Investasi Non Finansial yang Sebaiknya dimiliki oleh Fresh Graduate

Bila investasi finansial masih dinilai rumit, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa berinvestasi sebelumnya, maka ada alternatif investasi non finansial yang bisa dilirik oleh para fresh graduate, alias mereka yang baru saja lulus kuliah.

Fresh graduate, adalah sebutan lazim untuk mereka yang baru saja lulus dari bangku kuliah perguruan tinggi. Berpindah dari bangku perkuliahan ke dunia kerja tentu ada sedikit lonjakan perbedaan. Para fresh graduate ini, akan masuk ke dunia yang sesungguhnya, bertualang di pasar kerja, kebingungan antara berbagai komitmen kerja dan kehidupan.

Mereka yang telah berhasil mendapatkan pekerjaan, dan memiliki penghasilan, akan dengan mudah tergiur oleh iming-iming belanja, atau tawaran berbagai kredit, entah itu gadget, mobil, atau bahkan rumah. Tidak apa-apa, ini lumrah untuk para fresh graduate untuk merasa seperti itu. Penghasilan dan penghidupan yang layak adalah harapan untuk fresh graduate yang baru menginjakkan kaki di dunia kerja.

Namun, ada kalanya beberapa dari mereka terjerumus juga ke dalam kungkungan hutang yang besar meski memiliki penghasilan tetap. Mengapa demikian? Salah satu penyebabnya adalah ketidakmampuan dalam mengatur penghasilan sehingga tak heran mereka kerap menemui keadaan dimana 'biaya yang harus dikeluarkan melebihi dari penghasilan bulanan'.

Mulailah Mengenal Investasi

Untuk ini, sudah saatnya para fresh graduate untuk memikirkan berinvestasi, dan tidak berfokus untuk membelanjakan gaji saja. Investasi bermakna memanfaatkan sessuatu untuk kepentingan dan keuntungan di masa depan. Dari pengertian ini, kita dapati bahwa investasi bisa muncul dalam banyak bentuk, tidak melulu keuangan saja.

Lalu apa sajakah yang termasuk ke dalam kegiatan Investasi?

Ada banyak, tidak harus uang. Anda bisa menginvestasikan waktu, tenaga, usaha, atau bakat anda untuk mengumpulkan kemanfaatan yang bisa anda petik di masa depan nanti.

Nah, bila anda seorang fresh graduate yang belum terbiasa berinvestasi, cobalah untuk berinvestasi pada sektor non finansial ini:

1. Investasikan waktu yang anda miliki

Ada kalimat bijak yang mengatakan bahwa satu-satunya hal paling berharga yang kita miliki di dunia ini adalah WAKTU. Pendapat tersebut memang ada benarnya, karena kita memang hanya memiliki waktu. Oleh karenanya, investasikan waktu anda untuk hal-hal yang bermanfaat, untuk keuntungan yang akan anda tuai di masa depan nanti.

Dalam dunia kerja, gunakan waktu yang anda miliki dengan baik, untuk menyerap ilmu dari atasan, maupun dari teman. Di masa depan nanti, anda akan merasakan manfaatnya. Di dalam keluarga, investasikan waktu anda untuk ayah, ibu, kakak, adik, teman, maupun sahabat. Ketika anda berada di titik sulit, orang-orang terdekat anda lah yang bisa membantu anda.

2. Investasikan tenaga anda

Anda memiliki tenaga, selagi masih muda gunakan segenap energi dan tenaga yang anda punya untuk kebaikan. Anda bisa membantu orang lain dengan tenaga yang anda miliki. Mengikuti kegiatan sosial tanpa ada tendensi profit keuangan seperti menjadi relawan di panti asuhan, relawan bencana alam, relawan untuk mengajar di pusat-pusat belajar masyarakat akan bermanfaat untuk diri anda sendiri dan orang lain.

Baca juga:

Memang tidak akan langsung terlihat manfaatnya, tapi di masa depan anda akan menemui keajaiban tak terduga yang dihadiahkan Tuhan.

3. Investasi untuk kesehatan

Banyak yang mengatakan bahwa sehat itu mahal. Orang menyadarinya baru ketika sakit, ketika mereka harus berobat ke dokter dan mengeluarkan biaya berobat maupun biaya rumah sakit yang tidak sedikit. Di sini, orang baru sadar bahwa sehat itu mahal.

Lalu bagaimana bila kita mencegah kemungkinan sakit dengan menjaga kesehatan tubuh. Tubuh anda adalah investasi anda, yang harus anda jaga dengan baik. Anda harus memberinya nutrisi yang baik, merawat kebugaran dengan berolahraga, dan menjaga kebersihan tubuh. Di masa depan, investasi pada tubuh anda ini akan berdampak baik pula untuk kesehatan anda.

Nah, setuju tidak? Anda yang fresh graduates sekarang tidak perlu pusing dan minder bila belum berinvestasi dengan finansial. Masih ada jenis investasi non finansial, seperti yang telah disebutkan di atas, yang bisa anda lakukan. Yuk, mulai budayakan investasi! ^^


Komentar untuk Investasi Non Finansial yang Sebaiknya dimiliki oleh Fresh Graduate

Agung 02 August 2016

Wah kena nih saya min, pengen banget investasi setelah lulus hehe.. tapi apa saya umurnya sudah cukup untuk memiliki kartu kredit secara finansial ya?

admin 02 August 2016

Umur minimal untuk mengajukan kartu kredit adalah 21 tahun :). Kalau lulus kuliah, biasanya sih usia 21 tahun.
Related Article
Mudik adalah tradisi wajib setiap lebaran tiba. Ju...
Kartu kredit Anda bisa menjadi alat yang sangat pe...