Kartu kredit, Baiknya Limit Besar atau Limit Kecil?

Limit kartu kredit merupakan satu hal yang paling diperhatikan oleh cardholder setelah iuran tahunan. Mengapa? Karena Limit kartu kredit akan menjadi penentu tingkat spending/penggunaan kartu kredit kedepannya.

Kebanyakan orang langsung menginginkan limit yang besar ketika mendaftar kartu kredit. Lalu, apakah limit yang besar lebih baik daripada limit kecil? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa poin yang harus anda perhatikan.

  1. Apakah anda pemula dalam berkartu kredit?

Sebagai seorang pemula yang baru saja memiliki kartu kredit, tentu belum terbiasa dengan pola transaksi ‘berhutang’ ala kartu kredit. Bank mengetahui hal ini, dan karenanya mereka memberikan limit yang paling dasar kepada pengguna baru.

Tentu bukan tanpa alasan, selain gaji sebagai penentu limit kartu kredit, seseorang yang belum terbiasa dengan skema penggunaan kartu kredit. Setelah penggunaan lebih dari setahun, dan bila dilihat jejak kreditnya selama setahun tersebut baik, maka bank akan menambah limit kartu kreditnya.

  1. Siapakah diri anda?

Memiliki kartu kredit juga bergantung kepada siapakah diri anda. Bila anda seorang karyawan biasa dan menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan sehari-hari saja, maka limit kartu kredit yang dibutuhkan tidak perlu terlalu besar.

Lain halnya bila pemegang kartu kredit adalah seorang pengusaha/wiraswasta, dimana kartu kreditnya digunakan untuk kebutuhan keuangan perusahaan atau usaha yang digelutinya maka kartu kredit dengan limit besar akan sangat membantu. Kartu kredit dengan limit yang besar bisa menjadi cadangan modal untuk usaha yang dilakoni.

  1. Hobi travelling

Travelling adalah hobi yang menyenangkan sekaligus lumayan menguras biaya. Tapi, kecenderungan masyarakat di zaman sekarang ini, adalah menyukai travelling kemana-mana bahkan tak sedikit yang ke luar negeri, biarpun biayanya mahal.

Perusahaan travel agen pun mengerti peluang ini dan membuat produk-produk berupa paket perjalanan dengan biaya ringan, atau skema pembiayaan ringan, seperti skema cicilan untuk pembelian tiket pesawat maupun reservasi hotel.

Perusahaan travel agen bekerjasama dengan berbagai vendor kartu kredit untuk menyediakan produk-produk travelling berbiaya murah. Karenanya limit kartu kredit yang besar untuk mereka yang hobi travelling akan sangat membantu.

Nah, sekarang jelas kan kartu kredit makin dibutuhkan, terutama untuk mereka yang hobi travelling. Kartu kredit bisa mewujudkan mimpi untuk travelling kemanapun untuk siapapun.

Jadi, masih dongkol karena limit kartu kredit kecil? Tenang, seiring berjalannya waktu limit anda bisa naik jika penggunaan kartu kredit bagus. Kalau anda tidak juga ditawari oleh bank, anda bisa mengajukan kenaikan limit kartu kredit ke bank lho.


Komentar untuk Kartu kredit, Baiknya Limit Besar atau Limit Kecil?

Saptiadi 10 November 2016

Gaji kecil, apakah bisa mengajukan limit besar?

admin 10 November 2016

Hai,

Biasanya gaji mempengaruhi besar limit, semakin besar gaji semakin besar kemungkinan limitnya. Kecuali kamu sudah pakai lama kartu kredit, bisa mengajukan kenaikan limit.

Sarietem 10 November 2016

sama-sama gak enak min, mending gak usah pnya kartu kredit hidup lebih tenang soalnya gak ada utang. :)

admin 10 November 2016

Hai Sari,

Betul, tapi selain untuk transaksi saja, kartu kredit ada manfaatnya seperti untuk verifikasi account di playstore atau paypal :).

Related Article
Di bawah ini adalah 5 kebutuhan yang bisa lebih ir...
Untuk semua kebutuhan harian anda, ajukan kartu kr...
Bisnis rumahan adalah bisnis yang dilakukan ala ru...