Hutang Kartu Kredit Bisa Diwariskan


Hutang Kartu Kredit Bisa Diwariskan Rating : 0/5 (0)

Kartu kredit kini semakin populer, kendatipun sempat disebutkan kartu kredit mengalami penurunan jumlah yang beredar di sepanjang Januari hingga September 2017. Nyatanya, meski mengalami penurunan jumlah, kartu kredit justru mengalami kenaikan volume transaksi, sehingga tak bisa dikatakan merugi.

Ngomong-ngomong soal kartu kredit, tentu tak lepas dari yang namanya hutang. Volume transaksi kartu kredit yang naik artinya semakin banyak orang yang cenderung kepada perilaku berhutang. Nah, ketika semakin banyak orang berhutang, harus kita perhatikan juga hal-hal lain terkait hutang.

Hutang harus dilunasi, ketika kita berhutang ke seseorang maka harus dilunasi, bahkan bila seseorang yang berhutang telah tiada, maka tetap harus dilunasi kecuali si pemberi hutang mengikhlaskan. Nah, hutang kartu kredit, termasuk hutang yang wajib dilunasi loh. Kalau si pemegang kartu kredit ada tagihan, sementara yang bersangkutan telah tiada, maka ahli warislah yang kemudian berkewajiban melunasi.

Keadaan seperti itu tentu tidak mengenakkan bagi si ahli waris, terlebih bila ternyata sang ahli waris kesulitan dalam membayar tagihan kartu kredit yang bukan miliknya. Lantas bagaimana solusinya? Ahli waris tak perlu khawatir, karena bank juga akan membantu dalam penyelesaian hutang kartu kredit nasabahnya yang meninggal.

Jadi, secara garis besar bank akan mencari banyak jalan agar bisa membantu ahli waris dalam menyelesaikan hutang kartu kredit kerabat yang meninggal. Misalnya saja, dengan menyarankan kepada ahli waris agar menyisir semua aset kerabatnya tersebut, yang sekiranya bisa digunakan untuk membayar tagihan kartu kreditnya. Masalah bunga, denda, maupun biaya, itu bisa dinegosiasikan dengan pihak bank.

Yang kedua, tanyakan kepada bank penerbit kartu kredit apakah nasabah tersebut mengikuti asuransi kartu kredit atau tidak. Bila mengikuti asuransi kartu kredit, biasanya setiap ada tagihan per bulan, akan ada premi asuransi yang dibayarkan per bulannya. Maka hutang bisa dibayarkan oleh perusahaan asuransi kartu kredit.

Cara lain, bila aset peninggalan nasabah yang meninggal tidak ada, serta ia tidak mengikuti asuransi kartu kredit, maka ahli waris bisa mengajukan permohonan penghapusan hutang kepada bank. Akan tetapi, cara ini ada konsekuensinya, bisa jadi ahli waris beserta keluarganya akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman di masa depan.

 

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Hutang Kartu Kredit Bisa Diwariskan

Artikel Terkait