkan untuk meminta kenaikan limit. Dan tak sedikit yang memang meminta kenaikan limit, karena makin lama kebutuhan mereka semakin membutuhkan limit kartu kredit yang lebih besar.

Nah, ini dia pertanyaan yang sering diajukan oleh para pemegang kartu kredit, 'Bagaimana cara meminta kenaikan limit kartu kredit?'. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pilihkartu telah memiliki jawabannya, di bawah ini adalah prosedur umum untuk meminta kenaikan limit kartu kredit ke bank.

1. Telepon ke Customer Service

Pertama-tama, untuk meminta kenaikan limit ke bank, teleponlah customer service kartu kredit anda dan utarakan keinginan anda untuk meminta kenaikan limit kartu kredit.

Semisal anda memiliki kartu kredit BNI, teleponlah ke call center kartu kredit BNI. Nomoer teleponnya? Mudah saja anda bisa mencarinya di situs resmi Bank BNI. Ketika telepon, biasanya anda tidak akan langsung disambungkan dengan operatornya oleh karena itu sebaiknya pastikan pulsa anda cukup untuk menelepon dengan jangka waktu yang lumayan lama. Bila keberatan karena mahal jika telepon menggunakan pulsa handphone, sebaiknya gunakan telepon rumah.

Ketika telepon, utarakan keinginan anda untuk menaikkan limit. Biasanya operator bank kemudian akan memberikan arahan lengkap bagaimana prosedur untuk meminta kenaikan limit ke bank. Beberapa bank bisa saja berbeda dalam memberikan syarat kepada nasabah kartu kreditnya.

2. Siapkan dokumen yang diminta

Pada beberapa bank, umumnya ada syarat dokumen yang harus dilampirkan. Syarat-syarat dokumen yang diminta untuk kenaikan limit biasanya tidak jauh berbeda dengan syarat ketika mengajukan kartu kredit baru.

Dokumen-dokumen yang disyaratkan untuk dilampirkan tersebut biasanya meliputi fotokopi KTP, slip gaji terbaru, NPWP, dan fotokopi tampak depan kartu kredit.

3. Kirim email permintaan kenaikan limit

Bila dokumen yang disyaratkan telah siap semua, kini saatnya anda mengirimkannya ke bank. Perlu dicatat, prosedur untuk meminta kenaikan limit kartu kredit umumnya bank menginginkan anda untuk mengirimkan email berisi permintaan kenaikan limit anda.

Baca juga:

Pada beberapa bank, isi email kurang lebih alasan anda meminta kenaikan limit (kebermanfaatan limit kartu kredit tersebut nantinya). Dalam email tersebut, masukkan juga berapa kenaikan limit yang anda inginkan. Maksimal kenaikan limit yang bisa diajukan adalah 100%, tetapi semua tergantung gaji anda juga.

4. Konfirmasi ke CS: telepon lagi

Bila email permintaan kenaikan limit telah anda kirimkan, telepon kembali customer service bank penerbit kartu kredit anda, dan laporkan bahwa anda telah mengirimkan email berisi permintaan kenaikan limit. Dengan begitu, bank bisa mengonfirmasi permintaan anda dengan lebih cepat, dan email anda akan segera diperiksa.

Baca juga:

Nah, sudah jelas bukan mengenai cara meminta kenaikan limit ke bank? Bagaimanapun, pastikan anda tidak gegabah dalam menggunakan limit yang sudah dinaikkan ya. Tetap bijak dan ikut terus tips-tips kartu kredit dari pilihkartu.


Komentar untuk Cara Meminta Kenaikan Limit Kartu Kredit ke Bank

Rusli 29 August 2016

Sy mau tambahkan limit kk

admin 29 August 2016

Halo Rusli, silakan langsung menghubungi bank penerbit kartu kredit anda ya :).

NN 19 August 2016

Wah terima kasih infonya ya, membantu sekali

admin 19 August 2016

Sama-sama ya :).
Related Article
Sering kali kita salah paham tentang fungsi sesung...
Kartu kredit memang sangat membantu kita di saat t...