Hati - hati Program Cicilan 0%

Cicilan 0% merupakan sebuah program andalan yang dikeluarkan kartu kredit. Program ini banyak ditunggu dan diminati pengguna kartu kredit. Bahkan ada beberapa pengguna menjadikan alasan mengajukan aplikasi kartu kredit, hanya untuk mendapatkan cicilan 0%. Lalu, apakah sebenanya manfaat cicilan 0%?

Cicilan 0% ialah sebuah cara pembelian barang atau produk yang diinginkan, dengan cara pembayaran mengangsur dan tidak dikenakan bunga (jika tepat waktu ketika membayar). Program seperti ini sangat menguntungkan bagi pengguna kartu kredit, toko maupun pihak kartu kredit. Bagaimana tidak, program cicilan 0% biasanya hanya memilih toko–toko yang dapat diajak bekerja sama untuk pelaksanaan program. Sehingga antara pengguna, toko dan pihak kartu kredit sama–sama untung.

Banyak barang yang dapat anda beli dengan program cicilan, tetapi ada beberapa hal yang perlu dihindari dari penggunaan cicilan 0%. Salah satu yang perlu dihindari adalah jika anda menjadi lebih konsumtif dalam pembelian barang yang memiliki label cicilan 0%. Dan kemudian anda mengesampingkan kebutuhan lain yang lebih penting. Misalkan di bulan ini anda sudah menyisihkan uang tabungan untuk berlibur dengan keluarga, lalu anda justru menggunakan uang yang sudah anda prepare sebelumnya untuk membeli produk cicilan 0%. Dengan begitu penggunaan cicilan lebih baik dihindari.

Kemudian selain hal yang perlu dihindari, Anda pun perlu memperhatikan syarat–syarat yang diberikan oleh toko yang menerima program cicilan. Anda harus lebih teliti mengetahui jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan dan besarnya bunga jika Anda mengalami keterlambatan membayar.

Nah, jika sebelumnya jumlah tagihan anda cukup besar, sebaiknya jangan gunakan cicilan 0% terlebih dahulu untuk membeli barang yang anda inginkan. Memang cicilan 0% merupakan cicilan tanpa bunga, namun yang dimaksud tanpa bunga disini adalah harga produk yang anda beli masih utuh tanpa ada tambahan bunga kredit. Maka gunakanlah program cicilan 0% dengan bijak, agar terhindar tagihan kartu kredit yang membengkak.


Komentar untuk Hati - hati Program Cicilan 0%

Related Article
Tokopedia merupakan salah satu merchant online ter...
Kartu kredit? Sebuah kartu ajaib yang kini b...
Untuk semua kebutuhan harian anda, ajukan kartu kr...