Langkah Hemat Belanja dengan Kartu Kredit

Belanja menggunakan kartu kredit kini menjadi kebiasaan yang sangat dekat dengan pengguna. Mengapa? Karena menggunakan kartu kredit di samping praktis, juga dapat mengurangi tingkat kejahatan yang sering terjadi jika menggunakan uang tunai.

Pilih Kartu Kredit Atau Uang Tunai?

Kartu kredit memunculkan sifat konsumtif, benarkah?

Akan tetapi, menggunakan kartu kredit untuk berbelanja kadangkala dapat memunculkan sifat konsumtif dari dalam diri pengguna. Jika sudah memiliki sifat seperti ini, adakah trik-trik khusus yang bisa digunakan agar belanja menjadi lebih hemat nan bijak?

Kartu kredit banyak berikan promo menarik

Salah satu alasan mengapa orang-orang suka menggunakan kartu kredit, dikarenakan penawaran promo yang menggiurkan bagi pengguna. Dengan promo yang menggiurkan terkadang pengguna tidak berpikir jauh, mengenai kebutuhan mana yang lebih mendesak dan lebih penting. Pengguna hanya memikirkan promo semata tanpa memandang kebutuhan lain.

Oleh karenanya, penting untuk menyusun langkah-langkah untuk mengantisipasi ketika ada penawaran promo seperti ini, beberapa diantaranya adalah:

1.Promo kartu kredit mana yang anda butuhkan?

Siapkan dulu dari sekian penawaran yang muncul manakah yang lebih Anda butuhkan? Setelah Anda mengetahuinya hitunglah kembali perkiraan “Berapakah tagihan yang dapat Anda bayarkan?”. Perlu Anda sesuaikan juga dengan pendapatan bulanan. Jangan sampai jika kurang teliti justru Anda tidak mampu membayar tagihan, dan berdampak terhadap bunga yang harus Anda bayarkan.

2. Pilih barang yang menawarkan promo cicilan 0%

Lalu, selain memperhitungkan promo yang menggiurkan. Anda dapat memilih barang dengan sistim pembayaran cicilan 0% untuk produk yang benar-benar Anda butuhkan. Ini akan menjadikan belanja Anda lebih ringan, karena Anda dapat mencicil pembayaran di bulan berikutnya tanpa dikenakan bunga.

3. Bawa uang tunai sebagai cadangan

Kemudian, jika Anda sedang berbelanja di pusat perbelanjaan. Siapkan uang tunai/cash untuk mengantisipasi pengeluaran kartu kredit yang cukup banyak. Namun jika Anda tidak memiliki sejumlah uang cash, pilihlah belanjaan yang benar-benar Anda butuhkan saja untuk Anda miliki.

5 Kartu kredit yang Banyak Berikan Promo

Memang benar berbelanja menggunakan kartu kredit lebih praktis, tetapi gunakan kartu kredit ini dengan bijak, serta manfaatkan kartu kredit hanya untuk belanja yang semestinya. Jika terdapat promo menggiurkan dan dirasa ada kebutuhan lain yang lebih penting. Gunakan kartu kredit untuk hal yang lebih penting terlebih dahulu. Yuk mulai hemat dan bijak berbelanja dengan kartu kredit!


Komentar untuk Langkah Hemat Belanja dengan Kartu Kredit

Related Article
Menggunakan kartu kredit, harus ekstra hati-hati s...
Dari tahun ke tahun, biaya kuliah semakin naik. Pa...
Salah satu tradisi menjelang lebaran adalah bertuk...