Kreditan Belum Kelar, Sudah Mau Ambil Kredit Lagi, Bijakkah?


Kreditan Belum Kelar, Sudah Mau Ambil Kredit Lagi, Bijakkah? Rating : 0/5 (0)

Susi adalah seorang karyawan swasta, gaji perbulannya 3 juta hingga 4 juta. Kebetulan, Susi memiliki kartu kredit BNI dengan limit 4 juta rupiah. Kartu kreditnya tersebut ia manfaatkan dengan sangat berhati-hati, Susi memang termasuk orang yang teliti. Ia tak mau terjerumus dalam hutang kartu kredit yang besar.

Dengan limit kartu kreditnya yang 4 juta, Susi bisa membeli hal-hal yang ia inginkan dengan metode kredit atau cicilan. Maklum saja, ia lumayan sulit untuk membiasakan diri dengan perilaku menabung, sehingga ia kesulitan membeli barang-barang yang ia inginkan dan butuhkan dengangajinya yang 3 juta.

Beruntung ada kartu kreditnya, dari kurun waktu Januari hingga Oktober, ia bisa menabung per bulan 1 juta, membeli laptop, handphone baru, merenovasi rumah, modem terbaru, serta kosmetik yang ia inginkan dengan gajinya yang 3 juta rupiah tersebut.

Adapun tipsnya adalah, Susi selalu mengambil barang dengan metode cicilan 0%, ia mencari barang secara online kemudian ia jadikan cicilan 0%. Ia akan menahan diri untuk tidak mengambil cicilan lainnya bila cicilan yang terdahulu belum lunas atau minimal mendekati lunas.

Susi juga mengambil cicilan dengan tenor yang sedang, bila kebutuhan sedang banyak, ia akan mengambil cicilan dengan tenor 6 bulan. Tapi bila kebutuhan lainnya sedang tidak banyak, ia akan mengambil cicilan dengan tenor 3 bulan saja. Alasannya sederhana, cicilan dengan tenor terlalu lama hingga 12 bulan lumayan membuat perasaan terbebani semakin besar. Maklum saja, namanya hutang selalu memenuhi pikiran, karena hutang harus dilunasi. Jadi, tenor 3 hingga 6 bulan adalah yang ideal, apalagi jika nominal cicilan tidak terlalu besar.

Lalu bagaimana bila punya cicilan kartu kredit, kemudian ingin mengambil jenis kredit lainnya?

Sebenarnya bisa saja, bank tidak akan mempermasalahkan siapapun yang ingin mengajukan pinjaman. Hanya saja, kesempatan untuk diterima atau tidaknya itulah yang merupakan kuasa pemberi pinjaman. Yang pasti, bila riwayat kredit anda tidak pernah bermasalah, maka pemberi kredit akan memudahkan anda untuk mendapatkan dana tunai.

Maka dari itu, demi kebaikan finansial di masa depan, usahakan untuk selalu terjaga dalam urusan pinjaman. Bayarkan selalu dengan jumlah yang pas cicilan anda, dan jangan sampai lewat jatuh tempo. Usahakan untuk teratur dalam membayar cicilan dan tahan diri untuk tidak mengambil cicilan lagi manakala limit kredit anda masih mepet alias masih sedikit.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Kreditan Belum Kelar, Sudah Mau Ambil Kredit Lagi, Bijakkah?

Artikel Terkait