Cuti Bersama Tambah 4 Hari, Pengamat: Bisa Dorong Transaksi Kartu Kredit


Cuti Bersama Tambah 4 Hari, Pengamat: Bisa Dorong Transaksi Kartu Kredit Rating : 0/ 5 ( 0 )
Pemerintah merevisi Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020 dengan menambah cuti sebanyak 4 hari. Penambahan jatah cuti bersama ini disebut-sebut membuat libur lebaran tahun 2020 menjadi yang terlama kedua sepanjang sejarah liburan di Indonesia.

Kesepakatan revisi liburan ini tertuang di dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Nomor 174/2020 dan Nomor 1/2020 yang ditandatangani Kementerian PAN RB, Kemendagri, dan Kemenparekraf


Para karyawan tentu menjadi yang paling bersemangat dengan adanya tambahan cuti 4 hari ini. Tambahan jatah cuti 4 hari artinya waktu berkumpul bersama keluarga di rumah juga lebih panjang.

Bagi Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar, cuti bersama tambah 4 hari bisa mendorong masyarakat Indonesia agar mau liburan sehingga dengan sendirinya bisa mendorong penggunaan kartu kredit Bank Mandiri.

Apalagi dalam liburan pasti ada sektor-sektor lain yang ikut diuntungkan, misalnya saja kulineran, hotel, penginapan lokal, belanja, masuk ke area wisata, transportasi, dan lain sebagainya. Sehingga, dalam kegiatan liburan, ada kecenderungan masyarakat untuk spending lebih banyak dari biasanya.

Harapannya, dengan kecenderungan spending yang lebih banyak dari biasanya, peluang untuk meningkatkan jumlah dan volume transaksi kartu kredit Mandiri juga akan semakin besar. “Orang-orang bisa banyak liburan banyak belanja dengan harapan banyak yang gunakan kredit Bank mandiri," kata Royke di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Menguntungkan Perbankan, Menguntungkan Pedagang


Menurut Royke, kecenderungan spending yang lebih besar daripada hari biasa akan turut membantu para pedagang kecil untuk berkembang. Area-area wisata di daerah-daerah tempat para pedagang kecil mencari nafkah akan menjadi area yang penuh dengan pengunjung.

Orang-orang yang sehari-harinya hidup di kota dengan hiruk pikuk keramaian dan kemacetan kendaraan, tentu menginginkan suasana lain ketika liburan. Cuti bersama tambah 4 hari artinya waktu yang lebih panjang bagi orang-orang kota untuk liburan ke daerah-daerah yang lebih sepi, sejuk, dan tenang.

Lain dengan jatah cuti yang sedikit, membuat orang malas untuk liburan karena ada rasa ‘eman’ atau sayang waktu dan tenaga bila liburan hanya sebentar saja. Cuti bersama tambah 4 hari tentu jadi tambahan waktu yang pas agar bisa refreshing dengan keluarga secara lebih maksimal tanpa takut waktu dan tenaga habis di perjalanan liburan.

Cuti bersama tambah 4 hari, Menko PMK Muhajir Effendy: Untuk Berikan Dampak Positif bagi Perekonomian Nasional

Rencana pemerintah untuk menambah jatah cuti bersama 4 hari ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy. Menurutnya, rencana Cuti bersama tambah 4 hari ini bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Dengan demikian, semula libur 2020 berjumlah 20 hari, kini jadi 24 hari. Betul-betul menjadi jumlah libur terbanyak/terpanjang kedua sepanjang sejarah hari libur di Indonesia.

Cuti bersama tambah 4 hari, Ini Tanggalnya

Untuk kamu yang sudah merencanakan liburan lebaran nanti, siap-siap untuk memperpanjang jadwal menginapmu karena ada tambahan 4 hari libur. Ini dia tanggalnya:

Jadwal Cuti Bersama Lebaran

  • 22 Mei               : Cuti Bersama
  • 24 – 25 Mei        : Hari Raya Idul Fitri 1441H
  • 26- 27 Mei         : Cuti Bersama
  • 28 – 29 Mei        : Cuti Bersama Tambahan Hari Raya Idul Fitri 1441
  • 21 Agustus 2020 : Cuti Bersama Tambahan Tahun Baru Hijriah
  • 30 Oktober 2020 : Cuti Bersama Tambahan Maulid Nabi Muhammad SAW
"Ini merupakan keputusan rapat bersama dan ditandatangani menteri terkait," kata Muhadjir. 

 

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit?

Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Cuti Bersama Tambah 4 Hari, Pengamat: Bisa Dorong Transaksi Kartu Kredit

Artikel Terkait