Keuntungan dan Kelemahan Kartu Kredit Syariah


Keuntungan dan Kelemahan Kartu Kredit Syariah Rating : 0/5 (0)

Kartu kredit Syariah merupakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank Syariah (red-bank yang menganut prinsip Syariah). Kartu kredit Syariah bisa menjadi solusi untuk orang-orang yang memang memegang teguh prinsip Syariah dalam hidupnya. Dibanding kartu kredit konvensional, bagaimana keuntungan dan kelemahan kartu kredit Syariah?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, anda harus tahu terlebih dahulu seluk beluk tentang kartu kredit Syariah yang mana Pilihkartu sudah pernah mengulasnya di artikel Apa yang Dimaksud dengan Kartu Kredit Syariah? Jika anda belum tahu tentang Kartu Kredit Syariah maka silakan untuk membaca terlebih dahulu di artikel tersebut.

Ada beberapa keuntungan dari kartu kredit Syariah, diantaranya adalah:

  1. Tidak ada bunga dan denda

Dalam agama islam, tidak diperbolehkan memakan harta dari hasil bunga dan denda, karena termasuk ke dalam riba. Maka dari itu orang yang menganut prinsip Syariah akan menghindari denda dan bunga.

Dalam kartu kredit Syariah, tidak ada yang namanya denda dan bunga sehingga dianggap memenuhi prinsip Syariah.

  1. Biaya-biaya lebih ringan

Baik kartu kredit konvensional maupun kartu kredit Syariah, keduanya ada biaya-biaya yang menjadi kewajiban bagi pemegang kartu seperti biaya administrasi, biaya tarik tunai, dan sederet biaya lainnya.

Adapun bagi kartu kredit Syariah, biaya-biaya yang dibebankan dianggap masih lebih rendah bila dibandingkan kartu kredit konvensional.

  1. Menjunjung prinsip-prinsip dalam agama Islam

Kartu kredit sudah jelas meletakkan prinsip-prinsip dalam syariat Islam sebagai dasar dalam melaksanakan bisnis kartu kreditnya. Misalnya saja prinsip kafalah (penjamin), qardh (pinjaman), ijarah (iuran tahunan), dan sharf (transaksi dengan mata uang asing).

Lalu bagaimana dengan kelemahan kartu kredit Syariah bila dibandingkan kartu kredit konvensional?

Tak dapat dimungkiri bahwa meski ada kelebihannya, tetap saja kartu kredit Syariah memiliki kelemahan, misalnya saja kartu kredit Syariah jarang ada promonya. Salah satu hal yang membuat kartu kredit menarik adalah banyaknya promo kartu kredit. Hampir semua kartu kredit konvensional memberikan promo kartu kredit berupa voucher belanja, diskon belanja, cashback dsb.

Akan tetapi, kalau anda memerhatikan, sebagian besar promo kartu kredit tidak menerima kartu kredit Syariah sebagai kartu kredit yang bisa digunakan untuk promo. Ini artinya pemegang kartu kredit Syariah hanya bisa menggunakan kartu kreditnya untuk keadaan terbatas. Sekedar pengganti uang tunai dan debit, dipakai belanja kemudian dibayar penuh tagihannya.

 

 

 

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Keuntungan dan Kelemahan Kartu Kredit Syariah

Artikel Terkait