Kurang Dana Tunai? Simak Beberapa Pilihan Kredit Berikut Ini


Kurang Dana Tunai? Simak Beberapa Pilihan Kredit Berikut Ini Rating : 0/5 (0)

Tak dapat kita pungkiri terkadang dalam hidup ini kita dihadapkan pada fase kekurangan dana tunai. Meski sudah memiliki gaji tetap tiap bulan, akan tetapi manakala ada sesuatu hal yang besar ingin kita lakukan, ternyata dana tunai yang dimiliki belumlah cukup.

Kebutuhan-kebutuhan berbiaya sedang seperti, membeli kendaraan, ganti perangkat yang sudah rusak (laptop, handphone, dsb), hingga kebutuhan berbiaya besar seperti uang kuliah anak masuk Perguruan Tinggi, biaya menikah, biaya renovasi rumah, atau malah ingin membeli rumah, tentu membuat pusing kepala.

Beruntunglah sekarang ini ada alternatif solusi lain akan masalah keuangan tersebut bila ternyata tabungan di rekening belum mencukupi, sementara kebutuhan sudah mendesak sifatnya. Kredit atau pinjaman saat ini bisa menjadi alternatif solusi bagi masalah-masalah tersebut. Dan, perbankan maupun lembaga finansial selain non-bank melihat ini sebagai sebuah peluang bisnis dengan menjadikan kredit sebagai salah satu produk mereka.

Nah, sebagai konsumer, tentu kita harus pandai-pandai memilih produk kredit yang sesuai dan kecil risikonya. Jangan sampai produk kredit yang kita pilih malah akan memberatkan kita di masa depan nantinya. Dan yang pasti, anda harus tahu beberapa komponen yang ada dalam dunia perkreditan, lebih jelas bisa kita lihat di bawah ini.

  1. Bunga

Bunga adalah komponen yang hampir pasti selalu ada. Logikanya, anda meminjam sejumlah uang kemudian anda mengembalikan dengan mengangsur. Angsuran tersebut akan dikenai bunga. Nah, bunga besarnya ada bermacam-macam tergantung tipe kreditnya.

Bunga 0% akan lebih sering anda temui pada produk kredit konsumer seperti kartu kredit, sementara pada jenis kredit lainnya, anda kemungkinan masih menemuinya. Semakin besar pinjaman anda dan semakin panjang tenor (masa angsuran), biasanya bunga akan semakin besar.

  1. Tenor

Tenor merupakan lamanya anda mengangsur. Tenor tersedia dalam rentang waktu yang bermacam-macam pula. Untuk jenis kredit yang nominal tidak terlalu besar seperti kartu kredit, tenor biasanya pendek pula antara 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Tenor paling lama biasanya ada di kredit perumahan rakyat (KPR) yang bisa mencapai 60 bulan (5 tahun).

  1. Limit kredit

Limit kredit biasanya disebut juga plafon, merupakan batas maksimal kredit yang diberikan. Kartu kredit mempunyai limit sangat variatif, mulai dari 4 juta hingga tidak terbatas, tergantung jenis kartu yang diberikan.

Nah, bila sudah tahu ketiga komponen di atas, ada baiknya kita mengenal beberapa jenis kredit yang sekarang ini ada di masyarakat:

Jenis kredit berdasar kegunaannya

  1. Kredit Modal Kerja

Sesuai namanya, kredit ini diberikan untuk seseorang yang ingin memulai suatu usaha. Untuk yang sudah punya usaha juga bisa digunakan untuk memperbesar usahanya.

  1. Kredit investasi

Kredit yang satu ini diberikan kepada seseorang yang ingin berinvestasi tapi tidak punya cukup dana di rekening. Kredit investasi termasuk jenis kredit dengan jangka waktu yang lama, karena perolehan keuntungan dari investasi tidak bisa instan tentunya. Misal, kredit untuk investasi di perkebunan karet atau kelapa sawit.

  1. Kredit konsumtif

Berbeda dengan dua jenis kredit sebelumnya, kredit ini justru digunakan untuk membiayai keperluan konsumtif seseorang. Misalnya, kartu kredit, kredit kendaraan, atau kredit perumahan.

Selain kredit berdasarkan kegunaan seperti 3 jenis kredit di atas, ada pula jenis kredit lain berdasarkan jangka waktu, cara pemberian, dsb. Lebih jelas seperti terlihat pada tabel di bawah ini:

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Kurang Dana Tunai? Simak Beberapa Pilihan Kredit Berikut Ini

Artikel Terkait