Jelang Puasa, Ini 3 Strategi Siapkan Dana untuk Kebutuhan Puasa dan Lebaran


Jelang Puasa, Ini 3 Strategi Siapkan Dana untuk Kebutuhan Puasa dan Lebaran Rating : 0/5 (0)

Tak terasa bulan puasa atau biasa disebut sebagai Ramadhan akan tiba sebentar lagi. Hanya kurang lebih dalam waktu dua minggu, umat muslim di seluruh dunia akan mulai menjalankan ibadah puasa. Di kala bulan puasa, meski rutinitas makan berkurang, tapi jangan salah, terkadang malah pengeluaran selama puasa membengkak, mengapa?

Beberapa pakar ekonomi justru menyebutkan bahwa pengeluaran selama bulan Ramadhan meningkat 45% dibanding hari biasanya. Daftar pengeluaran rumah tangga selama bulan puasa hingga menjelang lebaran meningkat terutama didukung faktor belanja perabotan rumah, belanja baju baru, beli tiket mudik, servis kendaraan keperluan mudik, sewa penginapan, kue lebaran, dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya.

Terkadang, uang THR yang jumlahnya satu kali gaji seorang karyawan masih ludes tak bersisa karena kebutuhan lebaran. Uang THR yang rencana ditabung, bisa jadi kenangan dalam sekejap mata bila tak mengontrol pengeluaran.

Untuk keperluan mengontrol pengeluaran selama bulan puasa, maka simak tips-tips di bawah ini:

1. Menahan Belanja

Seperti yang disebutkan di atas, pengeluaran paling besar saat puasa dan lebaran adalah belanja. Maka dari itu, anda harus bisa mengontrol di bagian ini. Seperti sudah menjadi tradisi, baju baru untuk lebaran seperti hal yang wajib, padahal sejatinya tidak, anda tidak memerlukan baju baru untuk bersilaturahmi ke sanak saudara.

Tapi, kalau anda memang sudah tidak memiliki baju yang layak untuk dipakai saat lebaran dan bersikeras untuk membeli baju baru, maka boleh saja mencari promo-promo fashion dimana biasanya ada banyak diskon khusus untuk pemegang kartu kredit tertentu.

Baca juga: Promo Voucher Diskon Belanja Zalora 2017

Namun, bila anda masih punya baju dari tahun-tahun sebelumnya yang masih pantas untuk dipakai, sebaiknya tahan diri untuk berbelanja baju, sandal, atau item lainnya.

2. Rancang Anggaran

Membuat rancangan anggaran sederhana bisa menyelamatkan anda dari bahaya pemborosan. Tak perlu rumit-rumit, cukup buat catatan sederhana berapa uang yang anda punya selama puasa dan lebaran (termasuk uang THR), kemudian buat satu catatan lagi akan kebutuhan apa yang sekiranya wajib.

Untuk masalah kebutuhan yang wajib misalnya kebutuhan makan saat sahur dan buka puasa (apakah akan jajan di luar atau memasak sendiri, sebaiknya dianggarkan), kebutuhan jelang lebaran seperti tiket mudik, penginapan selama mudik (bila perlu), kue lebaran, bensin dan servis untuk kendaraan mudik (bila memakai kendaraan sendiri).

3. Manfaatkan Kartu Kredit

Kartu kredit memang tergolong hutang, tapi bila anda dapat memanfaatkan dengan bijak, maka kebutuhan keuangan anda bisa terbantu dengan adanya kartu kredit. Yang pasti, anda harus cermat dan jeli ketika menggunakan kartu kredit.

Misalkan anda membeli tiket mudik dengan kartu kredit, yang biasanya melonjak mahal menjelang lebaran, maka anda bisa memanfaatkan diskon-diskon yang ditawarkan kartu kredit. Bila tiket mudik mencapai 500ribu lebih, anda bisa mengubahnya ke cicilan ringan selama beberapa bulan, sukur bila ada promo cicilan 0%.

Baca juga: 5 Kartu kredit yang Banyak Berikan Promo

Oleh karena kebutuhan mudik biasanya yang paling besar, maka anda bisa menggunakan kartu kredit sebagai alternatif untuk jaga-jaga!

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Jelang Puasa, Ini 3 Strategi Siapkan Dana untuk Kebutuhan Puasa dan Lebaran

Artikel Terkait