Finansial Belum Mapan Sedang Usia Sudah Mendekati Kepala Tiga?


Finansial Belum Mapan Sedang Usia Sudah Mendekati Kepala Tiga? Rating : 0/ 5 ( 0 )
Seringkali seseorang mentargetkan sudah mapan secara finansial ketika mencapai kepala tiga alias 30 tahun. Ia mentargetkan sudah memiliki keluarga sendiri, punya rumah, punya kendaraan, punya tabungan, serta tak ketinggalan karir di posisi strategis dan sudah settle.

Apakah anda termasuk yang ketar-ketir karena finansial belum mapan padahal usia sudah mendekati kepala tiga? Kalau demikian, jangan panik dan mulai cermati apa sebabnya, misalnya beberapa hal di bawah ini nih.

1. Konsumtif


Masa muda yang penuh dengan kesenangan di kala tubuh masih enerjik dan tampilan wajah masih menarik nampaknya masih menjadi impian anak muda saat ini. Tidak ada salahnya memang, tapi bila ini tidak dibarengi dengan kesadaran tentu jatuhnya adalah pola hidup konsumtif.

Punya pekerjaan dan gaji, keinginan untuk membelanjakan gaji yang dipunya terkadang sulit dikontrol, sehingga supaya tak menyesal di usia 30-an nanti, anak muda produktif saat ini harus mulai belajar untuk merencanakan masa depan dan mengontrol pembelanjaan supaya tidak jatuh ke pola hidup konsumtif.

2. Tidak punya rencana masa depan yang jelas

Rencana masa depan yang jelas bisa membantu anda yang saat ini di usia 20-an untuk mengontrol pengeluaran. Misal anda ingin menikah di usia 27 tahun, maka bila anda sekarang di usia 24 tahun (usia ideal untuk mulai bekerja) anda akan menyiapkan dari sekarang biaya untuk menikah. Bila anda sadar target anda tersebut, maka anda akan dengan sendirinya menyiapkan tabungan menikah dan otomatis mengurangi pembelanjaan.

3. Tidak menyiapkan dana darurat

Selain menyiapkan dana-dana untuk keperluan di masa depan (misal, dana menikah, dana membeli rumah, kendaraan, dst), satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mempersiapkan dana untuk kebutuhan darurat.


Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, maka menyiapkan dana bila sewaktu-waktu keadaan darurat adalah langkah antisipasi yang terbaik untuk mencegah terjadinya hal yang lebih buruk lagi.

4. Gemar Berhutang

Jangan salah, berhutang boleh saja asal dilakukan bila memang membutuhkan dan tentunya dengan memilih produk pinjaman/hutang yang tidak memberatkan. Jadikan kasus Angela Lee, artis yang kini terjerat hutang bermilyar-milyar karena salah langkah dalam berhutang. Ia berhutang dengan nilai besar, dan bunganya besar pula (4% sampai 7% per minggunya).

Nah, bila demikian tentu ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk memilih jenis pinjaman yang aman dan dengan bunga yang tidak memberatkan, malah akan lebih baik kalau tidak ada bunga sama sekali. Bila kebutuhan anda masih bisa ditopang dengan uang di rekening anda, tentu hutang tidak diperlukan bukan?

Jadi, apakah informasi di atas sudah membantu bagi anda? Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu kalau dirasa bermanfaat ya^^.

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Finansial Belum Mapan Sedang Usia Sudah Mendekati Kepala Tiga?

Artikel Terkait