Ingin Kredit Mobil Murah? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Berikut

Di masa sekarang ini, mobil bukanlah hal yang mewah, tidak seperti di jaman dahulu dimana belum banyak orang mampu memilkinya. Tapi, meski sudah bukan barang mewah lagi, tetap saja membeli mobil tidak semudah membeli motor. Ini karena harganya yang masih terlampau tinggi.

Kredit Mobil Murah: Solusi untuk Memiliki Mobil dengan Mudah, Ringan, dan Cepat

Meski harganya tinggi, mengapa justru kepemilikan mobil semakin menjamur? Ini karena peranan dunia finansial yang telah mengembangkan sistem pembiayaan sedemikian rupa, sehingga memiliki mobil menjadi mudah dilakukan. Terutama dengan adanya sistem kredit yang semakin berkembang, serta dibuat semakin mudah dan fleksibel, sehingga masyarakat dapat mewujudkan mimpi untuk memiliki mobil dengan mudah dan cepat, serta pembiayaan yang tidak terlalu memberatkan.

Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk kredit mobil?

Harga mobil baru di Indonesia saat ini masih berada di kisaran puluhan juta ke atas, anda bisa memilih deretan mobil murah seharga 70 an juta seperti Ayla atau Agya, atau bisa juga mobil kalangan menengah yang masih menjadi favorit para keluarga kecil, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, ataupun Suzuki Ertiga, dengan harga sekitar 150 juta  ke atas.

Dengan harga mobil yang sebesar itu, anda perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan untuk kredit mobil. Beberapa seperti disebutkan di bawah ini:

1. Tingkat kebutuhan

Sebelum anda memutuskan untuk kredit mobil, ada baiknya anda memikirkan dengan matang akan kemanfaatan mobil tersebut. Tilik kembali siapa diri anda dan nantinya akan bermanfaat untuk apa jika anda memiliki mobil.

Misalnya, anda adalah seorang single yang jarang bepergian jauh karena pekerjaan anda membutuhkan anda demikian, di sini rasanya anda belum membutuhkan mobil, sehingga kebutuhan untuk kredit mobil murah bisa ditunda dulu. Sebagai gantinya anda bisa menabungkan gaji anda terlebih dahulu.

Lain halnya bila anda adalah seorang keluarga muda, dan telah dikaruniai anak-anak yang masih kecil-kecil. Kebutuhan mobilitas untuk anda pribadi, istri, serta anak-anak rasanya bisa lebih terakomodasi dengan baik bila ada mobil. Anda bisa mengantar mereka kemana-mana, sekaligus mengurangi polusi daripada bila memiliki kendaraan bermotor satu-satu.

2. Kondisi Keuangan

Kondisi keuangan ini meliputi beberapa aspek, yakni bisa dari aspek gaji bulanan anda, keadaan hutang/kredit anda, serta kebutuhan keuangan lainnya. 

Berapakah gaji anda per bulan? Bila kebutuhan pokok seperti makan sehari-hari, transportasi, tempat tinggal, pulsa, bensin, serta menabung telah terpenuhi, dan ada sisa dari gaji anda per bulannya, maka sah-sah saja untuk mengambil kredit mobil. Dan ingat, sebaiknya ambil kredit mobil murah saja jika itu yang anda mampu saat ini. 

Apakah anda sedang dalam keadaan berhutang atau memiliki kredit sesuatu? Maka itu juga harus menjadi pertimbangan anda. Jangan menambahi kredit baru dengan nilai yang tidak sedikit bila kredit yang lama masih ada.

Bila memiliki tanggungan keluarga untuk diurus, entah itu orangtua, anak, maupun istri, pastikan juga kebutuhan mereka dipenuhi terlebih dahulu ya, minimal kebutuhan pokok mereka.

3. Pilih Kredit Mobil Murah

Ini juga penting, anda harus mengukur kemampuan diri sendiri. Bila kredit yang anda mampu dengan keadaan finansial saat ini adalah kredit mobil murah, maka itu adalah pilihan terbaik. Bila anda memaksakan diri kredit mobil mewah padahal kemampuan finansial anda belum sampai di sana, anda rawan terjatuh ke penunggakan membayar cicilan, dan ujung-ujungnya kredit macet.

Baca juga:

4. Hitung dengan Cermat

Bila anda sudah mantap untuk kredit mobil, maka langkah selanjutnya adalah menghitung rencana anggaran ditambah kredit mobil. Idealnya, alokasikan 30% gaji untuk kredit mobil, 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 10% untuk ditabung, 10% untuk hiburan anda sendiri.

Bila sudah demikian, akan semakin mudah bagi anda untuk menjalani kredit mobil murah. Pastikan untuk tetap lancar dalam membayar angsurannya ya.

 


Komentar untuk Ingin Kredit Mobil Murah? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Berikut

Related Article