Hindari 4 Kesalahan ini dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit, karena mudahnya penggunaan, sering tidak kita sadari akan kesalahan yang mungkin saja terjadi. Jika sampai keliru dalam memanfaatkan penggunaan kartu kredit, tentu si pemegang kartu sendirilah yang akan rugi.

Oleh karenanya, di bawah ini pilihkartu.com akan mengulas 4 kesalahan dalam berkartu kredit yang umum dilakukan oleh pemegang kartu. Untuk lebih jelasnya, langsung saja perhatikan poin-poin di bawah ini:

1. Hanya membayar tagihan minimal

Karena terlalu senangnya memiliki kartu kredit, pemegang kartu terlena dan menggunakan kartu kreditnya dengan 'kalap'. Dia lupa bahwa di akhir bulan akan ada tagihan yang datang dari bank, meminta untuk segera dilunasi.

Pelunasan tagihan kartu kredit, ada 2 tipe, yakni full payment dan minimum paymentFull payment adalah pembayaran tagihan secara penuh, sementara minimum payment adalah pembayaran tagihan hanya nominal minimumnya saja.

Baca juga: Ini Dia 5 Tips Cerdas dalam Menggunakan Kartu Kredit

Nah karena merasa terlalu berat dengan full payment, si pemegang kartu kemudian memilih sistem pembayaran tagihan dengan minimum payment. Memang sah-sah saja karena diperbolehkan oleh bank, akan tetapi imbasnya adalah tetap dikenakannya bunga pada tagihan Anda secara penuh. Nah, tagihan Anda akan beranak pinak dan membesar semakin besar hingga membebani Anda. So, selalu bayar tagihan secara penuh ya.

2. Terlambat membayar tagihan

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu melewatkan waktu pembayaran tagihan kartu kredit Anda. Umumnya tagihan kartu kredit yang datang kepada Anda setiap bulannya dalam bentuk catatan transaksi beserta nominalnya yang disebut dengan billing statement.

Segera setelah menerima billing statement Anda, perhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit. Jika Anda membayar tagihan melebihi batas waktu, Anda akan dikenai bunga.

3. Digunakan sebagai debit card

Menggunakan kartu kredit layaknya kartu debit juga tidak bijaksana. Ini dikarenakan setiap penarikan tunai di ATM menggunakan kartu kredit akan dikenai bunga yang cukup tinggi sekitar 3% ke atas.

4. Terlalu banyak tergiur cicilan 0% dan diskon

Memang tidak salah jika ingin memanfaatkan cicilan 0% atau berbagai diskon yang sering tersedia berkat kerjasama vendor kartu kredit dan ribuan merchant di seluruh dunia. Tapi, ingat ya, jangan sampai lupa diri, cicilan 0% sebisa mungkin tidak boleh sampai membebani Anda.

Baca juga: Waspadai 3 Modus Penipuan Kartu Kredit

Memang, Anda dapat mencicil pembayaran atas pembelian item dengan lebih ringan karena adanya cicilan 0%, tetapi jika Anda terlalu banyak membeli item dengan sistem cicilan 0% tentunya ini akan menjadi akumulasi dan akhirnya akan membebani pembayaran tagihan Anda setiap bulan.


Komentar untuk Hindari 4 Kesalahan ini dalam Menggunakan Kartu Kredit

Related Article
Selama ini, dari hasil survey yang dilakukan oleh ...
Masih banyak individu yang belum menyadari akan ma...