Guna Kartu Kredit Jika Anda Ke Luar Negeri

Ketika ke luar negeri, pernahkah terpikirkan untuk menggunakan kartu kredit alih-alih bawa uang tunai? Menggunakan kartu kredit ketika di luar negeri ternyata banyak sekali manfaatnya lho. Beberapa diantaranya seperti di bawah ini:

1. Booking Tiket Pesawat dan Hotel

Sebelum ke luar negeri, anda pasti beli tiket pesawat dan pesan kamar hotel dulu. Membeli tiket pesawat dan pesan kamar hotel menggunakan kartu kredit lebih murah dan mudah, mengapa? Alasannya karena promonya banyak! Iya betul promo kartu kredit lebih banyak tersedia daripada promo kartu debit.

Apalagi untuk urusan travel, promo tiket pesawat dan Hotel menjamur sekali.

2. Check in ke hotel

Ke luar negeri mustahil tanpa menginap di hotel. Semurah apapun biaya perjalanan anda ke luar negeri, anda akan membutuhkan yang namanya penginapan. Dan di luar negeri, terutama di negara maju, hotel dan penginapan berbagai tipe dan fasilitas ada banyak sekali.

Satu hal yang lumrah ketika check in ke hotel, yakni adanya kebiasaan/peraturan kartu kredit sebagai jaminan/deposit ketika booking hotel. Biasanya anda harus menggesekkan kartu kredit anda sejumlah uang tertentu sebagai pembayaran deposit. Nantinya ketika check out deposit anda akan dikembalikan, atau anda membayar sisanya.

Bagaimana bila tidak memiliki kartu kredit?

Wah ini yang repot, semisal anda di luar negeri dan ingin check in ke hotel, sementara kartu kredit tidak punya, biasanya harus ada uang jaminan. Dan uang ini dalam bentuk tunai lho, bayangkan saja berapa banyak uang tunai yang harus anda bawa untuk jaminan check in di hotel saat di luar negeri. Duh, repot juga ya!

3. Makan dengan mudah di restoran

Di luar negeri dimana tempat makan sudah dilengkapi dengan mesin EDC di kasirnya, akan lebih memudahkan proses pembayaran transaksi anda. Di Jepang yang merupakan negara maju, kartu kredit sudah barang lumrah, jadi tempat makan kecil-menengah-besar rata-rata sudah menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

Di Jepang, hampir semua merchant telah menerima pembayaran kartu kredit MasterCard, VISA, dan JCB. Untuk kartu kredit Amex dan Diners Club masih belum banyak yang menerima. Jadi, pastikan sebelum ke Jepang, siapkan limit kartu kredit VISA, MasterCard atau JCB anda.

Kartu kredit Diners Club dan Amex akan lebih banyak diterima di Amerika, ya mau bagaimana lagi? Kartu kredit Diners Club dan Amex kan memang asalnya dari Amerika sana he he. Visa dan MasterCard juga berasal dari Amerika, jadi jangan khawatir, kartu kredit anda masih diterima luas kalau berkunjung ke Amerika atau Eropa.

4. Transportasi: Bayar taksi pakai kartu kredit di Korea

Di Korea dimana penetrasi kartu kredit adalah yang paling tinggi di Asia, pembayaran sekecil apapun menggunakan kartu kredit akan diterima. Orang-orang Korea sudah sangat biasa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Jadi, nominal sekecil apapun untuk pembayaran transaksi apapun, bisa menggunakan kartu kredit.

Bahkan, taksi-taksi di Korea menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit lho. Wah, kemana-mana jadi gampang ya sekarang. Siapkan saja kartu kredit dengan logo Visa atau MasterCard anda, karena dua jaringan itu cenderung diterima di seluruh dunia. Jadi, kapanpun dan dimanapun anda ternyata menemukan bisa membayar transportasi dengan kartu kredit yang anda punya, kenapa tidak?

5. Shopping dengan kartu kredit

Ke luar negeri tanpa belanja pernak-pernik negara tujuan rasanya kurang. Biarpun anda ingin menghemat travelling budget, tetap saja traveller tidak akan melewatkan kegiatan belanja oleh-oleh khas negara tujuan.

Selama merchant di destinasi wisata anda menerima pembayaran kartu kredit berlogo Visa, MasterCard, JCB, atau UnionPay maka tidak masalah. Biasanya akan ada biaya konversi kurs ketika menggunakan kartu kredit Indonesia di luar negeri, tapi tidak begitu besar.

6. Tarik Tunai/Cash Withdrawal

Hampir setiap traveller pasti melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit mereka di luar negeri. Alasannya: untuk uang jaga-jaga bila merchant tidak menerima pembayaran menggunakan kartu (meski jarang, kecuali anda piknik ke antah berantah).

Melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit di luar negeri aseptansinya (kemungkinan berhasil) juga lebih besar dibanding kartu debit. Ada beberapa kartu debit yang ternyata tidak bisa dipakai untuk tarik tunai di beberapa ATM di luar negeri. Jadi, selalu bawa kartu kredit untuk berjaga-jaga.

Selain, mengetahui guna kartu kredit ketika berada di luar negeri, ada baiknya juga anda tahu beberapa tips seputar penggunaan kartu kredit ketika di luar negeri, diantaranya:

1. Kenali kartu kredit yang sering dipakai di luar negeri

Pepatah mengatakan 'Dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung', kurang lebih artinya dimana kita berada, di situlah diri harus menyesuaikan dengan adat, budaya, dan kebiasaan setempat. Ini berlaku juga untuk kebiasaan pembayaran. Kalau anda liburan ke Thailand dengan membawa 40 juta rupiah uang tunai tentu tidak akan nyaman, salah-salah liburan anda menjadi tidak tenang karena was-was bawa banyak uang tunai.

Lain bila membawa kartu kredit, dimana sebagian besar tempat di luar negeri telah menerima pembayaran kartu kredit secara luas, sehingga anda tidak perlu repot dan was-was karena membawa banyak uang. Meski begitu, dalam membawa kartu kredit juga tidak sembarangan.

Sebaiknya anda mengetahui kebiasaan yang sering dipakai di negara tempat tujuan anda liburan. Misalnya saja, anda pergi ke Jepang. Cari tahu kartu kredit apa yang diterima luas di sana, dan kartu kredit mana yang sulit diterima. JCB adalah jaringan kartu kredit dengan basis di Jepang, sehingga pasti kartu kredit Indonesia yang berlogo JCB kemungkinan besar diterima dengan mudah di sana, bahkan anda bisa memperoleh fasilitas-fasilitas khusus dari JCB lho.

Kalau anda ke China, kartu kredit dengan logo UnionPay akan sangat mudah diterima di sana, karena memang UnionPay adalah jaringan kartu kredit yang basisnya di China.

2. Bawa 1 kartu debit, dan 2 kartu kredit

Selain uang tunai, bawa juga kartu debit, dan paling tidak 2 kartu kredit. Mengapa butuh banyak sekali berjaga-jaga? Alasannya:

  • Tidak semua ATM bisa menjamin tarik tunai melalui kartu debit Indonesia akan berhasil.
  • Tidak semua ATM dan merchant menerima kartu kredit VISA atau MasterCard atau JCB. Ada daerah dengan mayoritas VISA lebih diterima, atau MasterCard lebih diterima. Jadi, akan baik bila anda punya 1 kartu kredit Visa dan 1 kartu kredit MasterCard.

3. Siapkan limit kartu kredit agar tetap penuh sebelum berangkat

Sebelum berangkat ke luar negeri, pastikan tagihan-tagihan kartu kredit telah lunas semua, jadi ketika nanti anda di luar negeri limit kartu kredit anda masih penuh dan dapat digunakan dengan leluasa.

4. Kartu kredit dengan fasilitas asuransi lebih baik

Ketika di luar negeri, kita harus bisa menjamin masalah kesehatan pun tidak akan keteteran. Beberapa kartu kredit telah dilengkapi dengan fasilitas asuransi, dan kartu kredit seperti ini lebih baik untuk anda ketika di luar negeri. Masalah kesehatan anda selama travelling bisa ter-cover.


Komentar untuk Guna Kartu Kredit Jika Anda Ke Luar Negeri

Nanda 05 October 2016

Bener banget, pas ke luar negeri kartu kredit ngebantu banget. Terutama karena debit ga seluas kartu kredit diterimanya.
Related Article
Pernah mengalami pengajuan kartu kredit Anda di to...
Masih banyak individu yang belum menyadari akan ma...
Nah, bicara soal liburan, sudahkah sobat menyiapka...