Jelang Lebaran, Simak Tips Agar Rumah Aman Ketika Ditinggal Mudik


Jelang Lebaran, Simak Tips Agar Rumah Aman Ketika Ditinggal Mudik Rating : 0/5 (0)

Mendekati lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, tentu rumah harus tetap aman ketika ditinggal mudik. Mudik yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, tentu sulit untuk tidak dilakukan. Apalagi bagi mereka yang hidupnya merantau di luar kota, jauh dari sanak saudara di kampung halaman, momen mudik lebaran menjadi sarana untuk bisa berkumpul kembali bersama keluarga yang sudah lama tidak dijumpai.

Bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki rumah di tempat perantauan, biasanya mereka akan membawa satu keluarga untuk mudik ke kampung halaman. Maka dari itu biasanya rumah di perantauan akan ditinggalkan dalam keadaan kosong. Keadaan seperti ini tentu rawan sekali, pencurian pada rumah yang kosong kerap terjadi saat mudik.

Untuk itu, demi menjaga keamanan rumah saat ditinggal mudik lebaran, perhatikan beberapa tips rumah aman di bawah ini:

1. Lapor ke RT/RW

Bila anda tinggal di sebuah kampung, maka anda bisa memberitahukan kepada RT dan RW kampung anda mengenai keadaan rumah anda yang akan kosong karena ditinggal mudik. Bila anda tinggal di perumahan, maka selain RT dan RW biasanya ada satpam perumahan, anda juga bisa melaporkan keadaan rumah anda yang kosong ke satpam.

2. Beritahu tetangga yang tidak mudik

Selain lapor ke RT/RW dan satpam, beritahu tetangga anda yang tidak mudik mengenai rencana mudik anda. Dengan demikian, tetangga anda bisa membantu mengawasi rumah, dan memberi tahu anda secepatnya bila ada orang mencurigakan di sekitar rumah anda.

3. Pasang kamera CCTV

Selain lapor, anda perlu memasang pengamanan tambahan seperti kamera CCTV di beberapa tempat di rumah anda. Saat ini tersedia CCTV yang tersambung dengan koneksi internet sehingga anda bisa memantau keadaan rumah anda melalui smartphone. Tapi, jika tidak bisa mengawasi secara langsung melalui sambungan internet, hal-hal yang terekam dengan kamera CCTV tetap bisa anda lihat setelah anda kembali dari kampung halaman.

4. Minta orang lain untuk menjaga rumah

Bila anda masih merasa pengamanan kurang maksimal dengan 3 hal di atas, anda bisa mencoba meminta orang lain untuk menjaga rumah anda. Orang lain ini tentunya merupakan orang yang bisa dipercaya. Misalnya teman dekat, saudara dekat yang tidak mudik, atau bahkan menyewa tenaga profesional yang biasa dibayar untuk menjaga rumah, termasuk mengurusnya seperti bersih-bersih dsb.

Baca juga: Ingin Mudik Naik Pesawat? Perhatikan Dulu Hal Ini

Terlebih jika rumah anda termasuk besar dan banyak barang berharga yang anda tinggalkan, maka membayar orang terpercaya akan membantu.

Itu dia 4 hal untuk menjaga rumah tetap aman ketika ditinggalkan saat mudik. Nah, sekarang anda siap untuk mudik bersama keluarga, tapi tunggu dulu, sebelum berangkat pastikan anda melakukan beberapa hal penting di bawah ini:

a. Cabut aliran listrik

Untuk menghindari terjadinya konslet, jangan lupa untuk mencabut aliran listrik yang tidak perlu. Listrik kulkas, pemanas air, AC, televisi, dispenser, dan alat elektronik lainnya sebaiknya dicabut saja. Selain aliran listrik, cabut juga tabung gas dari kompornya.

b. Kosongkan bak mandi

Karena akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya kosongkan bak mandi atau tempat penampungan air. Gunanya agar bak mandi tidak dijadikan tempat berkembang biak nyamuk. Jika tidak ingin dikosongkan, seperti tempat penampungan air misalnya, maka taburi dengan bubuk abate.

Baca juga: Tips Mudik Aman untuk yang Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bersihkan juga sampah-sampah, jangan tinggalkan sampah organik karena akan membusuk dan menimbulkan hewan-hewan kecil seperti kecoa, belatung, dsb.

c. Amankan barang-barang berharga

Ketika mudik biasanya ada barang-barang yang tidak anda bawa, misalnya saja emas, atau surat-surat berharga lainnya, pindahkan ke tempat aman yang sekiranya orang tidak akan menyangka ada di tempat tersebut.

Bila anda punya hewan peliharaan, anda bisa menitipkannya ke petshop untuk sementara waktu.

d. Jaga kesehatan

Sekarang, anda sudah siap untuk mudik, jangan lupa siapkan diri anda sendiri dan keluarga sebelum mudik jauh-jauh hari. Persiapan fisik sekeluarga merupakan hal yang wajib, jangan sampai anda atau keluarga anda mudik dalam keadaan sakit, apalagi jika anda menggunakan moda transportasi yang memakan waktu cukup lama di perjalanan.

Logistik yang akan anda bawa juga harus dipersiapkan dengan seksama, tidak perlu membawa terlalu banyak barang supaya tidak memberatkan anda dan keluarga di perjalanan. Happy mudik 2017 sobat!

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Jelang Lebaran, Simak Tips Agar Rumah Aman Ketika Ditinggal Mudik

Artikel Terkait