Kelebihan dan Kekurangan KTA

KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah jenis pinjaman yang dalam prosesnya tidak memerlukan jaminan. Asal calon pendaftar KTA memenuhi syarat-syarat pengajuan KTA, maka KTA bisa cair. Salah satu yang menjadi syarat pengajuan KTA adalah telah memiliki kartu kredit dengan usia lebih dari 1 tahun.

Oleh karena tidak membutuhkan jaminan, KTA segera menjadi populer dan dinilai memiliki potensi yang menggiurkan sebagai sumber dana pinjaman. Akan tetapi, supaya lebih jelas dan tidak terjerumus ke dalam informasi yang simpang siur, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan KTA:

Kelebihan KTA:

1. Syarat Pengajuan Mudah

Syarat untuk mengajukan KTA terhitung mudah, apalagi tidak adanya jaminan yang harus diberikan jadi tidak membebani. Untuk mengajukan KTA ke bank, syarat-syaratnya adalah:

  1. Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia
  2. Berusia antara 21 hingga 60 tahun
  3. Penghasilan tetap per bulannya minimal sebesar Rp3 juta untuk karyawan, wiraswasta, dan profesional.
  4. Melengkapi pendaftaran dengan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Untuk dokumen yang harus dilampirkan:

  1. Fotokopi KTP/Paspor.
  2. Fotokopi NPWP (jika pinjaman di atas 50 juta).
  3. Fotokopi ID Card.
  4. Fotokopi kartu kredit dari bank lain, dengan masa keanggotaan minimal 1 tahun.
  5. Arsiran bagian depan kartu kredit
  6. Slip gaji terakhir
  7. Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  8. Fotokopi cover tabungan

2. Proses Cepat

Bila anda sedang butuh dana mendesak dalam jumlah yang cukup besar, maka KTA adalah jawabannya. Pasalnya KTA diproses dalam waktu 3 hari saja dan bisa cair dalam rentang waktu tersebut. Untuk yang satu ini KTA cocok untuk mereka yang butuh pinjaman besar dalam waktu singkat.

3. Jangkauan Luas

KTA adalah produk perbankan, oleh karenanya setiap bank rata-rata memiliki produk berupa KTA. Untuk itu anda tidak perlu khawatir karena hampir semua bank di Indonesia pasti menyediakan KTA. Untuk anda yang berada di daerah pun tidak perlu khawatir, selama daerah anda terjangkau oleh bank, maka ada kesempatan bagi anda untuk mendapatkan pinjaman KTA.

Kekurangan KTA:

1. Bunga lebih tinggi daripada bunga kartu kredit

Oleh karena plafon yang ditawarkan memang lebih besar daripada plafon pada kartu kredit, tak mengherankan bila suku bunganya juga lebih besar. Suku bunga KTA beragam, mulai dari 0,99% hingga belasan persen per bulannya.

2. Limit besar tapi terbatas

Limit/plafon pada KTA memang bisa lebih besar daripada di kartu kredit, mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta. Tapi walau begitu, KTA memang dirancang untuk kebutuhan finansial sedang-menengah.

Baca juga:

3. Tenor terbatas

Umumnya maksimal tenor (jangka waktu pinjaman) pada KTA adalah 5 tahun atau setara dengan 60 bulan. Untuk rentangnya sendiri, yakni mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

 

 


Komentar untuk Kelebihan dan Kekurangan KTA

Bambang 18 August 2016

min, kalo tanpa kartu kredit ndak bisa ya?

admin 18 August 2016

Halo Bambang, Sebagian besar mensyaratkan kartu kredit sebagai syarat pengajuan KTA :).
Related Article
Mumpung masih minggu-minggu awal gajian, merencana...
Meski dengan beragamnya jenis kartu kredit beserta...