Ini dia 5 tips cerdas dalam menggunakan kartu kredit

Kartu kredit memang sangat membantu kita di saat terdesak atau dalam keadaan darurat. Akan tetapi, bila kita tidak mampu untuk mengontrol diri kita dalam penggunaan kartu kredit, ini bisa menjadi sangat bahaya.

Berikut adalah tips-tips cerdas dalam penggunaan Kartu kredit:

1. Cermat Bertransaksi

Gunakan kartu kredit di mesin EDC yang memang diperuntukkan bagi kartu kredit yang Anda miliki, karena Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 3% jika jenis kartu kredit Anda tidak sesuai dengan mesin penggesek kartu. Tiga persen lumayan juga bukan? Jika demikian, maka Anda sebaiknya menggunakan uang tunai atau kartu debit Anda.

2. Cukup satu kartu

Biasanya banyak orang tergiur untuk membuat kartu kredit lebih dari satu, karena adanya manfaat dan diskon merchant yang berbeda-beda. Tapi, sebaiknya hindari godaan tersebut. Semakin banyak kartu kredit yang kita miliki, semakin tinggi godaan untuk menggunakannya. Ujung-ujungnya tagihan pun jadi berlipat-lipat.

3. Sesuaikan limit kartu

Supaya kita tidak terbebani dalam urusan pembayaran tagihan kartu kredit, lebih baik sesuaikan limit kartu kredit Anda dengan gaji yang Anda terima setiap bulannya, sehingga dengan sendirinya Anda akan dapat membatasi penggunaan kartu kredit setiap bulannya.

Jika Kartu Kredit Anda Hilang, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

4. Perhatikan biaya tahunan

Ada beberapa kartu kredit yang memberi fasilitas dalam membayar biaya tahunan melalui poin yang kita dapatkan saat berbelanja. Tapi, jika tidak memiliki poin, cobalah bernegoisasi dengan pihak bank, sehingga biaya tahunan menjadi gratis. Kalau kita tidak ingin sesuatu yang ribet dan rumit, pilih saja kartu kredit yang memang membebaskan biaya tahunan seumur hidup.

5. Segera bayar lunas tagihan

Biar bagaimana pun kartu kredit bukanlah uang, melainkan pinjaman. Begitu tagihan kartu kredit sudah datang pada akhir bulan, jangan tunda untuk membayar lunas setiap tagihannya. Sehingga kita terbebas dari bunga dan denda.

Tercekik Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit?

5 tips cerdas di atas semoga bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda, baik yang sudah memiliki kartu kredit maupun yang akan segera mengajukannya. Yang perlu diingat, bijaklah dalam mengelola penggunaan kartu kredit Anda. Nantikan artikel lainnya di pilihkartu.com ^^.


Komentar untuk Ini dia 5 tips cerdas dalam menggunakan kartu kredit

Related Article
Ada banyak faktor bagi bank untuk menentukan limit...
Salah satu yang masuk ke dalam rancangan masa depa...
Kredit Tanpa Agunan dan Dana Tunai Kartu Kredit, m...