Harbolnas, Jangan Sampai Lengah Terhadap Cyber Crime


Harbolnas, Jangan Sampai Lengah Terhadap Cyber Crime Rating : 0/5 (1)

Tak terasa Harbolnas hampir berakhir. Namun, di tanggal 14 Desember ini tentu publik masih ingin berburu barang murah saat harbolnas. Maklum saja, saat harbolnas harga item ‘dicukur’habis-habisan sampai kadang tidak masuk akal.

Harbolnas 2016 merupakan yang ke-5 kalinya, ini tentu berbeda dengan kondisi-kondisi sebelumnya dimana teknologi pembayaran online belum secanggih dan selengkap sekarang. Semakin berkembang e-commerce, semakin berkembang pula metode pembayaran, semakin banyak publik yang berbelanja online.

Semakin banyak orang yang berbelanja online, pelaku kejahatan semakin pintar dan semakin kreatif. Dunia e-commerce yang semakin banyak diminati orang dewasa ini  merupakan sasaran empuk bagi para pelaku cyber crime. Publik sebagai pengguna situs e-commerce seringkali lalai dalam hal ini sehingga menjadi korban kejahatan internet (cyber crime).

Untuk itu, supaya harbolnas kali ini anda bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman, perhatikan beberapa tips bertransaksi online di bawah ini:

Cari situs e-commerce yang kredibel

Selain raksasa e-commerce seperti lazada, tokopedia, elevenia, bhinneka, zalora, dsb sekarang semakin bermunculan situs-situs e-commerce kecil-kecilan yang terkadang belum diketahui kredibilitasnya.

Yang lebih buruk, adalah situs e-commerce palsu yang menyerupai situs e-commerce asli. Saking miripnya, pengguna yang tidak hati-hati terpedaya dan akhirnya berbelanja di situs tersebut. Lebih bahaya lagi jika sampai memasukkan informasi kartu kredit ke dalam situs-situs e-commerce palsu tersebut.

Maka dari itu, sebelum anda berbelanja, teliti dengan seksama url/alamat situs yang sedang anda buka. Bila terasa aneh maka urungkan saja niat untuk berbelanja di situs tersebut.

Baca juga: 4 Kiat Belanja Aman di Online Marketplace

Kenali SMS spam

SMS spam adalah sms yang seringkali menyasar ke HP kita tanpa kita tahu siapa pengirimnya. Terkadang, SMS tersebut menyertakan link spam di dalamnya. SMS tersebut berisikan informasi menarik seperti pemberitahuan promo, bonus, undian mobil, dsb.

Bagi yang tidak waspada, langsung kita klik link tersebut padahal bisa saja link tersebut adalah link berisi malware ataupun virus yang langsung menyerang perangkat yang kita memiliki ketika membukanya.

Di suasana Harbolnas ini, memang merchant online akan lebih gencar daripada biasanya untuk menyebarkan email-email promosi produk mereka. Namun, pelaku kejahatan cyber juga tak kalah gencarnya beraksi saat sedang ramai-ramainya email promosi dari situs asli.

Baca juga: Ajukan Kartu Kredit HSBC dan Dapatkan Bonus Berlimpahnya!

Oleh karena itu, selalu lah menjaga kewaspadaan anda dalam berbelanja online. Pastikan situs e-commerce tempat anda berbelanja, jangan asal klik link promosi, dan jaga kerahasiaan informasi kartu kredit anda.

Selamat berbelanja!

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Harbolnas, Jangan Sampai Lengah Terhadap Cyber Crime

Nana 19 December 2016

(0)
Wah masuk akal juga ya min..trims infonya

admin 19 December 2016

(0)

Sama2.

Artikel Terkait