Dua Teknik Kejahatan Melalui Kartu Kredit

Tindak kejahatan kartu kredit kini semakin merajalela. Pelaku kejahatan selalu mempunyai banyak cara untuk terus melakukan kejahatan. Untuk Anda pemegang kartu kredit, pahami bagaimana pelaku kejahatan kartu kredit melakukan opreasinya. Jika sudah memahami tentu Anda akan tahu apa yang harus dilakukan agar tidak menjadi korban kejahatan kartu kredit.

Langkah Aman Berkartu Kredit

Banyak pengguna kartu kredit terkadang tidak menyadari, jika dirinya sedang menjadi incaran kejahatan. Kejahatan kartu kredit yang dilakukan sekarang sudah lebih modern, tanpa bertemu dengan Anda pun, tindak kejahatan dapat dilakukan. Kemudian tanpa sepengetahuan anda, isi rekening dapat langsung berpindah. Lalu apakah teknik yang biasanya digunakan para penjahat kartu kredit? Berikut adalah teknik yang sering dilakukan:

  1. Teknik Skimmingteknik ini banyak dijumpai di mesin penggesek kartu kredit atau biasa disebut dengan mesin EDC (Electronic Data Capture). Mesin ini dapat ditemukan pada pusat-pusat perbelanjaan, bandara, dan tempat lain yang menerima transaksi melalui kartu kredit. Teknik ini menggunakan sebuah alat perekam (card skimmer) yang dapat merekam data-data dalam kartu kredit.  Jika kartu di gesekkan ke mesin yang telah terpasang alat perekam tersebut, maka data bisa tercuri.
  2. Teknik yang kedua ini berhubungan dengan penggunaan kartu kredit tanpa kartu (online). Ini biasa terjadi ketika anda bertransaksi online. Ketika anda membeli suatu barang dan membayar melalui kartu kredit, Anda akan diminta memberikan data-data kartu kredit. Biasanya pelaku kejahatan akan menyamar menjadi pihak bank yang meminta konfirmasi melalui email.

Setelah anda mengetahui dua teknik yang bisa dilakukan oleh penjahat kartu kredit, kemudian bagaimanakah cara untuk mengantisipasi agar tidak menjadi sasaran kejahatan kartu kredit?

Untuk mengantisipasi kejahatan kartu kredit seperti ini, ada beberapa tips sederhana yang bisa anda praktikkan, diantaranya:

  1. Jika Anda bertransaksi menggunakan kartu dan mesin EDC, anda harus melihat dengan jelas bagaimana proses transaksinya.
  2. Hindari menggesek kartu kredit jika mesin EDC tidak diperlihatkan kepada Anda, tetapi ditaruh di bawah meja kasir, tanpa sepengetahuan Anda.
  3. Bagi anda yang gemar berbelanja online, carilah online shop yang terpercaya dan sudah banyak pelanggannya.
  4. Mintalah selalu bukti transaksi Anda, baik dari penjual maupun dari bank terkait.

4 Kiat Belanja Aman di Online Marketplace

Sedikit informasi dan tips di atas diharapkan dapat membantu anda agar lebih mengetahui tentang kejahatan kartu kredit. Sebenarnya kejahatan tidak akan terjadi jika kita lebih waspada dan lebih berhati-hati jika sedang bertransaksi menggunakan kartu kredit. Baik penggunaan langsung melalui mesin EDC ataupun online. Jadilah pengguna yang selalu memperhatikan kondisi sekitar ketika bertransaksi.


Komentar untuk Dua Teknik Kejahatan Melalui Kartu Kredit

Related Article
Bank CIMB Niaga meluncurkan kartu kredit jenis bar...
Selain kartu kredit utama, biasanya setiap kartu k...
Mudik sebentar lagi, apakah anda juga ikut dalam a...