Kartu Kredit Macet, Begini Cara Bank Menyelamatkan Kamu!


Kartu Kredit Macet, Begini Cara Bank Menyelamatkan Kamu! Rating : 0/5 (0)

Dalam dunia kartu kredit, tak sedikit yang mengalami lepas kontrol hingga terjatuh ke dalam masalah kartu kredit macet. Kartu kredit macet, bersama dengan status kredit kurang lancar dan kredit diragukan tergolong ke dalam kredit bermasalah.

Biasanya, bank tidak akan tinggal diam untuk menyelamatkan kondisi kredit macet nasabahnya, bagaimanapun uang yang dipakai adalah uang mereka jadi bank pasti berupaya supaya nasabah tetap bisa bayar kartu kreditnya.

Ada 3 tahapan yang dilakukan bank untuk menyelamatkan kondisi kredit macet nasabah, yakni:

  1. Rescheduling (penjadwalan ulang)

Tahap pertama untuk mengatasi kredit macet nasabah, biasanya bank menawarkan rescheduling atau penjadwalan ulang. Apa yang dijadwalkan ulang?

Yang dijadwalkan ulang di sini adalah jadwal pembayaran dan atau jangka waktu pembayaran (pelunasan).

Bila dengan cara ini nasabah masih belum mampu mencicil hutang kartu kreditnya, maka bank akan menawarkan tahap kedua.

  1. Reconditioning (persyaratan ulang)

Tahap kedua adalah reconditioning, atau persyaratan ulang, yakni mengubah beberapa syarat dan ketentuan dalam kartu kredit nasabah, yang sekiranya bisa meringankan beban.

Perubahan dalam syarat dan ketentuan yang dimungkinkan antara lain misal jangka waktu, jadwal pembayaran, bunga kartu kredit, dan sebagainya.

  1. Restructuring (penataan ulang)

Tahap terakhir merupakan tahap restrukturisasi. Begitu peliknya masalah kredit macet nasabah sehingga diperlukan restrukturisasi atau penataan ulang.

Penataan ulang ini bisa meliputi pengurangan suku bunga kartu kredit, penambahan masa angsuran, pemotongan denda, dan lain sebagainya.

Tiga tahap di atas merupakan upaya yang bisa dilakukan oleh bank untuk menyelamatkan kondisi kredit macet nasabah. Sebagai nasabah kartu kredit, anda hanya perlu mencari tahu bagaimana prosedur-prosedur yang diperlukan.

Namun, sebetulnya bila anda terkena masalah kredit macet dan ingin menyelesaikan, sebaiknya datang langsung ke bank untuk berdiskusi. Di luar sana banyak terdapat jasa pengacara untuk menyelesaikan masalah hutang kartu kredit, tapi terkadang malah butuh biaya lagi untuk membayar jasa pengacara tersebut. Jadi sebaiknya, datang sendiri ke bank dan berbicara dengan customer service.

Bank lebih senang jika nasabah tidak lari

Terkadang, banyak juga yang saking besarnya hutang kartu kredit hingga kredit macet, dan takut akan ancaman debt collector, seorang nasabah lari dari tanggung jawabnya. Padahal ini malah semakin menambah jangka waktu hutang dan memperbesar jumlah denda dan bunga yang harus ditanggung oleh si nasabah sendiri.

Hutang kartu kredit, semakin cepat diselesaikan akan semakin baik. Oleh karena itu, sebaiknya dahulukan kepentingan menyelesaikan hutang kartu kredit terlebih dahulu.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Kartu Kredit Macet, Begini Cara Bank Menyelamatkan Kamu!

Artikel Terkait