Kartu Kredit Anda Kena Overlimit? Lakukan ini...

Di dunia kartu kredit ada yang dinamakan sebagai overlimit. Bila anda belum mengetahui apa yang dimaksud dengan overlimit, sebaiknya mulai sekarang anda belajar untuk mengenal apa yang dimaksud dengan overlimit. Nah, bila kartu kredit anda kena overlimit, lakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Hentikan pemakaian

Hal pertama yang perlu anda lakukan setelah menyadari kartu kredit anda overlimit, tentu saja adalah menghentikan pemakaiannya. Maksudnya, hentikan segala hal transaksi yang mungkin ada dari kartu kredit yang overlimit tersebut. Mudahnya, istirahatkan kartu kredit yang overlimit tersebut untuk sementara waktu, hingga tagihannya lunas.

Bila anda mengatur kartu kredit yang overlimit tersebut untuk pembayaran rutin bulanan seperti listrik, air, telepon, dengan metode autodebet, segera hubungi bank penerbit dan berikan instruksi untuk menghentikan fasilitas tersebut, hingga urusan tagihan selesai.

2. Lunasi tagihan

Kedua, lunasi tagihannya. Kartu kredit yang terkena overlimit saja sudah membebani si pemegang kartu dengan adanya biaya overlimit, jangan sampai menambah beban dengan tidak membayar tagihannya, membayar tagihan dengan minimum payment, atau terlamat membayar tagihan. Semua itu hanya akan menambah jumlah beban biaya yang harus ditanggung si pemegang kartu. 

3. Periksa bila ada sisa tagihan

Ini berlaku bila anda tidak melakukan pembayaran tagihan dengan metode full payment, tapi anda membayar dengan metode minimum payment. Periksalah bilamana limit anda masih mencukupi atau tidak ketika anda telah membayar dengan minimum payment, bila tidak, usahakan untuk membayar lebih dari besarnya minimum payment supaya tidak over limit.

4. Buat strategi pelunasan tagihan

Limit kartu kredit terkadang lebih besar dari gaji bulanan seseorang, oleh karenanya bayangkan bila anda memmpunyai hutang kartu kredit yang ternyata melebihi gaji anda setiap bulannya. Imbasnya, akan sulit bagi anda untuk melunasi secara penuh tagihan kartu kredit yang overlimit itu.

Sementara itu, anda juga tidak bisa mengabaikan begitu saja kebutuhan harian anda dan mengalokasikan seluruh gaji untuk melunasi tagihan kartu kredit. Sebaiknya, buat strategi pelunasan tagihan kartu kredit yang overlimit. Bisa dengan membagi ke dalam beberapa bulan, beserta bunga yang harus dibayar.

5. Bila perlu manfaatkan metode transfer balance

Transfer balance adalah metode pengalihan tagihan satu kartu kredit ke kartu kredit lainnya yang dimiliki. Memang tidak semua bank mengeluarkan kartu kredit yang dilengkapi dengan fitur transfer balance, tapi bila anda ternyata memiliki kartu kredit lain yang memiliki fitur transfer balance, dimanfaatkan saja.

Dengan metode transfer balance, umumnya bunga yang ditawarkan lebih rendah sehingga pembayaran tagihan menjadi lebih ringan. Hanya saja, untuk mendapatkan yang seperti ini anda harus mencari tahu dengan ekstra, jangan ragu untuk bertanya kepada bank penerbit kartu kredit anda mengenai hal ini.

Baca juga:

Mari bijak menggunakan kartu kredit

Terkena over limit kartu kredit tidaklah bagus, karena akan ada biaya yang harus ditanggung lagi. Maka dari itu, mulai sekarang mari lebih bijak dan lebih berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit, supaya tidak terkena over limit.

 


Komentar untuk Kartu Kredit Anda Kena Overlimit? Lakukan ini...

Related Article
Kartu kredit, selain digunakan sebagai alat ganti ...