Kartu Kredit Tambahan, Perlu Ataukah Tidak?

Selain kartu kredit utama, biasanya setiap kartu kredit juga didampingi dengan kartu kredit tambahan. Namun, kepemilikannya tidak wajib. Lalu, kartu kredit tambahan itu perlu ataukah tidak? Apa sih fungsi dari kartu kredit tambahan, dan bagaimanakah kemanfaatannya di masa depan?

Apa yang dimaksud dengan kartu kredit tambahan?

Kartu kredit tambahan merupakan kartu kredit yang asalnya dari kartu kredit utama. Saldo limit pada kartu kredit tambahan berasal dari kartu kredit utama. Semisal anda memiliki kartu kredit BCA dengan limit sebesar 20 juta, maka kartu kredit tambahan anda juga akan bernilai 20 juta.

Oleh karena kartu kredit tamabahan sejatinya merupakan bagian dari kartu kredit utama, maka pemakaian dan saldo limitnya akan mempengaruhi kartu kredit utama. Untuk pembayaran tagihan kartu kredit tambahan juga melalui billing kartu kredit utama. Sehingga nantinya, jika anda berbelanja menggunakan kartu kredit tambahan, maka pada billing kartu kredit utama akan tertera transaksi kartu kredit tambahan.

Lalu, jika anda ingin membuat kartu kredit tambahan, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya:

1. Iuran tahunan

Iuran tahunan masing-masing kartu kredit dari masing-masing berbeda-beda. Ada bank yang menggratiskan iuran tahuna seumur hidup seperti BRI visa touch silver, ada bank yang hanya memberikan promo gratis iuran tahunan untuk satu tahun pertama, dua tahun pertama, dan ada pula yang tidak gratis sama sekali. Pokoknya macam-macam, anda tinggal pilih-pilih saja.

Lalu bagaimana dengan nasib kartu kredit tambahan? Apakah ada iuran tahunannya?

Nah, bila iuran tahunan kartu kredit utama saja bisa bermacam-macam, apalagi dengan kartu kredit tambahan, beragam juga! Ada yang gratis, ada yang tidak gratis. Pokoknya lagi-lagi anda dituntut untuk jeli, teliti, dan rajin tanya informasi ke bank.

2. Limit kartu kredit

Untuk masalah limit kartu kredit tambahan, sudah dibahas sedikit di depan. Jadi, kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan memiliki limit yang sama besar. Mudahnya, limit kartu kredit digunakan untuk dua kartu, yakni kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan.

Di sini, pastikan anda berhati-hati dalam menggunakan limitnya. Bila kartu kredit utama sudah melakukan transaksi 10 juta, maka kartu kredit tambahan bisa 10 juta. Pastikan partner anda untuk paham masalah limit ini ya, jangan sampai karena ketidaktahuan lalu pemakaian kartu kredit bisa over limit.

3. Program reward dan promo

Bila partner anda atau anak anda memegang kartu kredit tambahan, ingatkan mereka untuk selalu memeriksa dengan jeli sebelum mengikuti promo kartu kredit. Terkadang, beberapa promo kartu kredit hanya bisa diikuti oleh pemegang kartu kredit utama.

4. Kemanfaatan kartu kredit tambahan

Misalkan anda adalah seorang suami yang mempunyai kartu kredit utama dengan jenis kartu kredit Mandiri Platinum, lalu kemudian anda sangat peduli dengan kebutuhan belanja istri anda, tapi tetap ingin mengontrol pola belanja istri, maka anda bisa membuat kartu kredit tambahan.

Anda tetap bisa menggunakan kartu kredit utama, dan istri anda juga tidak akan 'kapiran' untuk urusan belanja rumah tangga maupun urusan pribadinya, dengan menggunakan kartu kredit tambahan. Anda bisa memeriksa transaksi belanja istri anda melalui billing statement. Nah, lumayan bermanfaat bukan?

Baca juga:

5. Kemampuan finansial

Ini adalah hal yang paling penting untuk anda pertimbangkan. Apakah dengan membuat kartu kredit tambahan nantinya, anda akan mampu untuk bertanggung jawab terhadap tagihan untuk transaksi orang lain. Kalau itu untuk istri, anak, dan orang tua memang tidak masalah ya, karena mereka adalah tanggung jawab anda. Hanya saja, anda juga perlu memberikan pengertian kepada orang-orang yang akan anda beri kartu kredit tambahan nantinya, mengenai seluk beluk kartu kredit, dan tanggung jawab dalam pemakaiannya.

Sudah cukup paham kan sobat? Semoga informasi ini membantu kamu ya ^^.

 

 

 

 


Komentar untuk Kartu Kredit Tambahan, Perlu Ataukah Tidak?

Joborq 14 November 2016

Pengen buat kartu tambahan, tapi sampe skrang gak ada kabar apa salah saya min? padahal selama ini saya selalu on time membayar tagihan

admin 14 November 2016

Kartu kredit tambahan bisa direquest saat pengajuan kartu kredit. Coba hubungi CS kartu kredit kamu ya :).

Jokono 14 November 2016

Nice tips

Sarah 14 November 2016

Nice

Jesisa 14 November 2016

Boleh juga nih,bermanfaat sekali tips-tips nya

admin 14 November 2016

Cek juga tips kartu kredit lainnya di Pilihkartu ya :).

Related Article
Kartu kredit? Sebuah kartu ajaib yang kini b...
Menjelang akhir tahun, kita akan dengan mudah mene...
Dari tahun ke tahun, biaya kuliah semakin naik. Pa...