Ingin Menutup Kartu Kredit, Kapan ya Waktu yang Pas?


Ingin Menutup Kartu Kredit, Kapan ya Waktu yang Pas? Rating : 0/ 5 ( 0 )
Bagi para penyuka hidup dinamis yang serba mudah dan praktis, kartu kredit sudah biasa menjadi teman. Alasannya apalagi kalau bukan kemudahan transaksi dan penerimaan kartu kredit yang luas. Belum lagi bagi para penikmat belanja online, kartu kredit lebih mudah digunakan dibandingkan kartu debit atau sistem transfer manual.

Sayangnya, ada beberapa kondisi dimana kita tiba-tiba ingin menutup kartu kredit. Menutup kartu kredit artinya kita menghentikan keanggotaan sebagai nasabah kartu kredit tertentu. Menutup kartu kredit bukan sekedar berhenti menggunakan kartu kredit, tapi ada prosedur menutup kartu kredit yang harus dilakukan.

Kesalahan seseorang ketika menutup kartu kredit: Tidak bilang ke bank


Menutup kartu kredit harus dengan persetujuan bank, bila tidak maka pasti timbul masalah di kemudian hari. Menggunting kartu kredit agar tidak bisa digunakan tidak membebaskan kita dari kewajiban-kewajiban sebagai nasabah kartu kredit, seperti: iuran tahunan. Selama anda tidak bilang ke bank, maka anda dianggap nasabah aktif meskipun kartu anda sudah hancur, dan tentu saja anda bisa ditagih iuran tahunan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menutup Kartu Kredit?

Keanggotaan kartu kredit tidak dibatasi, artinya anda bebas menutup kartu kredit kapan saja (meskipun bank tentu ingin anda selamanya jadi nasabah mereka dan akan berusaha menahan anda untuk tidak menutup kartu kredit).

Berikut ini adalah waktu-waktu yang rasanya pas bila anda ingin menutup kartu kredit:

Promo Free Annual Fee (Bebas Iuran Tahunan) Sudah Habis

Umumnya, sebagai promosi untuk menarik nasabah, perbankan akan memberikan promo berupa gratis iuran tahunan (free annual fee) untuk setahun pertama. Beberapa bank ada yang memberikan free annual fee sampai dua tahun pertama. Ada juga yang jenis promonya adalah free annual fee selamanya, tapi bundling dengan kartu kredit lain (yang dikenai iuran tahunan).


Macam-macam promosinya, tinggal anda sendiri harus jeli membaca, atau bila tidak dituliskan maka anda harus rajin bertanya. Sebelum membuat kartu kredit, tanyakan apa ada promo free annual fee (gratis iuran tahunan).

Kalau ada maka anda beruntung, mungkin anda bisa menikmati fasilitas kartu kredit tersebut tanpa dikenakan iuran tahunan selama setahun pertama, atau dua tahun pertama. Nanti setelah setahun (atau dua tahun) bila tidak ada indikasi kalau iuran anda tetap digratiskan, maka anda boleh saja menutup kartu kredit tersebut.

Iuran Tahunan Terlalu Besar/Mahal/Naik

Ketika awal membuat kartu kredit, mungkin keadaan ekonomi anda sedang bagus-bagusnya. Sehingga, anda setuju saja ketika ditawari kartu kredit platinum dengan segudang manfaat dan privilege premium. Sayangnya semua itu ada harganya, yakni iuran tahunan yang dipatok cukup mahal.

Ketika ekonomi kurang bagus dan anda keberatan dengan iuran tahunan yang cukup besar buat anda, maka anda boleh saja menutup kartu kredit dan beralih ke kartu kredit yang lebih ramah di kantong.

Iuran tahunan kadang juga dinaikkan oleh perbankan, karena memang terms conditions-nya seperti itu. Nah, ternyata anda keberatan dengan kenaikan iuran tahunan, maka sah-sah saja kalau anda ingin menutup kartu kredit.

Kebutuhan Berganti

Mungkin sekarang anda sedang mengalami masa-masa menjadi seorang ibu yang memiliki bayi kecil yang lucu, sedang dulunya anda adalah seorang traveler sejati yang kerap melanglangbuana. Maka bergantinya peran dari traveler ke ibu rumah tangga terkadang membuat tipe kebutuhan juga berganti.

Kalau dulu anda sangat terbantu dengan kartu kredit khusus traveler dengan fitur khusus berupa pengumpulan airmiles yang cepat, sekarang mungkin tidak lagi. Sekarang kebutuhan anda mungkin lebih banyak ke pembelian susu, popok, serta nutrisi untuk bayi anda. Sehingga sekarang anda lebih butuh kartu kredit yang memberikan lebih banyak promosi belanja, diskon, voucher, maupun cashback.

Di situ, anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menutup kartu kredit traveler anda dan menggantinya dengan kartu kredit cashback atau reward yang lebih menarik.

Jadi, apakah anda sudah ada keinginan untuk menutup kartu kredit? Admin sarankan bagi yang ingin menutup kartu kredit, pastika sudah mantap alasannya ya!!

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Ingin Menutup Kartu Kredit, Kapan ya Waktu yang Pas?

Artikel Terkait