Cara Menghitung Bunga Cicilan Kartu Kredit Rating : 0/5 (0)

Sedang ingin mencicil barang dengan kartu kredit? Bingung skema cicilan atau perhitungan bunganya? Kali ini Pilihkartu akan berbagi tips bagaimana cara mengitung bunga cicilan kartu kredit? Anda yang sedang bingung dengan skema penghitungan, yuk langsung disimak caranya berikut ini.

Apa saja yang ada dalam Cicilan Kartu Kredit?

Pertama-tama anda harus mengetahui beberapa istilah yang ada dalam cicilan kartu kredit, diantaranya adalah:

1. Installment

Installment merupakan Bahasa Inggris dari cicilan. Jadi bila anda menemukan kata installment tertera dalam sebuah barang, artinya barang tersebut bisa dicicil. Bagi yang belum terbiasa dengan istilah installment, mungkin sekarang anda bertambah kosakata bahwa installment adalah sama dengan cicilan.

Installment

2. Installment 0%, 1.5%, 1.9%, dst

Dimanapun, yang namanya cicilan pasti ada bunganya. Kredit motor pasti ada bunganya, kredit rumah atau kredit tanah juga ada bunganya. Kalau di jaman dahulu, orang mengkredit sesuatu yang nilainya mahal, sekarang dengan adanya kartu kredit urusan kredit barang yang lebih murah bisa dilakukan dan dengan cara yang mudah, tanpa jaminan pula.

Online shopping

Nah, oleh karena kredit atau cicilan dengan kartu kredit tidak diperlukan jaminan, maka wajar saja bila bunganya tinggi. Bunga yang dipatok bank untuk sistem kredit/cicilan kartu kredit ini bervariasi, mulai dari 0%, 1.5%, 1.9%, 3.2%, dan seterusnya.

3. Tenor

Dalam berbagai promo kartu kredit, terkadang kita temukan kalimat cicilan 0% tenor 3, 6, hingga 12 bulan. Apa sih yang dimaksud dengan tenor?

Tenor merupakan masa/jangka waktu cicilan kartu kredit. Tenor 3 bulan artinya jangka waktu mencicil adalah 3 bulan, dan seterusnya. Nah, tenor ini ada hubungannya dengan besar bunga kartu kredit yang dibebankan.

tenor kartu kredit

Semakin lama tenornya, maka semakin besar pula bunga yang dibebankan. Misalnya, jika anda membeli barang dengan cicilan 3 bulan, bunganya 1.9%, sementara jika dicicil 6 bulan bunganya jadi 2.8%, dan seterusnya.

Cara Mendapatkan Cicilan Kartu Kredit?

Ada 2 cara mendapatkan cicilan kartu kredit, yaitu:

1. Promo kartu kredit

Begitu populernya kartu kredit, tak lain disebabkan karena promonya yang begitu banyak. Salah satu promo yang paling dicari adalah promo cicilan 0%. Mengapa?

Contoh promo cicilan 0%

Promo cicilan 0% adalah promo dimana anda tidak akan dikenakan bunga sama sekali dalam mencicil. Jadi, anda tidak perlu membayar lebih mahal untuk barang yang anda cicil.

2. Telepon ke bank

Anda sangat menginginkan suatu barang, tapi keberatan jika harus membayar secara penuh tagihannya di akhir bulan nanti (full payment). Sementara itu, di sisi lain ternyata barang yang anda inginkan tersebut tidak ada promo alias mau tidak mau harus gesek di kasir secara penuh.

Telepon ke bank

Jika demikian, setelah menggesek di kasir secara penuh, segeralah telepon ke bank penerbit kartu kredit anda dan mintalah untuk diubah menjadi cicilan atas transaksi anda tersebut. Operator akan memberitahukan berapa masa cicilan yang tersedia (tenor) serta besar bunga untuk masing-masing tenor. Operator juga akan menghitungkan besar cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya beserta bunganya. Nah mudah bukan?

Baca juga: Promo Voucher Diskon Belanja Zalora 2017

Memang sih ada cara lain untuk mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan, hanya saja menelepon operator lebih aman dan lebih jelas. Ini untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Cara Menghitung Bunga Cicilan Kartu Kredit

Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara menghitung bunga cicilan kartu kredit. Baiklah kita misalkan bunganya 1.5% untuk tenor 6 bulan, khusus untuk iPhone 7 yang anda beli (hanya contoh).

Hitung bunga cicilan kartu kredit

Harga iPhone 7 misalnya 12.000.000 rupiah, tenor 6 bulan dan bunga 1.5%, maka berapa cicilan anda perbulannya?

Bunga dikenakan dari total harga barang, jadi:

12.000.000 x 1.5% = 180.000

Cicilan per bulan:

(12.000.000 / 6) + bunga = 2.000.000 + 180.000

 = 2.180.000/bulan selama 6 bulan.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Cara Menghitung Bunga Cicilan Kartu Kredit

Artikel Terkait