Kartu Kredit untuk Mereka yang Sulit Menabung


Kartu Kredit untuk Mereka yang Sulit Menabung Rating : 0/5 (0)

Kartu kredit sudah jelas sebuah alat pembayaran yang sistemnya kredit atau berhutang. Dengan kartu kredit seseorang bisa membeli atau membelanjakan barang yang mungkin saja sama atau bahkan lebih dari besar gajinya per bulan.

Mengapa bisa?

Dalam menentukan limit seseorang, maka bank akan menggunakan standar 3 kali gaji si calon nasabah kartu kredit. Jadi, semisal anda memiliki penghasilan tetap per bulan sebesar 5 juta, kemungkinan limit kartu kredit anda adalah 15 juta (3 kali gaji). Meski begitu, dalam kenyataannya, seorang pemegang baru kartu kredit (baru punya kartu kredit) akan diberikan limit kartu kredit di bawah standar biasanya, banyak lho yang bergaji 5 juta diberikan limit kartu kredit mulai 5 juta juga.

Kartu kredit: Bikin Boros!

Nah, ini dia anggapan yang masih beredar di sebagian orang dewasa ini. Eits, tapi itu tidak salah kok. Kartu kredit memang bisa jadi pisau bermata dua, kalau ia digunakan sebagaimana mestinya maka ia takkan melukai. Tapi, kalau ia digunakan dengan berlebihan, sisi tajamnya bisa melukai kita.

Jadi, memang betul kartu kredit bisa mendorong seseorang menjadi lebih konsumtif. Maka dari itu, untuk anda yang sulit mengontrol kebiasaan belanja, sebaiknya jangan dulu pakai kartu kredit deh. Pasalnya, kemudahan-kemudahan yang ada dalam kartu kredit bisa sangat mengakomodir perilaku suka belanja anda.

Kartu kredit: Solusi untuk mereka yang sulit menabung

Wah, subjudul di atas memang nampaknya mengundang tanya, ‘Masa sih kartu kredit bisa jadi solusi buat yang sulit menabung?’, ‘Nabung sulit, kok malah disuruh ngutang?’. Eits, dengerin dulu ya maksud admin di sini adalah bahwa kartu kredit bisa jadi solusi untuk anda yang kepingin punya barang, tapi sulit untuk menabung.

Sulit untuk menabung bukan karena gaji kurang ya, tapi karena memang karena perilaku konsumtif yang kurang tepat. Misalnya, suka jajan kecil-kecil yang tidak begitu penting, jajan ke McD, ke kafe yang cukup menguras kantong, atau pengeluaran-pengeluaran lain yang sebetulnya bisa dihindari, dan uangnya bisa dialihkan ke tabungan. Tapi, karena sudah sifat dan watak, maka hal itu bisa menjadi sulit juga.

Nah, di sini kartu kredit bisa jadi membantu. Kartu kredit adalah hutang, sedang hutang adalah tanggung jawab, sementara menabung adalah komitmen. Bila anda belum bisa komitmen dalam menabung, maka cobalah menggunakan kartu kredit. Bila anda orang yang bertanggung jawab, maka anda akan tahu bahwa membayar hutang merupakan prioritas. Di sini, kartu kredit bisa mengajarkan anda untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Baca juga: Tips Memilih KPR Yang Tepat

Misal, anda ingin membeli motor Yamaha seharga 15 juta. Kebetulan anda punya kartu kredit dengan limit 20 juta, gaji anda per bulan 10 juta. Kalau membeli tunai, tentu gaji anda sebulan tidak cukup, minimal 2 bulan gaji itupun dengan asumsi gaji secara penuh tidak digunakan untuk keperluan lain. Lha kalau begitu, terus mau makan apa selama dua bulan? Beli pulsa, internet, listrik, bayar kosan atau kontrakan, BBM untuk kendaraan? Belum lagi kebutuhan lainnya bukan?

Di sini anda bisa memanfaatkan kartu kredit anda untuk membeli motor, kemudian dengan memilih pembayaran cicilan. Kalau tidak mau terkena bunga karena mencicil, anda bisa cari promo cicilan 0% loh, lagipula sekarang sudah ada banyak merchat/toko online maupun offline yang bekerjasama dengan bank untuk menyediakan promo cicilan 0%.

Jadi, berminat punya kartu kredit? Yuk cari kartu kredit yang tepat untuk anda di Pilihkartu, gunakan smarttool kartu kredit untuk mencari kartu kredit hanya dalam 3 langkah mudah!

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Kartu Kredit untuk Mereka yang Sulit Menabung

Artikel Terkait