Langkah Aman Berkartu Kredit

Kepopuleran kartu kredit semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terhitung jumlah nasabah kartu kredit di Indonesia semakin menjamur. Ini semakin membuktikan bahwa kartu kredit memudahkan masyarakat dalam bertransaksi non tunai.

Keuntungan lain dari kepemilikan kartu kredit, adalah mekanisme kepemilikan barang dengan tagihan yang dapat kita bayarkan di bulan berikutnya. Pengelolaan keuangan juga lebih mudah dengan adanya billing statement/lembar tagihan yang dikirimkan setiap bulannya. Dengan cara ini, anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada metode pencatatan keuangan tradisional.

Meski begitu, banyak kemudahan dalam kartu kredit ini memang masih cacat dengan adanya kejahatan dalam kartu kredit. Meski telah dibekali dengan seabrek teknologi pintar, tetapi para pelaku kejahatan juga semakin berkembang untuk menyiasati keamanan yang ada. Tapi anda tak perlu khawatir, di bawah ini pilihkartu merangkum langkah-langkah aman berkartu kredit untuk keperluan transaksi.

Dua Teknik Kejahatan Melalui Kartu Kredit

1. Mesin EDC

Pada saat menggunakan mesi EDC untuk bertransaksi, usahakan anda menutup mesin dengan tangan ketika menekan PIN kartu kredit. Mintalah selalu petugas kasir untuk meletakkan mesin di dekat anda, dan terlihat dengan jelas.

2. Rahasiakan nomor PIN

Usahakan anda tidak memberitahukan PIN kepada orang lain, juga sebaiknya jangan mencatat nomor PIN di laptop, handphone, dsb. Gantilah PIN secara berkala untuk menghindari penyalahgunaan PIN dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Jumlah kartu kredit yang dimilki

Anda perlu memperhatikan jumlah kartu kredit yang akan anda milki. Semakin sedikit anda memilki kartu kredit, anda akan lebih mudah memantau transaksi kartu kredit. Bahkan dengan kebijakan baru dari pihak BI untuk membatasi penggguna kartu kredit berdasarkan usia dan pendapatan, itu wajib diketahui dan dicermati dengan benar oleh pengguna kartu kredit.

4. Cek pengeluaran setiap bulan

Sebaiknya anda dapat mengecek transaksi kartu kredit anda setiap bulan, untuk lebih mengamankan transaksi bulanan anda. Usahakan anda meminta laporan bulanan melalui email ataupun surat ke rumah.

5. SMS Notification

Sebaiknya anda memiliki sms notification untuk kartu kredit. Ini akan menjadikan kartu kredit anda lebih aman, karena segala transaksi yang tidak disetujui dan dapat dibatalkan melalui sms notification ini. Beberapa langkah agar berkartu kredit anda lebih aman, dan segala transaksi kartu kredit dapat dipantau dengan baik. Kartu kredit akan membawa banyak keuntungan untuk diri anda, jika anda pandai mengelolanya dengan baik. 

SMS Banking Kartu Kredit, Informasi Kartu Kredit dalam Genggaman


Komentar untuk Langkah Aman Berkartu Kredit

Related Article
Ramadhan akan segera berakhir. Menjelang berakhirn...