Hal-hal yang Perlu Anda Siapkan Untuk Mudik

Ramadhan akan segera berakhir. Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, ditandai dengan mudik besar-besaran yang sudah menjadi rutinitas tiap tahunnya. Apakah anda telah mempersiapkan segala kebutuhan mudik anda? Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu anda siapkan untuk keperluan mudik.

Mendekati hari-hari terakhir Ramadhan, masyarakat Indonesia semakin disibukkan dengan kebutuhan untuk mudik. Jika anda juga mengikuti keriuhan mudik di tahun 2016 ini, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum anda meninggalkan kediaman anda selama ini, untuk beberapa hari tinggal di kampung halaman.

Buat daftar keperluan selama mudik

Mumpung masih ada beberapa hari sebelum mudik, buatlah daftar keperluan yang sekiranya perlu anda lakukan untuk rumah anda, karena selama beberapa hari anda akan meninggalkannya. Beberapa diantaranya seperti:

Matikan peralatan listrik

Sebelum anda pergi, pastikan masalah listrik sudah beres, lampu dan benda-benda yang menggunakan listrik sebaiknya tidak menyala jika anda tinggalkan selama beberapa hari. Selain menghemat tagihan listrik, ini juga akan membantu anda mencegah terjadinya kebakaran karena listrik. Setelah semua sudah tidak tersambung ke listrik, matika listrik melalui meteran juga.

Masalah kompor dan gas

Selain masalah listrik, masalah kompor dan gas juga, pastikan gas telah terlepas dari kompor dan taruh di tempat terlindung dari hewan pengerat seperti tikus. Rapikan rumah sebelum anda tinggalkan, sehingga ketika anda kembali, anda tidak akan kebingungan mencari barang-barang yang anda butuhkan.

Beres-beres kulkas

Oleh karena akan anda tinggalkan dalam beberapa hari, maka kulkas adalah benda yang patut anda perhatikan. Bayangkan jika ketika anda kembali dari kampung halaman, dan menemui bahwa kulkas anda mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ternyata sumbernya adalah isi dari kulkas anda, hanya karena lupa membereskannya.

Listrik akan anda matikan selama beberapa hari, karenanya kulkas anda tidak akan mendapatkan daya sama sekali. Dengan demikian, anda harus memilah dan memilih mana barang-barang yang cepat basi dan tidak. Benda-benda yang cepat basi seperti susu cair, daging, telur, harus anda pilah, kalau bisa dihabiskan saja.

Lalu ada juga sayuran, yang bisa membusuk jika selama beberapa hari didiamkan. Daripada membusuk di dalam kulkas mending dimasak semua dan dibawa untuk bekal selama perjalanan mudik.

Punya hewan piaraan? Titipkan!

Nah ini dia, untuk anda yang punya hewan piaraan, apapun itu seperti anjing, kucing, ikan, atau hewan lain yang butuh perawatan khusus, anda tidak boleh menelantarkannya begitu saja. Membawanya ke kampung halaman akan lumayan merepotkan, baik itu selama di jalan maupun di kampung halaman. Jalan satu-satunya adalah dengan menitipkannya.

Baca juga:

Anda bisa menitipkan ke tetangga yang tidak mudik, atau jika anda merasa tak enak hati kepada tetangga, bisa juga menitipkan ke tempat penitipan hewan.

Mudik tiba, jangan lupa kunci pintu rumah!

Akhirnya, saatnya berangkat ke kampung halaman. Jangan lupa untuk pamit pada tetangga, dan katakan jika anda akan mudik. Yang paling penting, kunci semua pintu sebelum anda mudik ya. Happy mudik! 

Baca juga:

 


Komentar untuk Hal-hal yang Perlu Anda Siapkan Untuk Mudik

Related Article
Untuk Anda wanita modern, memiliki kartu kredit bi...
Meski dengan beragamnya jenis kartu kredit beserta...
Jika anda adalah karyawan entri level dengan gaji ...